Mobil Keluarga Toyota Paling Terjangkau

20/05/2022

Untuk keluarga besar mobil Toyota 7 seater adalah pilihan paling pas. Tidak perlu khawatir jika budget terbatas, inilah mobil keluarga Toyota paling terjangkau.

Memiliki mobil sendiri menambah kenyamanan dalam mobilitas sehari-hari. Terlebih buat keluarga besar, memiliki mobil keluarga memberikan banyak kemudahan dalam bertransportasi. Misalnya jika harus bepergian bersama-sama ke satu tujuan mereka bisa menggunakan satu kendaraan.

Ada banyak merek mobil di Tanah Air. Dan mobil keluarga Toyota jadi yang terbanyak dibanding merek lain. Dari yang harganya seratus jutaan rupiah sampai yang miliaran rupiah.

Mobil Keluarga Toyota Paling Terjangkau

Toyota mengakomodir kebutuhan transportasi keluarga Indonesia dengan menghadirkan banyak model. Tujuannya agar konsumen leluasa memilih model yang sesuai kebutuhan, budget, serta selera. Soal harga sudah pasti berbeda disesuaikan dengan kelebihan yang dimiliki.

Nah, buat Anda yang saat ini tengah mencari mobil untuk keluarga, inilah rekomendasi mobil keluarga Toyota paling terjangkau.

  • Calya

 

Toyota Calya, mobil 7 penumpang di kelas LCGC

Toyota Calya, mobil 7 penumpang di kelas LCGC

Model pertama yang harganya paling terjangkau adalah Toyota Calya. Harga Calya mulai Rp 151,6 juta hingga Rp 174,9 juta. Mobil ini menawarkan akomodasi 7-8 seater serta bagasi yang cukup untuk membawa barang bawaan ringan sekeluarga.

Tidak hanya kapasitas besar dan harga paling terjangkau, Toyota Calya menawarkan kelebihan yang lain. Desainnya menarik dan up to date. Fitur bawaannya juga oke. Lampu utama sudah LED, spion bisa dilipat secara elektris, sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Distribution) dan yang lain.

Toyota Calya dibekali mesin 1.200 cc dengan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 108 Nm pada 4.200 rpm. Keuntungan dari mesin kecil adalah konsumsinya yang sangat irit.

  1. Avanza

Siapa tak kenal dengan Toyota Avanza, mobil paling laris di Indonesia. Saat ini (April 2022 - OTR Jakarta) harga Avanza mulai Rp 233,1 juta hingga Rp 295,8 juta.

Avanza juga menawarkan akomodasi 7-8 seater seperti Calya, namun dengan kenyamanan yang lebih baik. Interior Toyota Avanza lebih lapang dari Calya karena ukuran mobilnya lebih besar.

All New Toyota Avanza 7 seater tampil lebih modern

All New Toyota Avanza tampil lebih modern

Avanza juga lebih bertenaga karena mesin yang lebih besar, yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc. Yang 1.300 cc menghasilkan tenaga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 122 Nm pada 4.200 rpm. Sedangkan yang 1500 cc menghasilkan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 137 Nm pada 4.200 rpm.

Toyota Avanza saat ini adalah generasi ketiga. Tampilannya semakin menarik dan modern. Sistem penggerak roda belakang yang selama ini diandalkan juga diganti dengan sistem penggerak roda depan.

Untuk fitur juga ditingkatkan. Varian tertingginya yaitu G CVT TSS punya fitur keselamatan cukup lengkap. Seperti Blind Sport Monitoring, Vehicle Stability Control (VSC), Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Front Departure Alert (FDA), Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, Rear Crossing Traffic Alert, dan T Intouch. Masih ditambah lagi fitur keselamatan standar seperti airbag 6 titik, sistem pengereman ABS+EBD+BA, Isofix, dan yang lain.

  • Veloz

All New Toyota Veloz 7 seater semaki mewah

All New Toyota Veloz semaki mewah

Mobil keluarga Toyota berikutnya yaitu Veloz. Harga Veloz mulai 286 juta hingga Rp 331,1 juta. Berbeda dengan Veloz sebelumnya yang masih mendompleng nama besar Avanza, pada generasi ketiga ini Veloz berdiri sendiri. Secara Veloz sekarang memang banyak berbeda dari Avanza.

