Pagi Hari Jangan Lupa Memeriksa Kondisi Kolong Mobil, Ini Alasannya

12/02/2020

Mempunyai sebuah mobil memang suatu hal yang menyenangkan. Bagaimana tidak? ketika ingin bepergian tinggal masuk dan mengemudikannya. Namun disamping hal tersebut, pemeriksaan perawatan perlu dilakukan. Salah satunya dengan memeriksa kondisi kolong mobil di pagi hari.

Jadi terdapat beberapa alasan yang membuat memeriksa kondisi kolong mobil di pagi hari. Bukan karena iseng atau gimana, namun hal tersebut berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Mengingat di jalan saat terjadi masalah pada mobil akan sangat merepotkan. Dengan melakukannya maka dapat meminimalisir masalah yang bisa saja terjadi.

Berikut ini beberapa alasan yang membuat pemilik mobil perlu memeriksa kolong pada kendaraannya setiap pagi dilansir dari laman resmi Toyota.

1. Mengecek Tetesan Oli

Hal pertama yang menjadi alasan adalah melakukan pengecekan apakah ada tetesan oli mesin atau transmisi mobil. Karena jika ada berarti menandakan bahwasanya ada masalah di bagian penampungan oli mobil. Selain itu, bisa juga oli rem yang bocor pada selangnya, jika terjadi bisa membahayakan karena bisa membuat rem blong. Jadi pagi hari sebelum melakukan aktivitas pemeriksaan perlu dilakukan.

Gambar ini menunjukkan oli dari mesin mobil yang menetes

Segara bawa ke bengkel untuk pemeriksaan jika ditemukan oli menetes

>>> Jangan Sembarang Pilih Oli, Ini Tips Memilih Oli Mesin Dari Auto2000

2. Memeriksa Tetesan Air AC

Selain oli, bisa juga ada tetesan air pembuangan AC di bagian kolong mobil. Apabila tidak ada maka bisa menjadi tanda bahwa sistem pembuangan air AC mengalami kemampatan. Jika sudah begitu maka pembersihan perlu dilakukan supaya kinerja AC mobil dapat kembali maksimal. Mengingat kinerja AC yang prima dapat memberikan perjalanan lebih nyaman dan menyenangkan.

3. Cek Kotoran

Alasan memeriksa kondisi kolong mobil setiap pagi selanjutnya adalah melihat apakah ada kotoran atau tidak. Dalam hal ini bisa berupa kantong plastik, daun dan benda lain yang menempel pada sasis atau kaki-kaki mobil. Dengan melakukan pengecekan maka bila didapati kotoran tersangkut bisa langsung membuangnya.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan bagian bawah mobil dan terdapat ban cadangan

Kolong mobil menjadi bagian yang jarang diperhatikan karena posisinya di bawah

>>> Ini lho fitur pada Toyota kekinian yang membuat rasa fun to drive semakin mencuat

4. Menginspeksi Kaki-Kaki Dan Ban Mobil

Sama seperti memeriksa tetesan oli, pemeriksaan juga bisa dilihat dari kaki-kaki mobil apakah ada lelehan pelumas atau oli tidak. Seperti misalnya lelehan cairan Power Steering pada mobil yang mengandalkan sistem Power Steering hidrolis. Ditambah lagi pemeriksaan ban juga dapat dilakukan. Sobat cukup mengeceknya secara visual apakah angin kurang atau ada benjolan pada ban mobil. Jangan lupa pula memeriksa tekanan angin ban cadangan, karena ban serep sangat berguna saat tiba-tiba ban mobil bermasalah di jalan seperti pecah atau bocor.

5. Waspada, Ada Binatang Kesayangan Di Kolong Mobil

Bagi Sobat yang memelihara kucing atau anjing harus lebih waspada dan mengecek kondisi kolong mobil. Hal tersebut disebabkan kolong mobil menjadi salah satu tempat favorit bagi anjing ataupun kucing. Begitupun di dalam kap mesin juga perlu diperiksa. Dengan begitu saat didapati ada binatang bisa mengusirnya terlebih dahulu dan tidak beresiko terlindas.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan kucing berada di kolong mobil dekan dengan ban

Kolong dan dalam kap mesin mobil sering menjadi tempat hewan berteduh

Itulah beberapa alasan mengapa memeriksa kondisi kolong mobil di pagi hari perlu dilakukan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

International