Oh Ini Alasan Ukuran Wiper Mobil Toyota Berbeda Antara Kanan Dan Kiri

23/01/2019

Mobil adalah salah satu kendaraan yang banyak diminati oleh semua kalangan. Hal tersebut dikarenakan faktor kenyamanan dan keamanan yang lebih terjamin apabila dibandingkan dengan memakai sepeda motor. Terdapat banyak komponen pada mobil Toyota, salah satunya adalah wiper. Tapi, tahukah sobat mengapa ukuran wiper mobil Toyota berbeda antara kanan dan kiri?

Pada saat musim penghujan kinerja wiper sangat diperlukan. Oleh sebab itu jangan sampai melupakan soal perawatan supaya dapat membantu pengendara dalam melihat keadaan di depan dengan baik. Fungsi wiper adalah untuk menghapus air yang terdapat pada kaca mobil. Selain itu saat ada kotoran yang menempel juga dapat ikut tersapu sehingga pandangan terhadap jalan lebih maksimal. Mungkin sobat pernah melihat atau bahkan memiliki wiper mobil Toyota berbeda antara kanan dan kiri.

Gambar ini menunjukkan wiper mobil yang diberdirikan dengan ukuran berbeda

Merawat wiper diperlukan supaya dapat bekerja dengan maksimal

Untuk masalah wiper tersebut tentunya ada maksud dan tujuannya. Wiper pada kaca depan memang jumlahnya 2 buah pada umumnya dengan ukuran yang berbeda. Pada mobil yang dipasarkan di Indonesia biasanya wiper bagian kanan untuk pengemudi dibuat lebih panjang.

Adapun alasan mengapa wiper mobil bagian pengemudi lebih panjang dikarenakan supaya dapat membersihkan kaca lebih maksimal. Mengingat pengemudi lah yang mengendalikan mobil sehingga jika kurang maksimal dapat membahayakan semua penumpang di dalam mobil. Dengan wiper yang panjang dapat membersihkan kaca lebih baik dan pandangan menjadi lebih jelas.

>>> Baca juga, Perhatikan Masalah Ganti Wiper Mobil Yang Perlu Diketahui

Sebagai contoh adalah pada mobil Toyota Avanza yang memiliki ukurang dengan panjang 20 inchi untuk bagian kanan dan bagian kiri adalah 16 inchi. Setiap mobil mempunyai ukuran yang berbeda, jadi ketika ingin menggantinya sebaiknya mengukurnya terlebih dahulu agar tidak keliru atau salah ukuran. Jika membelinya salah maka dapat menimbulkan masalah yang merugikan diri sendiri. Selain itu bisa beresiko tabrakan antara satu dan yang lainnya. Namun jika terlalu kecil tidak dapat membersihkan dengan maksimal.

Gambar ini menunjukkan beberapa jenis wiper dengan ukuran dan model berbeda

Setiap mobil memiliki ukuran dan jenis wiper berbeda

>>> Lihat Juga, Merawat Wiper Mobil Itu Mudah! Begini Caranya

Masih berlanjut pada masalah ukuran wiper mobil Toyota berbeda antara kanan dan kiri. Kalau wiper bagian kiri difungsikan untuk membersihkan kaca di bagian depan penumpang depan. Jadi tidak perlu yang besar karena hanya untuk penglihatan depan saja dan digunakan pengemudi untuk melihat spion sebelah kiri. Namun jika tidak ada tentu menyulitkan pengemudi saat akan melihat spion. Jadi kedua wiper baik bagian kanan dan kiri sangatlah diperlukan. Keduanya harus dirawat supaya dapat membersihkan kaca depan dengan maksimal.

Apabila karet wiper sudah tidak bekerja dengan maksimal maka perlu dilakukan penggantian. Biasanya ciri karet wiper perlu dilakukan penggantian adalah sudah tidak dapat membersihkan kaca depan sampai bersih. Hal tersebut ditandai dengan adanya garis-garis air yang terdapat pada kaca setelah dibersihkan dengan wiper.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

Gambar ini menunjukkan wiper mobil sedang mengusap kaca mobil basah

Fungsi wiper sangat penting terutama saat musim hujan

Selain hal tersebut, ciri karet wiper perlu diganti adalah kondisi karet yang sudah getas atau mengeras dan juga rusak. Untuk Karet yang rusak seperti telah menipis dan sudah kaku. Jadi pemilik mobil harus benar-benar mengetahui masalah tersebut agar saat tiba-tiba hujan selama perjalanan pandangan terhadap jalan tetap maksimal.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masalah ukuran wiper mobil Toyota berbeda antara kanan dan kiri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca