Mobil Terjadi Masalah Di Jalan Tol, Lakukan Hal Ini

28/03/2020

Jalan tol menjadi pilihan favorit masyarakat yang ingin bepergian dengan jarak cukup jauh. Selain bisa lebih cepat, kondisi jalan juga baik dan nyaman saat dilewati. Namun masalah di jalan tol kadang bisa terjadi tanpa diketahui kapan dan lokasi tepatnya, yang pasti kita harus lebih waspada.

Terjadi masalah di jalan tol biasanya akan ada tanda kecil yang dapat diketahui. Dengan mengetahuinya maka potensi terjadinya mobil mogok dapat dihindari, setidaknya sudah mencari tempat yang aman untuk berhenti.

Beberapa tanda yang kadang dialami oleh para pengendara adalah munculnya suara aneh pada area kendaraan tertentu serta muncul getaran di tempat yang tidak biasa. Hal kecil sekalipun bisa dijadikan tanda supaya Sobat bisa melakukan perawatan.

Gambar ini menunjukkan 3 mobil di jalan tol tampak bagian depan

Jalan tol menjadi jalanan favorit saat bepergian jauh

>>> Baca Juga, Pencegahan Virus Corona, Ini Langkah Jasa Marga Di Gerbang Tol

Bila dalam kondisi merasakan gejala, berikut ini yang  perlu dilakukan saat ada masalah di jalan tol :

1. Mengurangi Kecepatan & Pindah Jalur Kiri

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melihat panel instrument, pastikan tidak ada yang bermasalah. Jika didapati ada masalah yang dirasakan maka sebaiknya segera lihat rambu-rambu dan berhenti di tempat yang direkomendasikan, jangan lupa perhatikan rambu-rambu di jalan tol.

2. Masuk Rest Area

Selanjutnya apabila ada petunjuk tentang rest area maka sebaiknya mampir terlebih dahulu. Di rest area lebih aman untuk melakukan pemberhentian, dalam hal ini sebaiknya segera melakukan pengecekan.

3. Ketika Tidak Menemukan Rest Area Dan Mesin Mobil Mati Secara Tiba-Tiba

Selanjutnya saat mobil terjadi masalah di jalan tol dan ternyata tidak ada rest area pada jalur yang dilewati maka bisa memanfaatkan bahu jalan untuk melakukan pengecekan, begitupun saat mesin tiba-tiba mati.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menjukkan sebuah mobil warna hitam di bahu jalan

Ambil tindakan yang aman saat ingin berhenti di bahu jalan tol

>>> Lihat Juga, Diundur, Target Pembangunan 8 Tangga Darurat Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Selesai Akhir

Jika memutuskan berhenti maka perlu melakukannya dengan aman, begini tipsnya :

  • Posisikan mobil dengan aman dan menggunakan patokan garis lurus yang menjadi pembatas bahu jalan. Dalam hal ini minimal jaraknya adalah 50 cm.
  • Memastikan Kontur yang akan digunakan untuk berhenti dalam kondisi yang baik, tidak rusak atau miring.
  • Menekuk spion luar guna menghindari resiko tersenggol oleh kendaraan lain.
  • Pada saat ingin membuka pintu sebelah kanan sebaiknya lebih waspada dan pastikan tidak ada kendaraan yang sedang melaju. Bukalah pintu sedikit dan melihat arah belakang dengan melalui celah. Apabila dirasa aman dan tidak ada kendaraan lain yang diperkirakan melintas bisa segera membuka pintu mobil.
  • Menyalakan lampu hazard dan berilah segitiga pengaman dipasangkan di belakang mobil dengan jarak minimal 5 kali ukuran bodi mobil agar lebih aman.
  • Turunkan semua penumpang dan lakukan pengecekan. Posisi penumpang tidak disarankan di belakang mobil supaya terhindar dari tabrakan.
  • Tidak Lama Berhenti Di Bahu Jalan
  • Jika masalah sudah ditemukan maka perbaikan langsung dilanjutkan. Apabila mobil mogok maka biasanya akan ada petugas berpatroli.  Dengan begitu akan dimintakan oleh petugas termasuk mengundang  mobil derek yang dimiliki oleh pengelola jalan tol.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil warna putih sedang diderek

Jika mogok bisa menghubungi kontak jasa marga

Akan tetapi bila terjadi masalah di jalan tol dan tidak ada petugas yang lewat bisa menghubungi kontak jasa marga ying siap melayani selama 24 jam, nomornya adalah 14980. Untuk nomor lainnya bisa dilakukan pencarian di internet. Bahkan di atas gerbang tol juga kadang terdapat namanya

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International