Pahami Cara Merawat Ragam Material Jok Mobil Toyota Berikut Ini

29/08/2019

Setiap mobil Toyota menggunakan jok dengan karakter material yang beragam, mulai dari Fabric, Kulit, sampai ke Suede. Kira-kira bagaimana cara merawat ragam material jok Toyota ini? Simak ulasannya dari Hargatoyota.com berikut ini

Bicara material pelapis jok di mobil Toyota, tak semua model dan varian menggunakan jenis material yang sama. Karena seringkali perbedaan pelapis jok ini menjadi ciri dari masing-masing grade dan varian. Biasanya jenis fabric menjadi material yang paling banyak ditemui. Selain itu, material lainnya yang biasa dipakai pada jok mobil Toyota adalah kulit dan suede. 

Nah, tahukah Anda untuk perawatan beragai material tersebut di atas membutuhkan perlakuan khusus sesuai karakternya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda simak tulisan di bawah ini. 

1. Fabric 

Gambar jok Toyota kijang innova reborn material jok fabric

Tampilan jok Toyota Kijang Innova Reborn yang mengadopsi bahan fabric

Material jok seperti ini memiliki kelemahan yaitu lebih mudah kotor sehingga diperlukan perhatian ekstra untuk merawatnya. Jok bahan fabric biasanya tersedia dalam pilihan warna terang (beige atau orange) atau gelap (grey atau black). Bahan ini juga tergolong sulit untuk dibersihkan. Lakukan perawatan sederhana secara rutin setiap seminggu sekali. Hilangkan debu yang menempel pada jok menggunakan vacuum cleaner. 

>>> Jangan Lupa, Begini Membersihkan Jok Mobil Toyota Agar Tetap Nyaman

Bagaimana jika jok terkena tumpahan makanan atau minuman sehingga meninggalkan noda dan bercak? Untuk mengusirnya, bisa gunakan produk pembersih interior yang tersedia dipasaran, atau produk khusus bahan fabric. Caranya cukup mudah, semprotkan cairan tersebut, lantas sikat dengan sikat halus. Setelah itu keringkan menggunakan vacuum cleaner, jangan teralu ditekan agar tidak menimbulkan luka gores atau sobek pada bahan jok. Bisa pula menggunakan kain microfiber dan seka sesuai alur atau motif jok. 

2. Kulit 

Gambar jok Toyota Alphard material jok leather

Tampilan jok Toyota Alphard yang mengadopsi bahan Leather

Dari segi perawatan, jenis material ini adalah yang paling gampang. Gunakan lap basah untuk membersihkan permukaan jok dari kotoran atau debu yg menempel, lalu keringkan dengan lap microfiber. Apabila terdapat noda dari tumpahan oli, minuman atau makanan, bersihkan dengan sabun pencuci piring yang dicampur dengan sedikit minyak kayu putih dan air. Usapkan dengan lap atau sejenisnya di bagian noda tersebut. 

>>> Ingin tahu harga Toyota baru? Simak daftar harga selengkapnya di sini

Jika jok mobil Anda menggunakan material ini, hindari permukaan jok terkena noda tinta, seperti tinta pulpen, printer, atau cat sablon, karena noda jenis ini sangat sulit dihilangkan. Apabila sudah kejadian, sebaiknya jangan dipaksakan untuk membersihkan memakai cairan pembersih yang mengandung bahan kimia tajam seperti thinner, pelarut cat, atau cairan sejenis. Karena dikawatirkan akan berpengaruh pada warna jok.

Jangan membersihkan jok dengan menyikat atau menggunakan benda yang permukaannya kasar, karena hanya akan merusak permukaan kulit sintetis Penggunaan cairan pembersih khusus sangat disarankan, baca peruntukkan dan kandungan produk pada label kemasan. 

3. Suede

Gambar jok Toyota Vellfire material jok suede

Tampilan jok Toyota Vellfire yang mengadopsi bahan suede

Karena tampilan dan teksturnya yang mewah, biasanya suede banyak diaplikasikan pada mobil-mobil kelas premium. Material suede merupakan material yang paling “manja” alias butuh perhatian dan perawatan ekstra dalam penggunaannya. Anda wajib berhati-hati dalam perawatannya. 

>>> Ingin lebih mengerti mobil buatan Toyota ditawarkan di sini sebelum beli mobil baru impian Anda

Apabila jok suede Anda basah, letakkan kain berdaya serap tinggi, kertas atau koran di atasnya untuk mengeringkan. Jangan menggosoknya, biarkan cairan yang tumpah menyerap ke kertas tadi. Bila terkena noda, Anda bisa menggunakan sampo yang lembut, seperti sampo bayi, dibantu sikat gigi yang memiliki tekstur lembut. Caranya, basahi hanya dibagian terkena noda, gosok perlahan dan langsung keringkan dengan lap berdaya serap tinggi. Setelah itu angin-anginkan sampai kering. Bersihkan dengan rutin menggunakan vacuum cleaner, gunakan ujung yang berbentuk sikat dan gosok, perlahan. 

Untuk bagian yang sulit dijangkau, gunakan ujung yang berbentuk mengerucut, tempelkan saja dengan lembut. Gunakan lotion khusus suede secara berkala, cairan khusus ini akan menjaga kelembaban dan elastisitas suede, sehingga jok mobil Anda selalu tampil prima.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya hanya di Konsultan Mobil HargaToyota.com

Hafizh Fauzan
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International