Mudah Dilakukan, Begini Membuka Kap Mesin Toyota Kijang Innova

28/06/2021

Toyota Kijang Innova merupakan mobil yang masuk dalam segmen MPV dengan beragam keunggulan di dalamnya. Mobil ini kerap dijadikan sebagai kendaraan keluarga yang mempunyai kabin luas. Ketika berkendara di dalamnya maka akan terasa menyenangkan, terutama saat perjalanan dilakukan bersama keluarga tercinta. Nah ketika akan memeriksa mesin mobil maka pemilik perlu membuka kap mesin Toyota Kijang Innova. Bagaimana cara melakukannya?

Terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan dengan cukup mudah. Memang terlihat sepele, bagi pemilik tentunya hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah karena sudah tahu posisi dan caranya. Namun abgi pemilik kendaraan lain atau baru pertama memilikinya bisa saja sedikit bingung posisi tuas untuk membuka kap mesin Toyota Kijang Innova dan bagaimana tahapannya.

Cara Membuka Kap Mesin Toyota Kijang Innova

Berikut ini merupakan beberapa langkah atau tahapan yang bisa dilakukan saat ingin membuka kap mesin untuk cek mesin atau hal lainnya.

1. Melakukan Pengecekan Di bawah Dashboard Sebelah Kanan

Gambar ini menunjukkan tuas membuka kap mesin dan disampingnya pembuka tutup bensin

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan cek sebelah kanan di bawah dashboard. Posisinya dekat atau di depan kursi pengemudi, bahkan posisi tuas untuk buka kap mesin hampir semua mobil berada di area sebelah kanan bawah dashboard, hanya posisinya saja yang kadang berbeda. Sobat akan melihat tuas pengait yang digunakan untuk membuka kap. Pada bagian ini umunya juga terdapat tuas untuk membuka tutup bahan bakar kendaraan.

Biasanya untuk tuasnya terdapat logo kap mesin terbuka, tujuannya supaya bisa dibedakan antara membuka kap dan tutup bahan bakar. Sobat tinggal menariknya saja dan akan muncul suara yang berasal dari depan kendaraan sebagai tanda bahwa pembukaan kap mesin sukses dilakukan.

>>> Ingin Ruang Mesin Toyota Kijang Anda Bersih? Ikuti Tips Dari Pecinta Kijang Ini

2. Menuju Ke Depan Kendaraan

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Kijang Innova dengan celah pada kap mesin

Langkah selanjutnya dalam membuka kap mesin Toyota Kijang Innova adalah pindah posisi ke depan mobil. Jika sudah terbuka Sobat tinggal menuju ke depan kendaraan. Coba lihat bagian kap mesin dan bagian depan kendaraan, akan ada celah yang bisa dimasuki jari tangan. Dalam hal ini perlu merasakan apakah terdapat pengait yang berfungsi mengunci kap mesin mobil sehingga kap masih belum dapat dibuka. Biasanya posisi pengait ini berada di tengah atau dekat area logo Toyota.

Bila ternyata sudah terasa pengaitnya Sobat tinggal menekan ke bawah saja dan menahannya sejenak supaya kap mesin terbuka dengan baik.

>>> Baca Juga, Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

3. Pasang Penopang Kap Mesin

Setelah itu Sobat tinggal angkat menggunakan tangan kap mesin Kijang Innova. Tahan kap mesin mobil dengan tangan kanan dan manfaatkan tangan kiri untuk memasang penopang kap mesin yang posisinya biasanya di sebelah kiri. Jika sudah terpasang Sobat bisa melepaskan tangan dari kap mesin mobil. Dengan begitu pengecekan mesin mobil dapat dilakukan dengan aman tanpa khawatir kap terjatuh dan terkena anggota tubuh.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Kijang Innova dengan penopang kap

Yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya dalam membuka kap mesin Toyota Kijang Innova menunggunya sampai dingin terlebih dahulu. Karena ketika mobil selesai digunakan kap mesin juga bisa terasa panas dan bisa membuat tangan cedera. Jadi lebih baik tunggu, setidaknya sampai hangat.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Abdul

    Saat ini mobil sudah banyak digunakan untuk menjalankan segala aktivitas keseharian. Selain itu, bagi yang tidak memiliki mobil ketika ingin bepergian cukup jauh maka akan menyewa mobil supaya lebih nyaman. Mobil Toyota sendiri menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, begitupun oleh para wanita.

  • Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Doris Elisa

    Toyota adalah merek mobil yang tidak asing lagi di pasar otomotif Indonesia. Khususnya dalam kisaran harga Rp 250 jutaan, pengguna dapat memilih satu dari 2 varian dari Toyota itulah Toyota Vios 5 kursi dan Toyota Avanza 7 kursi . Itulah keunggulan yang membuat mereknya bisa pesaing dengan kompetitornya.

  • Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Abdul

    Toyota Yaris diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2006. Model tersebut menjadi generasi pertama dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Kala itu di Tanah Air, kendaraan dalam segmen yang sama yakni Hatchback didominasi oleh Honda Jazz. Lantas apa kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris generasi pertama.

International