Merawat Wiper Mobil Itu Mudah! Begini Caranya

27/09/2018

Di beberapa daerah di Indonesia sudah mulai diguyur hujan, oleh sebab itu pemilik Mobil harus ekstra dalam melakukan perawatan. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah merawat wiper Mobil, tujuannya adalah agar kinerjanya tetap maksimal.

Wiper Mobil merupakan salah satu bagian penting Mobil yang berfungsi untuk membersihkan kaca dari air hujan. Jika kondisinya maksimal maka pandangan pengemudi akan lebih jelas terhadap jalan. Namun saat kinerjanya tidak baik, maka pandangan menjadi buram dan beresiko bahaya. Melihat hal tersebut, tentunya merawat wiper Mobil terbilang sangat penting.

Perlu diketahui, ternyata fungsi dari wiper tidak hanya saat hujan saja. Akan tetapi di musim panas kadang kaca terdapat debu yang menempel sehingga mengganggu pandangan. Dengan begitu bisa menyemprotkan air dan menyalakan wiper maka kaca akan kembali bersih. Begitu juga saat kaca berminyak ataupun terkena kotoran lainnya.

Dalam merawat wiper Mobil dapat dilakukan dengan beberapa cara, nah berikut ini yang bisa sobat lakukan supaya kondisinya tetap prima yang dilansir dari situs resmi Hyundai.

1. Cek kondisi karet wiper

Gambar ini menunjukkan dua buah tangan memegang wiper pada Moil warna biru

Wiper yang bekerja maksimal akan meningkatkan

Karet merupakan salah satu bagian dari wiper yang terbilang cukup penting. Tugasnya adalah untuk menyapu air dan juga kotoran yang terdapat atau menempel pada kaca depan. Apabila karet sudah getas atau telah aus maka dalam penyapuannya akan tidak bekerja dengan maksimal. Biasanya hal ini karena usianya sudah lama atau kerap terkena paparan sinar matahari langsung di tempat parkir terlalu lama.

Cek kondisi wiper sangat diperlukan, apabila getas atau kering lebih baik dilakukan pergantian. Dengan begitu kinerjanya kembali maksimal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

2. Jangan melakukan pengelapan pada pinggir karet

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang wiper Mobil

Bagian pinggir karet terdapat lapisan kimia untuk membersihkan debu dan kotoran

Merawat wiper Mobil sangat penting, namun mengetahui tata caranya lebih penting. Dalam melakukan pembersihan karet wiper perlu hati-hati. Jangan sampai melakukan pengelapan pada pinggir karet. Alasannya adalah dibagian tersebut terdapat lapisan kimia yang memiliki fungsi untuk menyapu debu dan kotoran pada kaca depan kendaraan.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

3. Menggunakan cairan khusus

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang botol tempat cairan khusu wiper fluid

Gunakan cairan wiper fuild agar hasil lebih maksimal

Ketika menggunakan wiper untuk membersihkan kaca, alangkah baiknya jika menggunakan cairan khusus wiper fluid. Tujuannya adalah supaya hasil yang didapat lebih maksimal. Untuk menjaga kondisi karet supaya tidak rusak, maka cairan khusus tersebut dicampur dengan air sedikit saja.

Selain itu saat melakukan pembelian cairan khusus tersebut harap memperhatikan panduannya. Dengan begitu akan didapat takaran yang pas dan pembersihan kaca Mobil maksimal.

>>> Baca juga, Perhatikan Masalah Ganti Wiper Mobil Yang Perlu Diketahui

4. Memberi pelumas poros

Dalam tahap terakhir merawat wiper Mobil adalah dengan memberikan pelumas khusus pada bagian poros. Dengan begitu kinerja wiper menjadi lebih lancar dan tidak mengalami masalah. Pada saat wiper tidak melakukan pemberian pelumas, maka bisa berubah menjadi seret. Jika sudah begitu maka dikhawatirkan mengalami masalah pada poros wiper. Untuk melakukan pelumasan bisa menggunakan spray seperti misalnya WD Cleaner.

Gambar ini menunjukkan cairan semprot untuk melumasi poros wiper

Poros yang diberi pelumas akan bekerja lebih baik dan lancar

Jadi dalam merawat wiper Mobil sebenarnya cukup mudah. Apalagi saat musim penghujan, tentu harus sering melakukannya.

Perlu diperhatikan, Pada saat hujan lebat dan wiper sudah bekerja dengan maksimal, namun ternyata turunnya hujan tidak bisa disapu karena sangat deras. Maka disarankan untuk menepi terlebih dahulu. Atau bisa juga dengan berjalan perlahan sambil meningkatkan konsentrasi terhadap jalanan agar tetap aman.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips merawat wiper Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mengulik Interior Toyota Calya 2019, Apa Saja yang Berubah?

    Mengulik Interior Toyota Calya 2019, Apa Saja yang Berubah?

    Padli Nurdin

    Toyota Calya mendapatkan sentuhan baru dengan peningkatan pada sisi kenyamanan melalui ubahan interior. Dengan harga yang tak kalah dengan pesaingnya, mari kita kulik lagi interior Toyota Calya tahun ini.

  • Bisa Dicoba, Berikut Tips Menjaga Harga Jual Toyota Kijang Innova Tetap Tinggi

    Bisa Dicoba, Berikut Tips Menjaga Harga Jual Toyota Kijang Innova Tetap Tinggi

    Abdul

    Toyota Kijang Innova merupakan salah satu mobil dalam segmen MPV yang menjadi salah satu pilihan bagi keluarga di Indonesia. Harga jual kembalinya juga cukup lumayan tinggi sehingga dapat dijadikan salah satu pilihan buat Sobat semua. Disamping hal tersebut, harga jual Toyota Kijang Innova yang tinggi juga dipengaruhi oleh kondisinya yang prima.

  • Cara Gunakan Fitur Bluetooth Buat Telepon & Putar Lagu Di Mobil Toyota

    Cara Gunakan Fitur Bluetooth Buat Telepon & Putar Lagu Di Mobil Toyota

    Abdul

    Mengemudi mobil perlu fokus terhadap jalan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pasalnya melakukan kegiatan lain selama mengemudi bisa membuat konsentrasi terhadap jalan jadi terganggu. Jika sudah begitu resiko terjadi kecelakaan jadi besar. Menanggulangi hal tersebut ada fitur Bluetooth buat telepon.