Musim Kemarau Tiba, Begini Tips Melindungi Bodi Mobil Toyota Dari Terik Sinar Matahari

08/10/2019

Ketika musim kemarau maka setiap hari biasanya akan sangat terik dan sinar matahari begitu menyengat. Dalam kondisi ini kinerja AC mobil sangat diperlukan supaya kondisi dalam kabin mobil tetap sejuk dan tidak panas. Namun untuk eksterior mobil tentu akan terkena panasnya sinar matahari secara langsung. Lantas bagaimana cara melindungi bodi mobil Toyota dari terik sinar matahari?

Melindungi bodi mobil Toyota dari terik sinar matahari sangatlah diperlukan. Hal tersebut dikarenakan sinar matahari mempunyai paparan yang tajam dan bisa membuat permukaan cat mobil rusak dan menyebabkan bodi tampak kusam. Jika sudah begitu maka tampilannya menjadi kurang enak untuk dipandang. Agar tidak terjadi hal tersebut, Sobat bisa melakukan beberapa tahapan di bawah ini:

1. Mencuci Mobil Sampai Bersih

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang mencuci kendaraan

Sebelum pencucian siram dahulu agar debu dan kotoran hilang

Walaupun saat musim kemarau tidak terkena air hujan, bukan berarti mobil tidak terkena kotoran. Pada saat kemarau banyak debu yang bertebaran dimanapun jalanan yang dilewati. Dengan begitu melakukan pencucian mobil sangatlah diperlukan agar debu dan kotoran tidak terdapat pada kendaraan. Sebelum mencuci sebaiknya menyiram  semua permukaan bodi kendaraan supaya debu hilang dan  jika sudah selesai pastikan semuanya kering agar jamur tidak timbul.

>>> Lihat Juga, Tips Mencuci Mobil Toyota Bagian Luar Dengan Langkah Mudah

2. Memarkirkan Kendaraan Di Tempat Yang Teduh

Gambar ini menunjukkan 3 mobil terparkir rapi di bawah atap

Tempat yang teduh saat parkir membuat bodi mobil tidak mudah kusam

Pada saat pergi ke suatu tempat diharapkan untuk menempatkan posisi mobil di tempat yang teduh ketika parkir. Apalagi saat mobil terparkir sepanjang hari atau seharian seperti di tempat parkir kantor. Apabila bodi mobil terkena sinar matahari langsung seharian maka permukaan cat akan panas seperti terbakar. Apalagi perlindungan bodi mobil cukup minim, maka hal tersebut bisa membuat cat bodi mobil jadi tampak kusam.

>>> Ingin lebih mengerti mobil buatan Toyota ditawarkan di sini sebelum beli mobil baru impian Anda

3. Menggunakan Cover Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil yang tertutup cover warna silver

Penggunaan cover banyak digunakan oleh pemilik mobil

Mempunyai mobil belum tentu rumahnya ada garasi yang terlindung. Kadang beberapa orang memarkirkan kendaraan yang dimiliki di depan rumah dan tidak ada atapnya. Untuk melindungi bodi mobil Toyota dari terik sinar matahari Sobat bisa mengandalkan cover mobil. Cara seperti ini juga sangatlah cocok bagi Sobat yang tinggal di apartemen dan di basement sudah tidak ada ruang parkir yang cukup karena penuh. Dengan adanya cover tersebut bisa digunakan untuk menghalangi sinar matahari terkena langsung pada bodi mobil dan juga saat malam hari bisa terhindar dari potensi oksidasi.

>>> Baca Juga, Ada Perlakuan Berbeda, Berikut Tips Merawat Mobil Toyota Cat Hitam

4. Memoles Bodi Mobil

Gambar ini menunjukkan alat poles ditempelkan pada bodi mobil

Banyak manfaat yang didapat saat memoles bodi mobil

Melakukan pemolesan pada bodi mobil bisa membuat kotoran yang menempel pada bodi jadi terangkat. Selain itu permukaan bodi juga bisa kembali berkilau. Tidak hanya itu saja, pada proses akhir umumnya akan dilakukan waxing. Proses tersebut bisa membuat permukaan pada cat mobil jadi terlindung karena bahannya dapat melindungi dan menahan paparan dari sinar matahari langsung.

>>> Ingin tahu harga Toyota baru? Simak daftar harga selengkapnya di sini

5. Waxing

Gambar ini menunjukkan  sebuah tangan memegang sesuatu untuk waxing bodi mobil

Waxing bodi mobil dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa ke salon mobil

Pada saat mobil telah selesai dilakukan pemolesan, tahapan selanjutnya dalam melindungi bodi mobil Toyota dari terik sinar matahari adalah dengan proses waxing. Proses ini bisa disebut pemberian lapisan pelindung, Sobat bisa melakukannya minimal sebulan sekali agar bodi mobil tetap kinclong dan tidak kusam. Sobat bisa melakukannya di rumah setelah melakukan pencucian kendaraan, jadi tidak perlu repot membawanya ke salon mobil. Untuk membeli bahannya bisa pergi ke toko aksesoris mobil. Carilah yang ramah lingkungan dan tidak beresiko merusak cat seperti yang non silicon atau water base.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips melindungi bodi mobil Toyota dari terik sinar matahari ketika musim kemarau. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya hanya di Konsultan Mobil HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca