Mobil MPV Diisi Melebihi kapasitas, Aman Atau Tidak?

02/07/2018

Mobil MPV kerap sekali dijadikan sebagai kendaraan keluarga yang banyak peminat. Hal tersebut tidak terlepas dari kenyamanan yang diberikan serta berbagai fitur di dalamnya. Tidak hanya itu saja, bahkan dari segi tampilan, di jaman modern ini telah terlihat keren dan tidak ketinggalan jaman. Seperti yang telah diketahui bahwa Mobil jenis tersebut mempunyai kapasitas yang umumnya 7 orang. Lantas bagaimana jika Mobil MPV diisi melebihi kapasitas?

Memang mengisi Mobil MPV diisi melebihi kapasitas bisa dianggap biasa bagi sebagian orang. Bahkan seringkali ditemui mengisinya dengan 8 orang ataupun 9 orang dengan tambahan anak-anak. Lantas sebenarnya aman gak sih mengisi Mobil MPV seperti Toyota Avanza dengan penumpang 8 atau 9 orang?

Dari pihak Marcell Kurniawan selaku Training Director dari The Real Driving Center (RDC) menuturkan, bahwasanya Mobil akan berat di bagian belakang apabila Mobil dalam kondisi terisi penuh.

“Hal tersebut malah ada keuntungannya untuk berkendara, soalnya mobil cenderung jadi tidak agresif,” bukanya beberapa waktu lalu.

Gambar ini menunjukkan Mobil Toyota avanza Veloz warna putih tampak depan

Avanza Veloz merupakan salah satu Mobil MPV yang cocok untuk kendaraan keluarga

Jadi dengan adanya tambahan beban pada Mobil tentunya menjadikan ban Mobil akan lebih sempurna dalam menapak pada permukaan jalanan.

“Biasanya mobil yang hanya ditumpangi dua orang di depan, akan lebih mudah fish tail (limbung) karena kurangnya downforce di belakang,” ungkap Marcell.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa jika Mobil ditunggangi sesuai kapasitas penumpang seperti 7 orang  masih tetap aman untuk diajak bepergian ke tempat yang dituju. “Kalau beban seimbang, malah lebih stabil,” terangnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tips dan trik yang bermanfaat lainnya

Akan tetapi kapasitas penuh dengan berlebihan mempunyai makna yang berbeda. Jika penuh maka Mobil diisi sesuai kapasitas  seperti misalnya MPV untuk 7 penumpang. Berbeda dengan berlebihan, yang mana Mobil MPV diisi melebihi kapasitas. Jadi ketika Mobil membawa beban berlebih atau melebihi kapasitas dapat membuat kestabilan Mobil menjadi berubah.

Gambar ini menunjukkan interior Mobil Toyota dengan kapasitas 7 penumpang

Jangan memaksakan membawa penumpang melebihi kapasitas

“Kalau pas jalan lurus mungkin enggak terlalu terasa, tapi saat belok atau menikung bisa terjadi gaya sentrifugal,” ujar Marcell.

Tentunya dengan beban yang berlebih akan terasa ketika menggunakan kendaraan dengan muatan berlebih, sementara untuk segi bodi yang tinggi seperti Mobil dalam kelas MPV. “Sebab semakin berat beban, maka makin besar juga gaya sentrifugalnya,” ucapnya.

Jadi dari pihak Marcell menyarankan untuk mengisi Mobil MPV seperti Toyota Avanza sesuai kapasitas yang dimiliki.

Dalam hal ini jangan berpikiran bahwa Mobil MPV besutan Toyota hanya mampu ditunggangi oleh 7 orang saja. Bahkan ternyata adapula Mobil MPV dengan kapasitas yang lebih dari itu.

>>> Baca juga, Tiga MPV Terbaik Di Bawah 300 Juta Rupiah yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Berikut ini merupakan informasi Mobil MPV Toyota dengan kapasitas penumpang yang dimiliki.

  • Toyota Kijang Super : 8-9 penumpang
  • Toyota Kijang Grand Extra : 8 sampai 9 orang
  • Toyota Kijang Kapsul dan Krista : 7-8 orang
  • Toyota Kijang Innova : 8 penumpang
  • Toyota Avanza Veloz : hanya 6 orang
  • Toyota Avanza : 7 orang
  • Toyota Alphard : 8 orang
  • Toyota Nav1 : 7 penumpang

>>> Mungkin tertarik, Daftar Harga Mobil Produk Toyota Terbaru

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang mengemudi dan wanita di sampingnya dengan 2 anak di belakangnya dalam mobil

Membawa penumpang sesuai kapasitas membuat perjalanan lebih nyaman

Tentunya dengan melihat kapasitas sebelum membeli akan dapat menyesuaikan sebelum berniat membeli Mobil MPV besutan Toyota. Memang Mobil MPV diisi melebihi kapasitas bisa saja dilakukan. Masalahnya adalah dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara, dikarenakan akan berdesakan antar penumpang.

Demikianlah informasi mengenai aman atau tidak Mobil MPV diisi melebihi kapasitas yang direkomendasikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International