Oh Ini Sebab Sistem Penggerak Roda Toyota Avanza Pakai RWD Sampai Saat Ini

20/01/2021

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Avanza, sebuah kendaraan MPV yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Bahkan dari kalangan bawah sampai atas banyak yang mengetahui akan mobil ini. Di pedesaan juga mudah menemukan mobil tersebut. Tapi tahukah Sobat, selain soal kelebihan yang dimiliki sistem penggerak roda Toyota Avanza mengandalkan roda belakang atau RWD (Rear Wheel Drive).

Kenapa soal sistem penggerak roda Toyota Avanza dibahas, hal tersebut karena rival sekelasnya ada yang menggunakan sistem penggerak roda depan dan diklaim untuk jalanan perkotaan lebih cocok. Akan tetapi salah satu mobil sejuta umat yakni Avanza tetap setia menggunakan sistem penggerak roda belakang dan tetap diandalkan oleh penggunanya baik di daerah pedesaan maupun perkotaan.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza tampak bagian depan

Toyota Avanza merupakan mobil sejuta umat di Indonesia

>>> Inilah alasan mengapa kualitas audio Toyota Avanza Veloz jauh lebih baik dari Avanza biasa

Berikut Beberapa penyebab Avanza Masih Setia Pakai Sistem Gerak RWD.

1. Di Jalanan Menanjak Dapat Diandalkan

Adapun alasan pertama tetap setia gunakan sistem gerak RWD adalah gejala selip berlebih tidak akan dialami oleh pengendara. Apalagi ketika sedang melaju di jalanan yang kondisinya menanjak, hal tersebut karena distribusi dari bobot akan berpindah ke bagian belakang.

Kemudian pada saat yang bersamaan roda belakang akan memberikan tambahan suplai tenaga. Hal tersebut membuat Avanza tidak kehabisan nafas dan mumpuni ketika menyalurkan tenaga. Jadi sistem penggerak RWD merupakan kelanjutan dari yang digunakan oleh sang legenda yang dimiliki Toyota yang dihadirkan sejak 1970 yakni Kijang.

2. Mempunyai Daya Angkut Besar

Toyota Avanza merupakan kendaraan yang masuk dalam segmen MPV. Tentunya perlakuannya juga akan sama dengan mobil MPV lain yakni diisi penuh penumpang dan juga barang bawaan sehingga mobil akan terlihat penuh jika melihatnya dari dalam. Dengan mengandalkan roda belakang, maka tenaga yang didapatkan saat muatan penuh dan melintasi jalanan menanjak akan lebih besar dengan menggunakan sistem penggerak roda Toyota Avanza yang memakai RWD.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan suspensi mobil Toyota Avanza

Terdapat sebab sistem penggerak roda Avanza pakai RWD

>>> Baca Juga, Berniat Memasang Cover Jok Mobil Toyota Avanza, Ini Tahapan Dan Biayanya

3. Tangguh Dalam Melintasi Segala Medan

Soal sebab sistem penggerak Toyota Avanza menggunakan RWD adalah ketangguhannya dalam melintasi segala medan jalan di Indonesia. Jadi pihak Toyota mengklaim dengan sistem penggerak roda belakang mempunyai ketangguhan dalam menerjang beragam kontur jalan di Tanah Air.

Bukan rahasia lagi bahwa kontur jalanan di Indonesia soal kualitas masih belum merata terutama untuk di daerah. Jalanan di daerah memiliki kontur yang berliku-liku, menanjak dan di beberapa wilayah terdapat jalan yang rusak. Dengan mengandalkan sistem penggerak RWD maka dapat meminimalisir gejala selip terutama saat membawa banyak penumpang dan barang dan melaju di tanjakan.

5. Komponen Yang Dimiliki Berdaya Tahan Tinggi

Mengandalkan sistem penggerak roda belakang membuat mobil Toyota Avanza mempunyai keunggulan dalam daya tahan kaki-kakinya. Begitupun dengan suspensi yang dimiliki mempunyai usia yang lebih panjang karena bebannya tidak bertumpu pada bagian depan kendaraan.

Untuk buktinya adalah sampai saat ini mobil ini masih banyak diminati dan yang merasakan sudah banyak masyarakat di Indonesia. Apalagi dengan melakukan perawatan berkala maka mobil akan tetap terjaga kondisinya dan bisa maksimal dalam melakukan tugasnya.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini mneunjukkan ilustrasi sistem penggerak roda Toyota Avanza

Ilustrasi sistem penggerak roda belakang

Demikianlah informasi mengenai beberapa sebab sistem penggerak roda Toyota Avanza mengandalkan RWD atau roda belakang. Semoga dengan info tersebut dapat memantapkan hati Sobat yang ingin membeli mobil Toyota dan Avanza khususnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Abdul

    Ban mobil mempunyai tekanan angin di dalamnya. Ditambah lagi komponen ini berhubungan langsung dengan aspal jalanan sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Pada saat kekurangan angin diharapkan menambahkannya sesuai rekomendasi pihak pabrikan. Untuk bisa mengetahui apakah angin pada ban mobil sudah sesuai atau tidak maka perlu menggunakan alat pengukur tekanan angin ban.

  • Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Abdul

    Toyota Raize merupakan mobil yang sudah dibekali dengan mesin turbo. Dimana kehadirannya cukup menarik banyak kalangan. Masuk dalam segmen mobil SUV kkompak siap mendukung pengendaraan pemiliknya dalam beraktivitas dan ke tempat yang diinginkan. Nah kali ini kami akan membahas mengenai fakta menarik Toyota Raize 2021.

  • Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Abdul

    Sistem transmisi mobil Toyota Avanza ada yang manual dan ada yang matic. Mobil ini masuk dalam segmen MPV yang banyak dijadikan andalan sebagai kendaraan keluarga. Dari segi kapasitas penumpang terbilang mumpuni, apalagi varian matic dapat mudah untuk dikendalikan. Nah jika mengemudi Toyota Avanza matic maka kepraktisan dan kenyamanan akan dirasakan pengemudi.

International