Merawat Power Window Pada Mobil Itu Perlu, Ini Caranya

14/09/2020

Merawat power window diperlukan supaya kinerjanya dapat maksimal. Fungsinya memang membantu pemilik dalam membuka dan menutup kaca mobil dengan lebih mudah. Bahkan ada yang lebih modern yakni menaikkan dan menurunkan kaca semua jendela pada mobil melalui tombol di pintu pengemudi saja.

Mobil memiliki beragam fitur mumpuni yang dapat memberikan kemudahan kepada pengendara dan penumpang dalam menaik turunkan jendela. Seperti yang telah diketahui, sebelumnya untuk melakukannya perlu memutar tuas di pintu, tapi dengan fitur tersebut dapat membuatnya lebih mudah. Oleh sebab itu merawat power window diperlukan.

Apabila power window mengalami kerusakan atau fungsinya tidak bisa maka akan sangat merepotkan dan membuat jengkel. Kaca jendela tidak bisa dibuka dan saat ingin bayar tol, parkir atau memberi pak ogah uang receh tidak dapat dilakukan.

Gambar ini menunjukkan power window pada pintu mobil

Power window mempermudah membuka dan menutup jendela

>>> Baca Juga, Ini Rahasianya, Tips Merawat Aki Mobil Langsung Dari Toyota

Begitu juga saat tidak bisa ditutup dan kaca jendela dalam posisi terbuka, maka saat ingin menyalakan AC tidak bisa dan tidak ada privasi di dalam mobil.

Tips Merawat Power Window Agar Maksimal

Dengan perawatan sederhana yang dilakukan secara berkala bisa menghindari masalah yang membuat power window mengalami kerusakan. Kinerja dari power window  mengandalkan motor elektrik yang merupakan pusat mekanisme penggerak kaca jendela mobil. Berikut beberapa perawatan yang dapat dilakukan :

1. Tidak Terdapat Beban Pada Power Window

Kinerjanya mengandalkan motor listrik sehingga memastikan kinerja motor listrik tidak terdapat beban yang menghalangi kinerjanya. Untuk beban yang datang sehingga mengganggu kinerja motor listrik dapat datang dari mana saja, salah satunya adalah dari kaca jendela sendiri. Pada saat kaca jendela terdapat kotoran dan debu atau bisa juga karet lis pada kaca yang sudah tidak elastis maka akan menjadikan motor bekerja dengan lebih berat. Alhasil kaca akan lama untuk proses buka tutupnya dan bisa saja jadi tersendat.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kaca jendela mobil

Kaca jendela yang seret akan mengganggu aktivitas berkendara

>>> Lihat Juga, Mengetahui Mekanisme Power Window Pada Mobil Toyota Yang Perlu Diketahui

2. Memperhatikan Kondisi Pada Lis Kaca Mobil

Terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat power window pada mobil yakni karet lis kaca mobil. Jika sudah mengeras sebaiknya dilakukan penggantian dan jangan menundanya. Umumnya pengerasan terjadi karena kendaraan sering terparkir di bawah sinar matahari langsung. Supaya dapat terjaga kelenturan karet bisa diolesi dengan cairan silikon setidaknya satu bulan sekali supaya tidak mudah getas.

3. Membersihkan Kaca Dari Kotoran Dan Debu

Jangan biarkan debu dan juga kotoran menempel di kaca jendela terlalu lama. Apabila didiamkan maka akan masuk ke sela kaca dan pintu sehingga menjadikan motor elektrik kotor. Selain itu, hindari membuka kaca mobil ketika jalan berdebu atau saat turun hujan. Jadi ketika turun hujan beresiko mengenai tombol power window, jika terjadi maka bisa membuatnya rusak begitupun pada sistem kelistrikannya.

Sedangkan debu yang terdapat pada kaca mobil membuat gerak naik turun tidak lancar. Selain itu, mekanisme penggerak yang terdapat pada panel pintu menjadi kering dan saat roda gigi bekerja akan menjadi rusak.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain mengelap kaca mobil

Lakukan perawatan secara berkala pada power window dan kaca jendela

Soal merawat power window bisa juga dengan berkonsultasi dengan mekanik bengkel resmi Toyota. Dengan begitu perawatan akan dilakukan dengan baik dan membuatnya lebih awet.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mengetahui Cara Kerja Kopling Mobil Pada Kendaraan Dengan Transmisi Manual

    Mengetahui Cara Kerja Kopling Mobil Pada Kendaraan Dengan Transmisi Manual

    Abdul

    Kopling pada mobil manual mempunyai peranan yang sangat penting. Jadi mobil transmisi manual menggunakan gigi transmisi dan perlu dilakukan perpindahan dari mulai N ke gigi 1,2 dan seterusnya. Dalam melakukan perpindahan gigi tersebut memerlukan kopling. Lantas bagaimana cara kerja kopling mobil?

  • Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Abdul

    Mobil transmisi otomatis mempunyai banyak penggemar karena kemudahan yang ditawarkan. Dimana dalam perpindahan transmisi tidak perlu menggunakan pedal kopling dan juga hal lainnya. Bila dibandingkan dengan transmisi manual tentunya terdapat perbedaan dalam pengoperasian. Pada mobil transmisi otomatis terdapat tombol perseneling mobil matic yang tentunya mempunyai fungsi sendiri pada kendaraan.

  • Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Abdul

    Pada sejumlah kendaraan akan ditemui mesin turbo mini. Jadi untuk saat ini mesin turbo tidak hanya ditujukan untuk kendaraan dengan mobil yang memiliki kapasitas besar ataupun performa tinggi. Dengan menggunakan perangkat turbo dapat membuat efisiensi bahan bakar bisa meningkat dan performanya disetarakan.

International