Oh Ini Alasan Lampu Kabin Mobil Dimatikan Ketika Mengemudi Di Malam Hari

03/04/2019

Mengemudi mobil tidak selamanya di siang hari, akan tetapi kadang seseorang perlu berkendara di malam hari. Dalam hal ini pencahayaan dibutuhkan sehingga fungsi dari lampu mobil sangat dibutuhkan. Berbicara masalah lampu kabin, kadang ditemui lampu yang dimatikan padahal sedang kondisi gelap. Lantas apa alasan lampu kabin mobil dimatikan saat malam hari?

Beberapa alasan lampu kabin mobil dimatikan saat malam hari tentunya bertujuan untuk memberikan kenyamanan baik diri sendiri atau pengendara lain. Mungkin bagi penumpang yang tidak tahu agak kebingungan atau bagi pengendara pemula akan bertanya-tanya akan hal tersebut. Dari pada penasaran berikut penjelasannya.

1. Penglihatan Terganggu Saat Berkendara

Gambar ini menunjukkan lampu dalam kabin mobil sedang dinyalakan

Disarankan mematikan lampu kabin saat malam hari

Ketika berkendara di malam hari dalam kondisi lampu kabin menyala maka mata dari pengemudi akan menjadi silau. Hal tersebut dikarenakan tidak sesuainya intensitas cahaya yang masuk ke dalam pupil mata. Dalam hal ini harus sesuai dengan kebutuhan supaya pandangan terhadap jalanan lebih jelas. Apabila lampu kabin menyala maka otomatis pupil pada mata pengendara akan mengecil, hasilnya mata hanya dapat dimasuki cahaya dengan jumlah lebih sedikit. Hal tersebut bersamaan dengan kondisi dari luar kendaraan yang cukup gelap sehingga kemampuan penglihatan pengendara menjadi terganggu.

Oleh sebab itu alangkah baiknya saat berkendara di malam hari lampu kabin mobil dimatikan. Tujuannya adalah agar intensitas cahaya yang masuk ke bagian mata mobil sesuai kebutuhan.

>>>  Lihat Juga, Gak Boleh Sembarangan, Begini Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Tol Yang Aman

2. Aki Mobil Jadi Lebih Boros

Gambar ini menunjukkan lampu indikator aki yang menyala warna merah

Aki mobil menjadi sumber daya listrik pada kendaraan

Aki merupakan sumber listrik pada kendaraan, fungsinya sangat penting sehingga perlu dijaga. Bagian ini juga menjadi salah satu alasan lampu kabin mobil dimatikan saat malam hari. Jadi ketika lampu kabin menyala di saat berkendara di malam hari maka aki jadi lebih boros. Hal tersebut dikarenakan daya listrik yang dikeluarkan aki menjadi lebih banyak karena ada tambahan pengeluaran yakni bagian lampu kabin dalam jangka yang lama.

Ditambah lagi perjalanan yang dilakukan dengan jarak cukup jauh, jika suka menyalakan lampu kabin maka waktunya akan lama. Bahkan performa mobil bisa saja menurun akibat daya listrik yang dikeluarkan aki terbagi menuju lampu. Biasanya saat siang hari daya listrik hanya tertuju pada mesin, AC dan fitur lainnya. Akan tetapi saat malam hari lampu juga ikut ambil bagian dalam hal ini.

>>> Mungkin Anda tertarik, inilah daftar Harga Mobil Toyota terbaru yang ditawarkan oleh Cintamobil.com

3. Bisa Mengundang Kejadian Yang Tidak Diinginkan

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang melaju di jalanan

Lampu kabin menyala bisa memberitahukan kondisi dan keadadaan di dalam mobil

Memang dari segi performa tidak ada hubungannya. Akan tetapi terbilang penting yakni bisa mengundang hal yang tidak diinginkan. Seperti yang diinginkan banyak orang, privasi selama dalam kendaraan tentunya tidak ingin diketahui oleh pengendara lain. Karena hal tersebut berhubungan dengan keamanan pengendara dan penumpang, apalagi ada benda berharga di dalam mobil.

Jadi ketika berkendara dengan mobil dalam kondisi lampu kabin menyala, maka bukan tidak mungkin ada penjahat yang melihat dan tahu akan isi di dalamnya. Jika berharga bisa saja akan diincar, apalagi para penjahat tahu kondisi kabin mobil yang lebih memudahkan aksinya. Oleh sebab itulah lampu kabin mobil sangat disarankan untuk dimatikan supaya tidak terjadi hal yang tentunya tidak diinginkan.

>>> Baca Juga, Mengetahui Fungsi Kunci Immobilizer Mobil Toyota dan Cara Kerjanya

4. Pengendara Lain Bisa Terganggu

Gambar  ini menunjukkan 2 orang di dalam mobil yang satu sedang mengemudi

Pandangan pengemudi bisa teralihkan saat ada cahaya yang lebih terang pada satu kendaraan

Pada saat lampu kabin menyala, bisa juga mengganggu pengendara lain. Hal tersebut dikarenakan pengendara lan bisa saja terdistraksi oleh kabin mobil dengan lampu yang menyala, sehingga pandangan menjadi teralihkan ke bagian kendaraan yang kabinnya menyala dengan terang. Hal tersebut dikhawatirkan bisa menyebabkan kecelakaan, mengingat pengemudi diharuskan untuk tetap fokus terhadap jalan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai alasan lampu kabin mobil dimatikan saat malam hari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tips dan trik yang bermanfaat lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca