Penjelasan Mengenai Mesin Diesel Toyota Memakai Solar B20

31/12/2018

Salah satu produsen mobil ternama di Indonesia adalah Toyota. Hadirnya produk Toyota membawa beberapa pilihan mesin seperti bensin dan diesel. Khusus untuk mesin diesel terdapat bahan bakar solar B20 yang diklaim lebih baik. Lantas amankah mesin diesel Toyota memakai solar B20?

Mengenai masalah penggunaan bahan bakar solar B20 tersebut, banyak orang yang mengatakan bahwa tidak ada masalah saat digunakan pada mesin diesel Toyota. Bahkan hal tersebut juga dikatakan oleh Dadi Hendriadi yang merupakan General Manager Technical PT TAM. Pihaknya menjelaskan, bahwasanya ketika mesin diesel Toyota memakai solar B20 maka fuel filternya akan cepat kotor. Hal ini dikarenakan Bio mempunyai sifat untuk melarutkan kotoran. Jadi kotoran yang menempel pada tangki dan saluran bahan bakar akan masuk ke dalam fuel filter.

Gambar ini menunjukkan sebuah loho Toyota yang berada di dalam  kendaraan

Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama asal Jepang

Tentunya hal ini berdampak baik, karena setelah pertama menggunakan langsung dilakukan pembersihan pada fuel filternya. Dengan begitu pemakaian selanjutnya akan maksimal dan membuat performa mobil tetap terjaga.

"Tetapi itu pada saat penggunaan awal biodiesel dan pada mobil yang sudah lama," kata Dadi.

"Rekomendasi kami setiap 30.000 km ganti saringan bahan bakar. Sejauh ini masih normal saja semuanya," tambah Dadi.

Sebagai tambahan informasi, bahwasanya pihak pemerintah sudah memperluas jaringan penggunaan solar B20 pada mobil pribadi. Yang mana untuk bahan bakar ini merupakan solar 80% dan dicampur dengan minyak sawit 20%. Untuk perluasannya tersebut dilakukan pada awal bulan September lalu.

>>> Mungkin tertarik, Tips Perawatan Safety Belt Pada Mobil Toyota Yang Dapat Dilakukan

Tidak hanya itu saja, dari pihak Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator yang bertugas dalam bidang perekonomian juga menegaskan, bahwa pada awal September tahun 2018 di SPBU sudah tidak ada bbm jenis solar yang murni ataupun BO. Oleh sebab itu diharapkan bagi pengguna mobil untuk segera beralih karena aman untuk mesin diesel Toyota memakai solar B20.

Gambar ini menunjukkan sebuah isustrasi alat pengisi bahan bakar dicelpin pada air yang penuh

Konsultasi dengan mekanik terpercaya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya

Bahkan untuk memastikan semuanya aman dan tidak mengalami masalah, dari pihak Nicke Widyawati selaku Direktur PT Pertamina (Persero)  berkunjung ke SPBU COCO yang lokasinya berada di daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Tujuannya memang agar semuanya tidak mengalami masalah dan benar-benar aman.

“Datang ke sini untuk mendengarkan feedback dari pelanggan, sekaligus mensosialisasikan program ini dan mengecek implementasi B20 karena sudah mandatori per 1 september 2018," kata Nicke kepada wartawan di Jakarta.

Memang dari pihak Nicke sebelumnya mengkhawatirkan akan masalah bahan bakar solar B20, namun setelah berkunjung rasa khawatir jadi hilang.

"Sebelumnya, ada kekhawatiran B20 akan bermasalah ke mesin dan sebagainya. Namun setelah dengar langsung dari pelanggan, mereka menilai B20 lebih baik, lebih irit," kata Nicke usai mendengarkan impresi dari beberapa pengguna B20.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Yang mesti digaris bawahi adalah dengan menggunakan bahan bakar tersebut bertujuan untuk membuat lingkungan jadi lebih baik  lagi. "Kemudian yang harus dipahami mengapa B20 ini diimplementasikan, adalah agar lingkungan menjadi lebih baik. Sebab, carbon emissionnya lebih rendah," lanjut dia.

