Mobil Toyota Punya Ban Space Saver, Jenis Ban Serep Dengan Ukuran Kecil

27/02/2020

Ban cadangan menjadi salah satu bagian kendaraan yang sangat penting. Memang tidak selalu dibutuhkan, tapi saat ban utama kempes di jalan maka akan sangat membutuhkannya. Namun tahukah Sobat bahwa pada beberapa mobil Toyota ukuran ban cadangan lebih kecil dari standarnya atau yang disebut juga dengan ban space saver.

Ban space saver merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang harus selalu dibawa saat berkendara. Komponen tersebut adalah ban cadangan yang mempunyai ukuran yang lebih kecil. Dengan menggunakan ukuran berbeda dengan ban utama sehingga tidak memakan tempat yang luas. Biasanya penempatannya di letakkan di bawah bagasi mobil Toyota.

Gambar ini menunjukkan ban Space Saver yang ditempatkan di bagasi mobil

Ban serep space saver tidak terlalu makan tempat banyak

>>> Baca Juga, Jangan Sampai Lupa Merawat Ban Serep, Ini Kata Toyota

Namun disamping hal tersebut, regulasi Indonesia mengenai ban serep yang ukurannya lebih kecil telah ditetapkan bahwa diperbolehkan, asalkan untuk diameter totalnya sama seperti ban yang terpasang. Yang terpenting dan perlu diingat adalah penggunaan ban cadangan ukuran lebih kecil terdapat kondisi pemakaian tertentu ketika menggunakannya.

Hal Tentang Ban Space Saver

Penggunaan ban space saver terdapat keuntungan tersendiri seperti kemudahan dalam melakukan penggantian ban yang bermasalah. Hanya saja terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan meliputi :

  1. Ban cadangan model ini bisa membuat kerja fitur kontrol traksi berkurang, begitupun pada kinerja sistem ABS (Anti-lock Braking System).
  2. Beban Yang tertuju  ke bagian ban serep dengan ukuran lebih kecil perlu dikurangi untuk mengurangi resiko kecelakaan yang bisa saja terjadi.
  3. Terdapat petunjuk batas kecepatan ketika menggunakan ban cadangan dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini menjadi salah satu hal yang sangat penting.
  4. Penggunaan ban space saver hanya boleh dipakai sampai menemukan titik aman seperti bengkel atau hingga ban utama telah dilakukan perbaikan.
  5. Perlu memperhatikan kecepatan mobil saat menggunakan ban serep lebih kecil. Maksimal kecepatan mobil adalah 80 Km/jam. Apabila kurang jelas maka bisa membaca buku manual kendaraan. Akan tetapi untuk lebih aman maka diharapkan melaju di bawah kecepatan 60 Km/jam. Hal tersebut juga berhubungan dengan lebar dari telapak ban serep yang terdapat perbedaan sehingga daya cengkeram yang dimiliki juga lebih rendah.
  6. Sebagai ban cadangan yang dipakai dalam kondisi darurat maka model kembangan pada ban serep juga ada perbedaan dan tidak sebaik yang dimiliki oleh ban standarnya. Hasilnya daya pengereman dan traksi akselerasi juga mengalami perbedaan. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap pengendalian mobil.
  7. Tidak hanya soal teknis saja, ban jenis space saver juga bisa membuat estetika kendaraan secara menyeluruh berkurang. Karena memang mobil akan terlihat cingkrang dan terlihat kurang begitu menarik karena mengandalkan pelek kaleng yang dilakukan pengecatan dengan warna hitam.
  8. Tidak dianjurkan untuk digunakan berlama-lama karena memang ban cadangan tersebut dipakai dalam kondisi darurat saja.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang mengencangkan ban serep pada mobil

Ada beberapa hal penting saat pasang ban serep space saver

Jadi saat ban mobil Toyota kempes atau pecah di jalan bisa menggantinya dengan ban space saver. Usahakan segera dilakukan penambalan dan dipasangkan kembali pada ke bagian semula dan mobil dapat dipakai untuk aktivitas keseharian.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Beberapa Alasan Mengapa Punya Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Menguntungkan

    Abdul

    Ban mobil mempunyai tekanan angin di dalamnya. Ditambah lagi komponen ini berhubungan langsung dengan aspal jalanan sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Pada saat kekurangan angin diharapkan menambahkannya sesuai rekomendasi pihak pabrikan. Untuk bisa mengetahui apakah angin pada ban mobil sudah sesuai atau tidak maka perlu menggunakan alat pengukur tekanan angin ban.

  • Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Mengetahui Fakta Menarik Toyota Raize 2021, SUV Kompak Dengan Desain Sporty

    Abdul

    Toyota Raize merupakan mobil yang sudah dibekali dengan mesin turbo. Dimana kehadirannya cukup menarik banyak kalangan. Masuk dalam segmen mobil SUV kkompak siap mendukung pengendaraan pemiliknya dalam beraktivitas dan ke tempat yang diinginkan. Nah kali ini kami akan membahas mengenai fakta menarik Toyota Raize 2021.

  • Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Baru Pertama Kali, Ini Hal Sederhana Dalam Mengemudi Toyota Avanza Matic Tapi Penting

    Abdul

    Sistem transmisi mobil Toyota Avanza ada yang manual dan ada yang matic. Mobil ini masuk dalam segmen MPV yang banyak dijadikan andalan sebagai kendaraan keluarga. Dari segi kapasitas penumpang terbilang mumpuni, apalagi varian matic dapat mudah untuk dikendalikan. Nah jika mengemudi Toyota Avanza matic maka kepraktisan dan kenyamanan akan dirasakan pengemudi.

International