Musim Penghujan Telah Tiba, Begini Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima

29/10/2018

Saat musim penghujan datang pemilik mobil harus lebih ekstra dalam melakukan perawatan pada kendaraannya. Jadi masalah yang kerap terjadi karena kurangnya perhatian adalah cat menjadi kusam, tumbuh jamur pada bodi dan masalah lainnya. Oleh sebab itu merawat mobil di musim hujan sangatlah diperlukan.

Beberapa pengendara menganggap air hujan dapat membersihkan mobil seperti saat cuci mobil. Akan tetapi sebenarnya tidaklah begitu. Kandungan pada air hujan tidaklah sama dengan kandungan air biasa. Jadi air hujan terdapat kandungan garam sehingga dapat membuat cat bodi mengalami kerusakan dan jika dibiarkan dapat berakibat korosi.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat mobil di musim hujan.

1. Jangan biarkan air hujan mengering pada bodi mobil

Pada saat menempuh perjalanan dan terjadi hujan maka seluruh bagian luar mobil akan basah. Dalam hal ini diharapkan jangan sampai mengering di mobil, apabila telah sampai rumah sebaiknya dilakukan pengelapan. Akan tetapi jika terlanjur kering pada bodi di jalan maka setelah sampai rumah dapat diguyur dengan air biasa kemudian dilakukan pengelapan. Jadi air hujan yang terlalu lama pada mobil tanpa adanya proses pembersihan dapat merusak lapisan cat mobil.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di jalanan dalam kondisi hujan

Setelah bodi mobil kehujanan segera bisal dengan air bersih setelah sampai tujuan

Lebih baik lagi jika dalam proses pembersihan menggunakan shampo khusus mobil dengan bantuan spons atau kain microfiber yang harus agar kotoran hilang. Setelah itu bilas menggunakan air biasa dan air hujan yang menempel pada bodi dapat hilang sepenuhnya.

>>> Baca juga, Jangan Nekat, Tetap Waspada Saat Berkendara Di Jalan Tergenang!

2. Melakukan pengecekan pada mesin mobil

Biasanya dalam merawat mobil di musim hujan banyak yang melupakan bagian mesin. Meskipun letaknya di dalam dan telah tertutup namun tidak ada salahnya dilihat. Karena bisa saja air dapat masuk ke ruang mesin melalui sela-sela bodi. Oleh sebab itulah memeriksa mesin setelah mobil kehujanan untuk menghindari mobil mogok di jalan karena adanya air di dalam mesin.

Gambar ini menunjukkan seorang bapak-bapak memegang dan melihat komponen mesin pada mobil

Pemeriksaan mesin dilakukan setelah perjalanan dan kehujanan

>>> Lihat juga, Beberapa Penyebab Mesin Mobil Overheat Yang Perlu Diperhatikan

3. Melakukan penyemprotan menggunakan silicon spray

Untuk penggunaan cairan silicon spray ditujukan untuk membuat kaca mobil dan karet menjadi lebih awet dan juga lentur. Oleh sebab itu menggunakan cairan tersebut bisa dilakukan dengan menyemprotnya secara berkala supaya dapat menghadapi perubahan cuaca yang sebelumnya panas namun tiba-tiba hujan begitupun sebaliknya.

Gambar ini menunjukkan sesorang memegang silicon spray disemprotkan pada karet kaca mobil

Silicon spray dapat membuat kaca lebih awet dan karet lebih lentur

4. Memasang karpet untuk menghindari jamur

Pada bagian lantai juga perlu perawatan. Pasalnya saat musim hujan pengemudi atau penumpang akan terburu-buru masuk ke dalam mobil, sehingga air dapat ikut masuk melalui alas kaki. Sebagai langkah pencegahan agar tidak timbul jamur, maka dapat diberikan karpet. Selain itu hal tersebut juga dapat membuat lantai mobil tetap bersih karena sudah terlapisi karpet.

Gambar ini menunjukkan interior mobil dan terlihat karpet warna biru dan beberapa jok mobil

Karpet mobil akan melindungi lantai kabin saat penumpang atau pengemudi masuk ke dalam

>>> Baca juga, Pentingnya Membersihkan Karpet Mobil Yang Perlu Diperhatikan

5. Memilih lokasi parkir

Pada saat musim hujan alangkah baiknya untuk memilih lokasi parkir yang tepat. Jadi jangan sampai karena parkir di tempat yang kurang pas membuat cat bodi menjadi cepat kusam dan bodi mobil tumbuh jamur.

gambar ini menunjukkan beberapa orang sedang berdiri di depan rumah dan terdapat satu mobil di bawah atap

Parkir di tempat yang terlindungi dapat menjaga kondisi bodi mobil saat hujan turun

Apabila di rumah lebih baik memasukkan mobil di garasi, jika tidak memiliki atau diharuskan parkir di tempat terbuka bisa memakai sarung mobil. Begitu juga saat berada di suatu tempat seperti mall, restoran dan tempat lainnya. Diharapkan memarkirkan kendaraan di tempat yang terlindungi seperti ruang parkir dalam gedung ataupun yang dilindungi oleh atap.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

6. Memperhatikan kondisi wiper mobil

Pasalnya saat musim penghujan kinerja wiper sangatlah diperlukan. Jadi sebelum menempuh perjalanan periksalah komponen wiper dan juga pada cairan wishernya apakah masih tersedia atau tidak.

gambar ini menunjukkan 2 buah tangan sedang memegang wiper mobil

Wiper mobil berfungsi untuk membantu menjaga pandangan pengemudi tetap baik saat turun hujan

Dengan memperhatikan beberapa hal dalam merawat mobil di musim hujan yang telah disebutkan, semoga dapat membuat kendaraan sobat tetap prima dalam segala kondisi dan mempunyai umur yang panjang.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Fatchur Sag

    Mobil sport dua pintu Toyota Supra generasi terbaru rupanya akan segera hadir dan meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Meskipun informasi dan harga masih belum terungkap, namun TAM sudah benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya seiring dengan sudah terdaftarnya mobil tersebut di Permendagri dan informasi resmi Samsat DKI Jakarta sejak awal 2019.

  • Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Fatchur Sag

    Menjual mobil bekas menjadi alternatif bagi pemilik mobil yang sudah tidak ingin menggunakan mobilnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menyebabkan pemilik menjual mobilnya ke pihak lain. Namun sebagian pemilik mobil masih bingung harus menjual mobilnya ke mana. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak pilihan tempat menjual mobil, baik di diler mobil bekas, jejaring sosial, dan penjualan online.

  • Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Arfian Alamsyah

    Untuk memperbesar ruang bagasi mobil dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa menambah roof box, hingga melipat bangku. Salah satunya yang paling mudah dilakukan adalah melipat bangku baris ketiga New Toyota Avanza ini. Ini dia caranya