Desain eksteriornya khususnya bagian depan beda jauh dari Avanza. Lebih mewah dan menawan. Desain interiornya juga demikian, tetap mengakomodir 7-8 penumpang namun lebih menarik.

Untuk mesin Toyota Veloz sama dengan Avanza 1.5, yaitu 1.500 cc dengan tenaga maksimum 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 137 Nm pada 4.200 rpm. Fitur juga sama lengkapnya dengan Avanza varian tertinggi.

Ketiga model di atas merupakan mobil keluarga Toyota paling terjangkau. Anda bisa menebusnya dengan harga kurang dari Rp 300 jutaan.

Lebih dari itu Anda bisa mendapatkan ada model lain yang lebih mahal seperti Sienta, Innova, dan Voxy. Ketiganya dijual mulai Rp 300 jutaan hingga Rp 560 jutaan.

  • Toyota Sienta

Toyota Sienta 7 seater dengan ciri khas pintu geser

Toyota Sienta dengan ciri khas pintu geser

Masih seperti dulu, Toyota Sienta punya ciri khas bentuknya yang boxy dan pintu geser. Mobil ini dijual mulai Rp 312,7 juta hingga 405,1 juta.

Soal kepraktisan tak perlu ditanyakan lagi. Untuk akses keluar masuk cukup mudah. Bagian dalamnya juga lapang dengan ruang kepala sangat besar. Daya muat penumpangnya sama dengan yang lain, 7-8 penumpang.

Toyota Sienta dibekali mesin 2NR-FE 1500 cc, In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I. Tenaga maksimumnya 107 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.200 rpm.

  • Toyota Innova

All New Kijang Innova, MPV 7 seater dengan penampilan gagah

All New Kijang Innova, MPV dengan penampilan gagah

Toyota menyediakan lebih dari 10 varian tipe untuk Innova, termasuk mesin bensin dan diesel. Harga Innova mulai Rp 359,8 juta hingga Rp 453,7 juta.

Dengan kapasitas 7-8 penumpang, Toyota Innova menawarkan rasa berkendara di atas Avanza maupun Veloz. Interiornya lebih nyaman, tampilan luarnya lebih gagah, dan mesinnya juga lebih bertenaga.

Innova bensin dibekali mesin 1TR-FE 2.000 yang mampu menghasilkan tenaga 139 PS pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 183 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan Innova diesel dibekali mesin 2 GD FTV 2.400 cc dengan tenaga maksimum 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi maksimum 342 Nm pada 1.200 – 2.800 rpm.

  • Toyota Voxy

All New Toyota Voxy 7 seater dijuluki sebagai baby Alphard

All New Toyota Voxy dijuluki sebagai baby Alphard

Satu lagi mobil keluarga Toyota yang menawarkan kenyamanan sangat baik adalah Voxy. Hanya saja harga Voxy sudah mahal, saat ini Rp 562,7 juta.

Bodi luarnya Toyota Voxy mewah, interiornya mewah, mesinnya juga bertenaga. Mobil yang diluncurkan tahun 2017 ini dibekali mesin M20A-FKS 2.000 cc dengan tenaga maksimum 170 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 202 Nm pada 4.900 rpm.

 
Fatchur Sag
 

FAQ umum

1. Mobil keluarga apa saja?

Toyota Avanza, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero S, Suzuki Ertiga, Nissan Livina

2. Mobil apa yang nyaman untuk keluarga?

Toyota Voxy, Toyota Vellfire, Toyota Innova, Wuling Cortez, Honda Odyssey

3. Apa saja merek mobil MPV?

  • Honda : Mobilio, Odyssey
  • Toyota : Avanza, Veloz, Innova, Voxy, Vellfire, Alphard

4. Apa itu mobil SUV dan MPV?

Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yaitu mobil yang dirancang tanggung melewati beragam medan berat, seperti tanjakan, jalanan rusak, hingga offroad. Oleh karena itu SUV punya ground clearance lebih tinggi dari rata-rata mobil MPV. Contoh SUV yaitu Toyota Rush, Toyota Fortuner, dan Toyota Land Cruiser.


Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yaitu mobil serbaguna yang lebih mengutamakan kenyamanan penumpang. Mobil jenis ini biasanya memiliki kabin lebih lapang dibanding SUV dan juga punya ground clearance lebih rendah. Selain untuk mobilitas keluarga MPV juga kerap digunakan untuk menunjang bisnis.

 

Mungkin Anda ingin baca

International