Mobil Toyota Dibekali Lampu Rem Ketiga, Apa Fungsinya?

05/08/2019

Mobil telah dilengkapi dengan beragam fitur untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara. Fitur tersebut diberikan baik di bagian eksterior ataupun interior. Salah satu fitur yang sudah banyak dipasangkan pada mobil baru saat ini adalah rear combination lamp yang berada di bagian buritan atas kendaraan. Banyak orang yang menyebut bagian tersebut dengan lampu rem ketiga.

Third brake lamp atau lampu rem ketiga dipasangkan bukan tanpa alasan. Meskipun sebenarnya sudah ada lampu rem yang diletakkan dekat dengan posisi lampu belakang. Pada mobil keluarga Toyota yang telah diberikan fitur ini adalah Toyota Rush, Kijang Innova, Avanza, Agya dan Fortuner.

Gambar ini menu menunjukkan mobil Toyota Avanza tampak bagian belakang

Bukan hanya aksesoris, lampu rem ketiga juga mempunyai manfaat penting

>>> Jangan Takut, Pengguna Mobil Hibrida Toyota Bisa Lakukan Servis di Bengkel Auto2000

Pada umumnya untuk posisinya ditempatkan pada bagian pintu bagasi sebelah atap yang penempatannya dibuat menyatu dengan spoiler atap. Bahkan dengan adanya penambahan fitur tersebut tampilan mobil lebih stylish sehingga banyak yang yang menganggap bahwa adanya bagian tersebut sebagai aksesoris tambahan.

Namun tahukah sobat, bahwa adanya lampu rem tambahan ini mempunyai fungsi lain yang cukup penting. Jadi tidak hanya untuk pajangan saja tapi juga menjadi salah satu fitur pendukung dalam hal keselamatan berkendara. Saat pengendara melakukan pengereman maka lampu ini akan menyala bersamaan dengan lampu rem yang berada dekat lampu belakang.

Fitur rear combination lamp merupakan sebuah alat komunikasi pada saat melakukan pengereman dengan kendaraan lain dibelakang supaya dapat berwaspada. Dengan adanya fitur ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tabrakan dari kendaraan yang berada di belakang mobil. Jika menganggap bahwa fitur ini hanya untuk aksesoris belaka maka terbilang salah.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Baca review mobil terbaru di sini

Gambar ini menunjukkan lampu rem ketiga pada spoiler mobil

Lampu rem ketiga ditempatkan di bagian atas belakang

>>> Lihat Juga, Cara Menggunakan Fitur Dive-In Seat Pada Toyota Sienta

Perlu diketahui, bahwa di beberapa negara lampu rem ketiga ini menjadi fitur wajib yang harus ada pada kendaraan. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya fitur tersebut dapat menekan angka kecelakaan yang disebabkan tabrakan dari arah belakang. Jadi adanya fitur ini melebihi dari sekedar aksesoris saja namun juga merupakan fitur wajib seperti pada mobil besutan Toyota.

Untuk penempatan lampu ini berada di bagian atas belakang, tujuannya adalah supaya pengendara lain dapat melihatnya saat masih jauh dengan lebih jelas. Apalagi pada pengendara mobil yang posisinya lebih tinggi seperti Truk dan Bus, tentunya fitur tersebut akan sangat membantu dalam melihat mobil di depan yang melakukan pengereman.

Sehingga saat mobil melakukan pengereman maka lampu rem ketiga akan menyala dan kendaraan di belakang baik itu mobil pribadi ataupun truk dapat mengetahuinya dan mengambil langkah yang tepat. Resiko menabrak pun dapat dihindari berkat adanya fitur tersebut karena pengendara di  belakang akan mempunyai waktu untuk merespon pengereman.

>>> Cek daftar harga mobil buatan Toyota ditawarkan di sini sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan lampu rem ketiga dalam kondisi menyala

Lampu rem tambahan dapat memudahkan pengendara di belakang melihatnya

Dengan melihat hal tersebut tentunya beberapa pengguna mobil masih perlu edukasi mengenai mana yang hanya aksesoris dan mana yang mempunyai fungsi penting. Dengan begitu pemanfaatan semua komponen yang berada di dalam mobil lebih maksimal.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai fungsi lampu rem ketiga. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Simak juga tips dan trik seputar mobil menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca