Mudah Banget Inilah Cara Mundur Mobil Manual Terlengkap

30/04/2022

Cara mundur mobil manual adalah sebuah keterampilan yang sangat penting bagi pengemudi. Kesalahan apa pun juga dapat menyebabkan tabrakan atau mempengaruhi orang di sekitarnya. Untuk meminimalkan risiko tersebut, pengemudi perlu menguasai dan mempraktekkan untuk mundur mobil manual agar tidak mengganggu pengemudian lainnya di jalan.

Mobil manual adalah jenis mobil yang pengemudinya harus langsung mengontrol tuas persneling secara manual. Keunikan dari mobil jenis ini adalah di bagian kopling, yang berfungsi dalam menutup atau memutuskan hubungan antara roda dan mesin. Berkat itu, ini akan membantu roda mengguling dengan lambat yang sesuai dengan inersia dan berhenti. Untuk mengendalikan mobil bertransmisi manual, pengemudi membutuhkan kombinasi elemen throttle - clutch - gear yang mulus.

Untuk mundur mobil manual dengan aman, pengemudi harus tenang, jangan terburu-buru atau tergesa-gesa. Berikut Hargatoyota.com tunjukkan beberapa petunjuk tentang cara mundur mobil manual yang  paling sederhana dan paling mudah dipahami.

Cara Mundur Mobil Manual

Gambar seorang gadis yang cantik sedang mundur mobil manual

Untuk memundur mobil dengan aman, pengemudi perlu menjaga ketenangan, jangan terburu-buru atau tergesa-gesa

Langkah 1: Pindahkan gigi ke posisi mundur

Sebelum mundur mobil manual, Anda perlu menghentikan mobilnya dahulu, lalu gunakan satu kaki untuk menginjak pedal kopling, kemudian tarik tuas persneling ke posisi mundur. Pada titik ini, jika Anda melepaskan pedal kopling, Anda akan melanjutkan untuk mundur dan tidak lagi maju.

Langkah 2:  Biarkan mobil berjalan mundur dan melihat

Lepaskan kaki kopling secara perlahan agar mobil bisa mundur dan perhatikan untuk menahan kopling agar mobil bergerak perlahan. Lihat ke belakang Anda melalui kaca spion dan mengatur setir secara perlahan. 

Langkah 3: Parkir mobil manual dan sesuaikan persneling

Ketika mobil telah sampaikan ke posisi yang Anda inginkan dan Anda tidak perlu memakai mobil lagi, injak rem dan pindahkan tuas persneling ke posisi parkir dan parkir mobil manual Anda di situ. 

Kalau Anda masih memakai mobil, pindahkan tuas persneling ke posisi maju. Kemudian mulailah bergerak maju.

Mudahkan cara mundur mobil manual itu?

>>> Mengetahui Cara Kerja Kopling Mobil Pada Kendaraan Dengan Transmisi Manual

Kesalahan Umum Saat Mundur Mobil Manual

Cara mundur mobil manual memang sederhana tapi banyak orang yang salah melakukannya dan menimbulkan akibat yang serius. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa kesalahan umum saat mundur mobil manual berikut ini:

Biarkan throttle tinggi, mundur mobil dengan cepat

Ini adalah kesalahan mundur mobil yang sering dilakukan oleh sebagian besar pengemudi. Saat throttle tinggi, mobil akan mundur dengan cepat, membuat pengemudi menyetir mobil berjalan ke arah yang salah. Hal ini sangat berbahaya karena kemungkinan terjadinya tabrakan atau kecelakaan. Oleh karena itu, ketika pengemudi masih belum mahir dalam pengoperasian mengemudi, pengemudi harus memundurkan mobil dengan kecepatan lambat, dan pada saat yang sama menginjak kopling atau rem.

Perkiraan jarak dan posisi mobil yang salah

Kesalahan selanjutnya dalam cara mundur mobil itulah salah perkiraan jarak dan posisi mobil. Karena jarak yang terlihat di kaca spion seringkali lebih jauh dari pada kenyataannya dan karena kurangnya pengalaman, banyak pengemudi merasa canggung dan sulit untuk mundur. Salah perkiraan jarak dan posisi mobil dapat menyebabkan Anda mundur mobil di tempat yang salah dan membuang waktu. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, pengemudi bisa keluarkan mobil, mengamati kenyataan, keluarkan perkiraan dan kemudian melanjutkan untuk mundur mobil.

Lupakan melihat ke depan

Gambar menunjukkan seorang pria yang sedang melihat ke belakang untuk mundur mobil manualnya

Hanya fokus melihat ke belakang dan tidak memperhatikan halangan di depan adalah sebuah kesalahan dalam cara mundurkan mobil manual

Karena ini adalah manipulasi mundur mobil jadi banyak pengemudi yang hanya fokus melihat ke belakang dan lupa melihat ke depan. Hal ini juga tidak disarankan karena ada banyak kendaraan di jalan jadi Anda perlu mengamati bagian depan dan belakang maupun kiri dan kanan. Itu akan membantu Anda lebih gesit dan proaktif dalam segala situasi yang tidak terduga.

Itulah semua informasi yang berguna tentang cara mundur mobil manual yang Hargatoyota.com telah bagikan. Semoga habis membaca artikel ini para pengendara baru sudah mendapatkan pengetahuan yang  bermanfaat untuk mengemudi di jalan dengan lebih aman. Untuk memastikan manipulasi ini dilakukan dengan lancar, Anda perlu berlatih dengan rajin. Semoga Anda semua bisa memundur mobil manual dengan lancar dan aman.

>>> Jangan lupa simak halaman tips dan trik di Hargatoyota.com

Doris Elisa
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil Keluarga Toyota Paling Terjangkau

    Mobil Keluarga Toyota Paling Terjangkau

    Fatchur Sag

    Untuk keluarga besar mobil Toyota 7 seater adalah pilihan paling pas. Tidak perlu khawatir jika budget terbatas, inilah mobil keluarga Toyota paling terjangkau.

  • Proses Balik Nama Mobil Dan Biayanya di indonesia

    Proses Balik Nama Mobil Dan Biayanya di indonesia

    Fatchur Sag

    Selain menyiapkan dokumen lengkap proses balik nama mobil atau mutasi memerlukan biaya tidak sedikit, baik dilakukan sendiri maupun menggunakan jasa orang lain.

  • Cara Mengatasi Lampu Mobil Berembun

    Cara Mengatasi Lampu Mobil Berembun

    Fatchur Sag

    Lampu mobil berembun bisa menjadi masalah, dari merusak penampilan hingga memperburuk penerangan saat malam hari. Karenanya perlu untuk segera diatasi.

International