Penyebab Awal dari Kebakaran Mobil yang Bisa Terjadi (Bagian 1)

09/02/2018

Tentu Anda tidak menginginkan hal ini terjadi pada kendaraan kesayangan anda. Kebakaran mobil menyebabkan kerugian bagi diri Anda maupun orang lain. Perhatikan penyebab kebakaran mobil yang sering terjadi pada mobil konsumen. Menjaga mobil bukan hanya dalam perawatan, tapi juga mencegah terjadinya hal-hal terburuk yang bisa terjadi, salah satunya yaitu kebakaran yang terjadi pada mobil. Berikut beberapa penyebab kebakaran mobil yang bisa terjadi pada kendaraan anda.

1. Cacat desain

Sebuah cacat desain pada kendaraan biasanya tidak akan nmenjjadi penyebab kebakaran mobil sendiri. Desain cacat, bagaimanapun, dapat membuat kondisi benar-benar menakutkan, dan kadang-kadang bahkan menciptakan kondisi di mana akhirnya api tidak bisa dihindari.

Gambar yang menunjukan produksi beberapa mobil pada sebuah pabrik mobil

Beberapa mobil mempunyai kecacatan produksi yang diketahui produsen 

Biasanya, produsen mengetahui situasi ini sebelum insiden menyebar luas. Mereka melakukan penarikan mobil berbahaya dari jalanan dan memperbaiki masalahnya, karena tidak ada pembuat mobil yang ingin dikenal sebagai pembakar pelanggannya.

2. Pemeliharaan yang buruk

Kesalahan manusia mungkin tidak akan menjadi penyebab langsung kebakaran di kendaraan Anda. Tapi jika Anda ceroboh tentang perawatan, mobil Anda akan jauh lebih berbahaya, secara umum, dan kemungkinan peningkatan tembakan mobil hanyalah bagian dari risiko yang Anda hadapi.

Gambar dengan lensa lebar yang menunjukan kesalahan perawatan pada mobil

Kesalahan perawatan juga menjadi penyebab kebakaran pada mobil 

Memang benar, lupa atau mengabaikan perwatan mobil dengan benar secara tidak langsung dapat menyebabkan kebakaran ganas. Itu karena jika Anda membiarkan bagian yang rusak, segel bocor, atau kabel yang rusak tanpa perbaikan, itu akan membuat mobil Anda jauh lebih rentan terhadap kondisi yang menyebabkan kebakaran.

3. Kecelakaan Mobil

Bergantung pada lokasi benturan, kecelakaan mobil bahkan bisa memicu kebakaran mobil. Sebagian besar zona crumple kendaraan dirancang dengan cukup baik, sehingga lembaran logam menyerap kekuatan benturan dan melindungi titik-titik berbahaya internal seperti mesin, baterai dan bahkan tangki bensin. Tapi, sebenarnya tidak banyak penghalang di sana, jadi pukulan yang cukup keras cenderung menyebabkan kebocoran cairan dan tumpahan, serta panas dan asap.

gambar yang menunjukan mobil yang terbakar karena mengalami kecelakaan

Panas tinggi karena kecelakaan bisa menyebabkan kebakaran 

Dan, seperti kita ketahui, panas tinggi dan cairan yang tumpah menciptakan kondisi sempurna untuk kebakaran. Karena sulit bagi penghuni kendaraan yang bertabrakan untuk melihat tingkat kerusakan saat masih berada di dalam, ancaman api mungkin tidak segera terlihat. Namun, selalu lebih baik melepaskan diri dari mobil yang rusak sesegera mungkin. Anggap dirimu beruntung jika Anda tidak terjebak dalam kendaraan yang bertabrakan - bahkan jika terbakar, setidaknya Anda selamat dan berada jauh dari kendaraan.

4. Pembakaran

Pembakaran - tindakan kriminal untuk menyalakan api. Nah, kenapa ada orang sengaja membakar mobil? Itu bisa untuk menutupi pencurian, atau untuk menutupi bukti kejahatan lain. Bisa juga vandalisme kuno, merusak sesuatu hanya demi merusaknya. Atau bisa juga penipuan asuransi. Dan mungkin ada beberapa alasan lagi, tapi itu yang terbaik diserahkan kepada dalang kriminal.

Pemadam kebakaran sedang memadamkan api yang membakar dua buah mobi

Bahkan, ada mobil yang sengaja dibakar 

Perlu dicatat bahwa cukup mudah untuk membakar mobil mungkin melakukannya tanpa terdeteksi adalah sebuah tantangan, namun sebenarnya nyala api mobil itu sederhana. Seorang pembakar dapat menggunakan kombinasi katalis, penyebab pada daftar ini (dan lebih banyak lagi) untuk memulai pembakaran - dan seorang pembakar otomatis yang terampil terkadang bisa lolos juga.

5. Katalis konverter terlalu panas

Katalis converter terlalu panas adalah risiko kebakaran yang sering terabaikan, namun pikirkanlah: Salah satu bagian mobil yang terpanas secara konsisten menjalankan keseluruhan kendaraan  pada sistem pembuangan.

gambar yang menunjukan bagian katalis konverter pada mobil yang menyala karena panas

Perhatikan katalis konverter yang terlalu panas 

Karena banyaknya penyebab dari kebakaran pada mobil, maka artikel ini dibagi menjadi dua bagian. Nantikan bagian 2 yang tentu saja membahas kelanjutan dari penyebab kebakaran mobil yang terjadi pada konsumen mobil dan bisa saja terjadi pada Anda.

Padli Nurdin
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Tips Merawat Toyota Agya Untuk Menjaga Kondisinya Tetap Prima

    Tips Merawat Toyota Agya Untuk Menjaga Kondisinya Tetap Prima

    Abdul

    Toyota Agya merupakan salah satu Mobil dalam segmen LCGC yang banyak diminati oleh masyarakat. Menjaganya tetap prima perlu dilakukan supaya perjalanan yang ditempuh dapat terasa nyaman dan menyenangkan. Oleh sebab itu, merawat Toyota Agya perlu dilakukan secara berkala.

  • Perhatikan Hal ini Saat Memilih Aksesori Untuk Mobil Toyota

    Perhatikan Hal ini Saat Memilih Aksesori Untuk Mobil Toyota

    Abdul

    Aksesori Mobil biasanya berjalan seiringan dengan kepemilikan kendaraan. Hal tersebut karena faktor hobi ataupun melihat kendaraan lain yang memiliki tampilan lebih baik dengan penambahan aksesori. Penambahan dilakukan bisa untuk melindungi Mobil dari goresan dan kerusakan lain atau hanya untuk membuat tampilan lebih menarik saja. Saat ingin memilih aksesori untuk Mobil Toyota sebaiknya terlebih dahulu mempertimbangkannya.

  • Beberapa Tips Mencegah Kebocoran Radiator Pada Mobil

    Beberapa Tips Mencegah Kebocoran Radiator Pada Mobil

    Abdul

    Radiator pada Mobil mempunyai peranan sangat penting untuk menjaga kondisi mesin tetap baik. Apabila suhu mesin pada Mobil tetap ideal ketika dalam perjalanan juga dapat berpengaruh dalam hal efisiensi bahan bakar. Oleh sebab itu menjaga kondisi radiator tetap prima juga diperlukan. Selain itu, kadangkala terjadi kebocoran radiator yang terbilang cukup meresahkan.