"Kalau harganya sama, kualitas dan dampak terhadap lingkungannya lebih baik, saya kira ini sudah yang terbaik dari Pertamina," pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa untuk mesin diesel masa kini memang membutuhkan bahan bakar dengan kualitas yang tinggi. Untuk syarat utamanya adalah mempunyai rendah kadar sulfur, nilai cetane tinggi dan juga particulate yang rendah.

Namun di Indonesia sendiri bahan bakar mesin diesel dengan kualitas  yang tinggi mesin jadi isu utama. Hal tersebut bukan mengenai masalah kualitas saja, akan tetapi dalam pendistribusian yang terbilang kurang merata. Ditambah lagi dengan adanya kebijakan dari pihak pemerintah mengenai penggunaan Biodiesel yang telah dicampur dengan kandungan FAME 20%.

Melihat kondisi tersebut, dari pihak pabrikan mobil yang berada di Indonesia tidak menggunakan pilihan mesin diesel ketika mengeluarkan varian produk mobilnya. Hal tersebut dikarenakan kandungan FAME yang terlalu tinggi masuk dalam kategori bahaya pada penggunaan mesin diesel modern.

>>> Baca juga, Beberapa Penyakit Yang Dapat Mengganggu Ketika Mengemudi Perlu Diwaspadai

Gambar ini menunjukkn brosur yang diberikan dari pihak TB

Brosur mengenai masalah bahan bakar solar B20

Pada pembuatan FAME dibutuhkan minyak yang telah dicampur dengan metanol/Etanol dan juga sodium hidroksida yang cenderung dapat mengikat air. Jadi walaupun ada campuran sedikit, namun bukan tidak mungkin bisa berakibat  korosi yang terjadi pada sistem pembuangan atau komponen lain pada mesin. Jika begitu maka dapat berakibat kerusakan untuk jangka panjangnya.

Bahkan untuk bahaya yang terjadi tidak hanya berasal dari campurannya. Akan tetapi bisa juga terjadi  karena kadar particulate dan sulfur yang terlalu tinggi sehingga beresiko merusak. Apalagi pada mesin diesel yang menggunakan teknologi common rail seperti mesin diesel modern saat ini.

Untuk keamanannya sobat bisa berkonsultasi dengan pihak mekanik atau diler mengenai mesin diesel Toyota memakai solar B20. Itulah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.
>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Franky Pratama

    Dewasa ini, plat nomor mobil atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) bukan saja sebagai identitas kendaraan namun juga mampu menyiratkan kesuksesan dari pemiliknya. Ya, memang seperti itu kenyataannya. Di Indonesia misalnya, kita mengenalnya dengan sebutan ‘plat nomor cantik’ yang notabene harus membutuhkan biaya tambahan daripada plat nomor pada umumnya. Ingin tahu tarifnya? Berikut biaya memasang plat nomor cantik

  • Tips Modifikasi untuk Membuat Toyota Sienta Anda Semakin Garang dan Sporty

    Tips Modifikasi untuk Membuat Toyota Sienta Anda Semakin Garang dan Sporty

    Padli Nurdin

    Toyota Sienta adalah salah satu Multi-Purpose Vehicle (MPV) dengan tampilan khusus keluarga dan pengendaraan sehari-hari. Namun ada beberapa tips yang bisa Anda berikan untuk memberikan MPV ini tampilan yang lebih gahar dan menarik.

  • Nih, Cara Mudah Matikan Airbag Penumpang Depan Toyota Kijang Innova Reborn

    Nih, Cara Mudah Matikan Airbag Penumpang Depan Toyota Kijang Innova Reborn

    Arfian Alamsyah

    Meletakkan child seat di kursi penumpang depan perlu trik khusus, jika tidak akan berpotensi mencederai anak Anda ketika terjadi kecelakaan. Untuk itu Airbag penumpang depan perlu dimatikan. Nih, cara mudah matikan airbag penumpang depan Toyota Kijang Innova Reborn.