Pentingnya Lampu Indikator Pengingat Pada Mobil Toyota Dan Mengetahui Cara Kerjanya

10/06/2018

Setiap kendaraan membutuhkan kinerjanya tetap maksimal tanpa adanya masalah. Apabila terdapat bagian tidak berfungsi dengan baik dapat berakibat fatal ketika dalam perjalanan. melihat kondisi tersebut, pihak Toyota memberikan indikator pengingat untuk memudahkan pengguna dalam mendeteksi kerusakan pada mobilnya. Untuk lokasinya sendiri berada di bagian dashboard sehingga bisa dilihat dengan jelas.

Jadi dengan adanya indikator pengingat tersebut dapat memberikan informasi awal kepada pengemudi Mobil jika terjadi masalah seperti malfungsi atau terdapat bagian kendaraan yang bermasalah. Dalam hal ini sangat berhubungan dengan keamanan serta kenyamanan dalam berkendara.

Lantas bagaimana sih cara kerja dari indikator yang terdapat pada Mobil?

Pada saat pengendara memutar kunci kontak pada posisi ON maka lampu indikator yang berada di dashboard akan menyala. Kemudian dilanjutkan dengan mennyalakan mesin sehingga lampu indikator menjadi mati. Selain itu ada pula lampu indikator yang akan mati selang beberapa detik setelah kunci kontak diputar menuju posisi ON meskipun mesin dihidupkan. Sebagai contoh adalah lampu indikator airbag, dengan syarat Mobil telah mempunyai fitur keselamatan airbag di dalamnya.

Gambar ini menunjukkan beberapa maca lampu indikator yang biasanya terdapat pada mobil

Lampu indikator dapat memberikan informasi jika terjadi masalah

Jadi apabila lampu indikator menyala dan berkedip setelan keadaan mesin dinyalakan  dan sesudah Mobil berjalan, maka bisa saja terjadi masalah pada salah satu bagian Mobil yang ditunjukkan oleh lampu indikator. Namun hal tersebut juga bisa dikarenakan terdapat satu bagian yang masih belum berada pada posisi yang semestinya.

Dengan adanya indikator pengingat maka bisa dengan segera diatasi dengan membawanya ke bengkel resmi Toyota atau menghubungi dealer resmi Toyota supaya dapat segera dilakukan penanganan. Dengan begitu perjalanan menuju luar kota, dalam kota, mudi dan lain sebagainya dapat terasa aman dan juga nyaman berkat dukungan dari fitur pengingat tersebut.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Akan tetapi bagaimana jika lampu indikator sebagai pengingat mengalami kerusakan, tentunya akan sangat membingungkan bukan. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemeriksaan pada indikator apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Gambar ini menunjukkan lampu indikator di bagian dashboard yang menunjukkan bahwa pintu sedang terbuka

Pastikan lampu indikator dapat bekerja dengan baik supaya perjalanan menjadi lebih nyaman

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada indikator keselamatan pada Mobil.

>>> Baca juga, Seberapa Jauh Mobil bisa Menyala Ketika Lampu Indikator Bensin Menyala yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Adapun tips pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menarik rem parkir Mobil. setelah itu dilanjutkan dengan membuka salah satu pintu baik samping maupun belakang. Jika telah terbuka lihat bagian dashboard tempat lampu indikator pintu terbuka. Jika menyala berarti kondisinya masih normal. Kemudian cobalah menutup semua pintu untuk memastikannya dan lihat lagi, jika kondisinya normal seharusnya lampunya mati.

Tips pengecekan lampu indikator pengingat selanjutnya adalah dengan cara memutar switch pada posisi ON namun mesin Mobil tidak dihidupkan. Pada tahapan ini seharusnya lampu indikator harus menyala semuanya. Setelah itu dalam beberapa detik akan terdapat lampu yang mati seperti lampu indikator busi pijar, airbag, peringatan ABS, temperatur digital dan  lampu peringatan sistem electrical power steering. Namun perlu diingat, bahwa tidak semua Mobil Toyota mempunyai indikator yang sama satu sama lain. Kadang ada fitur yang tidak disematkan dalam kendaraan tergantung jenisnya.

>>> Mungkin tertarik, Apa Saja Sih Kelebihan Toyota Avanza Sehingga Banyak Peminat?

gambar ini menunjukkan lampu indikator bahan bakar dalam kondisi penuh

Setiap kendaraan memiliki lampu indikator yang berbeda

Penting: Bagi pengendara Mobil Toyota sangat disarankan untuk selalu menyimpan nomor penting seperti nomor dealer Toyota. Tujuannya adalah saat keadaan darurat bisa langsung menghubunginya. Selain itu, untuk memastikan kondisinya tetap terjaga baik dari segi mesin maupun lampu indikatornya bisa dilakukan perawatan secara berkala di dealer resmi Toyota di dekat tempat Anda tinggal.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pentingnya lampu indikator pengingat pada Mobil. semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Hindari Hal Ini Saat Membersihkan Spion Mobil

    Hindari Hal Ini Saat Membersihkan Spion Mobil

    Abdul

    Mobil adalah salah satu tunggangan yang nyaman untuk menempuh perjalanan baik dekat ataupun jauh. Disamping hal tersebut merawat setiap bagian dan komponen Mobil sangatlah diperlukan. Salah satunya adalah dengan membersihkan spion Mobil.

  • Inilah Beberapa Pilihan Ban Yang Cocok Untuk Toyota Yaris

    Inilah Beberapa Pilihan Ban Yang Cocok Untuk Toyota Yaris

    Abdul

    Ban merupakan salah satu komponen pada Mobil yang mempunyai fungsi sangat penting. Yang mana kinerjanya berhubungan langsung dengan aspal, sehingga memastikan kondisinya maksimal sangat diperlukan. Salah satu Mobil yang digemari masyarakat di Indonesia adalah Toyota Yaris. Lantas apa saja ban yang cocok untuk Toyota Yaris?

  • Ini Mobil Yang Ditolak Asuransi! Tenang Ada Solusinya

    Ini Mobil Yang Ditolak Asuransi! Tenang Ada Solusinya

    Abdul

    Menggunakan jasa asuransi kendaraan sangat direkomendasikan untuk lebih menjaga keamanan. Akan tetapi perlu diketahui, bahwa tidak semua Mobil tidak bisa diasuransikan. Jadi ternyata, terdapat beberapa Mobil yang ditolak asuransi.