Mudik Ingin Lebih Hemat? Simak Langkah-Langkahnya

15/05/2019

Memasuki bulan Ramadhan, tentu momen paling ditunggu-tunggu adalah mudik ke kampung halaman. Sejatinya, ini sudah menjadi tradisi dari masyarakat Indonesia yang banyak bekerja keluar kota dan memanfaatkan liburan Lebaran untuk kembali ke rumah. Namun, tahukah Anda bahwa ada tips berkendara lebih hemat saat mudik? Berikut kita simak informasi selengkapnya.

Entah menggunakan mobil baru ataupun mengendarai mobil sewa, mudik tetaplah mudik. Menyenangkan dan menjadi momen berharga setahun sekali. Merespon hal tersebut, tentu kita semua ingin kembali ke kampung halaman dengan tampilan sukses, setidaknya membawa mobil. Berharap orang rumah tidak terlalu memikirkan kita dan berharap anak-anaknya sukses di luar sana.

Nah, berbicara masalah mobil, tentu ada hal-hal yang patut untuk dipantau lebih lanjut seperti halnya tips mudik ala Toyota mengirit pembelian bahan bakar. Bagaimana caranya? Jika Anda tahu beberapa langkahnya, penggunaan bahan bakar akan menjadi lebih irit daripada biasanya loh sobat. Berikut tips berkendara lebih hemat saat mudik dari Toyota.

1. Jumlah Dan Berat Barang Bawaan

Pastikan untuk membawa barang-barang seperlunya dan tidak melebihi kapasitas. Secara garis besar, bobot bawan yang lebih berat akan membuat kinerja mesin juga bertambah berat. Alhasil, hal ini memberi dampak buruk bagi penggunanya seperti membuat mobil berjalan limbung tidak sebagaimana semestinya serta menguras konsumsi bahan bakar. Cobalah untuk memilah-milah barang bawaan apa yang akan Anda bawa secara bijak.

Barang Bawaan Di Mobil seharusnya lebih dikurangi supaya lebih hemat bahan bakar

Jangan ikut-ikutan membawa barang sebanyak ini ya guys

>>> Baca juga: Tips Mudik Ala Toyota, Membawa Banyak Barang Bawaan Di Dalam Bagasi

2. Kaca Mobil Beri Pengaruh Besar

Jangan membuka kaca mobil, mengingat angin akan masuk dari luar. Hal ini dapat memberi dampak yang kurang baik dalam segi aerodinamis mobil. Jika masalah kesejukan permasalahan Anda, lebih baik menggunakan fitur AC dari dalam kabin mobil saja. Sedangkan jika Anda ingin merokok atau menghirup udara segar, sebaiknya berhenti di Mini Market terdekat sembari beristirahat.

Kaca Mobil Terbuka memberi dampak signifikan pada segi aerodinamis

Kurangi juga untuk membuka kaca mobil setiap saat

>>> Info menarik: Toyota Bagikan Tips Berkendara Ketika Puasa Untuk Perjalanan Aman Dan Nyaman

3. Ban Juga Faktor Penting

Hal yang disepelekan banyak orang nyatanya memberi dampak besar. Ya, ban adalah komponen yang kami maksud. Pastikan untuk mengecek tekanan angin di setiap ban. Pasalnya, ban yang kekurangan pasokan angin akan memberi beban lebih pada kinerja mesin. Jadi setelah mengetahui hal ini, pastikan untuk mengecek kondisi tekanan ban secara rutin.

>>> Ingin baca review terlengkap dan terupdate mobil Toyota, silahkan klik di sini

4. Perihal Menyalakan Mesin

Jangan terlalu banyak menyalakan mesin, apalagi jika Anda belum siap berangkat. Hal yang sering dilakukan orang-orang adalah mematikan mesin di lampu merah maupun saat mengantri di POM bensin. Pikir mereka, hal ini dilakukan supaya irit, malahan yang terjadi sebaliknya. Pada saat mesin dinyalakan, konsumsi bensin akan meningkat. Bisa dibayangkan bukan, jika pengendara sering mematikan dan menyalakan mesin, konsumsi bahan bakar bisa menjadi lebih boros.

Menghidupkan Mesin Mobil juga ada caranya tersendiri supaya lebih irit bahan bakar

Jangan terlalu sering mematikan dan menyalakan mesin, pahami alasannya

>>> Mulai tertarik nih sama mobil-mobil Toyota? Coba simak harga selengkapnya di sini yuk

5. Atur Kecepatan Berkendara

Toyota Astra Motor (TAM) di halaman resminya juga memberikan tips untuk mengendarai mobil transmisi manual lebih hemat. Caranya, Anda hanya perlu melakuka pergantian gigi dari 2 ke 4 dengan waktu lebih singkat. Pasalnya, semakin tinggi percepatan yang dihasilkan maka beban kerja mesin juga semakin ringan.

Mengendarai mobil Toyota harus berada di kecepatan rata-rata 80 Km/Jam agar lebih hemat

Mengendarai mobil juga ada cara-cara tersendiri

Adapun dari segi tingkat kecepatan, terdapat rumus penting yakni 112 Km/Jam akan lebih boros 9 persen daripada kecepatan 96 Km/Jam. Di sisi lain, kecepatan 80 Km/Jam malah lebih irit hingga 15 persen dibanding berkendara di angka 96 Km/Jam. Sedangkan di kecepatan lebih tinggi yakni 128 Km/Jam akan lebih boros hingga 25 persen dibanding 112 Km/Jam. Tipsnya adalah berkendaralah di kecepatan rata-rata 80 Km/Jam sehingga mobil menjadi lebih irit bahan bakar.

Nah, kini saatnya Anda mencoba tips berkendara lebih hemat saat mudik yang sudah dipaparkan di atas. Dijamin, kendaraan Anda akan lebih irit lagi daripada sebelumnya. Selamat mencoba ya guys.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya seputar berkendara hanya di HargaToyota.com

Franky Pratama
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca