Merawat Mesin Diesel Modern Toyota Tidak Rumit, Begini Tipsnya

15/01/2021

Mesin mobil ada yang menggunakan mesin diesel dan juga konvensional. Untuk mesin diesel berbahan bakar solar sementara mesin konvensional menggunakan bensin. Meskipun begitu semuanya membutuhkan perawatan. Nah kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tips merawat mesin diesel modern Toyota agar dapat bekerja dengan optimal.

Dalam merawat mesin diesel modern Toyota terdapat 2 kunci utama yang perlu diperhatikan oleh pemilik modern. Yang pertama adalah kondisi dari oli mesin dan yang kedua bahan bakar. Mesin diesel memiliki beban yang ekstrem karena tingginya rasio kompresi dan juga diberikannya turbo sehingga tekanan dan suhu di ruang mesin sangat tinggi. Oleh sebab itulah oli mesin yang digunakan harus sesuai dengan rekomendasi dari Toyota.

Gambar ini menunjukkan mesin diesel mobil Toyota

Mesin mobil memang membutuhkan perawatan

>>> Baca Juga, Beberapa Pilihan Mobil Toyota Mesin Buas Yang Dijual Di Indonesia

Kemudian untuk bahan bakar yang diberikan pada mesin diesel modern saat ini jika kualitasnya rendah tidak direkomendasikan. Hal tersebut karena adanya sistem common rail yang mengandalkan injector dalam menyemprotkan bahan bakar ke bagian ruang bakar mesin mobil dengan tekanan tinggi yang pengaturannya dilakukan secara elektronik. Dengan adanya hal tersebut jika terdapat kotoran di bahan bakar maka bisa membuat injector mengalami kerusakan.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan dalam merawat mesin diesel modern Toyota dilansir dari laman Auto2000.

1. Memakai bahan Bakar Yang Sesuai

Supaya mesin minim gangguan dan dapat melakukan kinerjanya dengan optimal maka membutuhkan bahan bakar dengan kadar cetane yang tinggi. Selain itu, dibutuhkan juga kandungan sulfur yang rendah karena jika terlalu tinggi maka bisa berakibat adanya gangguan pada distribusi bahan bakar, usia mesin berkurang dan menurunnya performa mesin yang dimiliki. Oleh sebab itu untuk bahan bakar yang digunakan perlu mengikuti petunjuk dari buku manual kendaraan yang didapatkan saat membeli mobil baru.

2. Mengecek Kualitas Dari Filter Bahan Bakar

Pada saat filter berada dalam kondisi kotor maka akan ditandai dengan munculnya peringatan di bagian lampu instrumen kendaraan yang akan menyala. Bila mengalami hal tersebut menandakan bahwa sudah saatnya untuk melakukan pembersihan atau menggantinya dengan filter yang baru. Karena jika filter bahan bakar dalam kondisi kotor maka bisa membuat sistem injeksi bahan bakar jadi kemasukan kotoran.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan filter bahan bakar Toyota genuine

Filter bahan bakar memastikan pembakaran dapat dilakukan dengan baik

>>> Lihat Juga, Ingin Ruang Mesin Toyota Kijang Anda Bersih? Ikuti Tips Dari Pecinta Kijang Ini

3. Membersihkan FIlter Udara Dan Memantau Kondisi Water Sedimenter

Tips selanjutnya dalam merawat mesin diesel modern Toyota  yakni bersihkan filter udara. Filter udara juga perlu dijaga kondisinya karena fungsinya adalah memastikan udara yang masuk ke dalam ruang bakar dalam kondisi bersih, jadi kotoran akan disaring melalui komponen ini. Jika kondisi udara bersih maka bahan bakar bisa lebih efisien dan mesin terjaga performanya.

Sementara untuk water sedimenter mempunyai fungsi untuk menangkap kandungan air yang terdapat pada bagian saluran bahan bakar supaya tidak sampai masuk ke sistem bahan bakar. Jika sampai masuk maka dapat menimbulkan resiko muncul karat dan kinerja mesin terganggu. Untuk water sedimenter bisa dilakukan pengurasan saat air sudah dalam kondisi penuh yang biasanya ditandai dengan lampu indikator sedimenter menyala di panel instrumen.

4. Memanaskan Mesin Sejenak Dan Saat mematikan Juga Menunggu Sejenak

Sebelum mobil digunakan bisa melakukan pemanasan sejenak sekitar 2 menitan agar pelumas bisa melumasi komponen mesin dengan merata. Kemudian saat ingin mematikan mesin bisa membiarkannya tetap idle atau menyala sekitar 1 menitan. Dengan begitu komponen mesin yang bekerja dalam kondisi yang ekstrim akan mendapatkan kesempatan untuk didinginkan. Apalagi pada mobil mesin diesel yang telah mendapatkan turbo.

5. Melakukan Penggantian Oli

Volume oli dapat dilakukan pengecekan dengan melalui dipstick. Melakukan penggantian oli secara berkala bertujuan untuk menjaga volume oli tidak berkurang dan untuk penggantian oli mesin diesel dapat dilakukan dalam kurun waktu 6 bulan sekali. Jika dilakukan dengan baik maka komponen mesin diesel akan terlindung dan dapat bekerja dengan optimal.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik sedang memperbaiki mesin mobil

Perawatan berkala di bengkel resmi dapat dilakukan saat tidak bisa melakukan sendiri

6. Melakukan Servis Berkala

Bila melakukan beberapa hal di atas terasa sulit karena tidak ada waktu atau alasan lainnya. Maka solusinya adalah dengan melakukan servis secara berkala di bengkel resmi. Servis dilakukan dengan mengikuti ketentuan yang telah diberikan pada buku manual kendaraan. Pada saat servis akan dilakukan pengecekan dan jika ada komponen yang sudah saatnya diganti dapat diketahui.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat mesin diesel modern Toyota. Tetap jaga kondisi mobil Sobat supaya bisa bekerja dengan baik dan mempunyai umur yang panjang.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Abdul

    Segmen mobil sedan cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dari segi tampilan memang sangat menarik dan juga sporty. Salah satu dalam segmen ini adalah mobil Toyota Corolla Altis. Mobil ini memiliki 2 pilihan mesin yakni mesin bensin dan hybrid. Nah kali ini kami akan membahas konsumsi BBM kedua varian mesin tersebut?

  • Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Abdul

    Penggunaan teknologi yang canggih membuat pengendara dapat merasakan kenyamanan selama perjalanan. Selain itu pengoperasian juga dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adanya fitur spion elektrik pada mobil Toyota atau disebut juga dengan elektrik mirror. Kali ini kami akan membahas mengenai komponen di dalamnya.

  • Beberapa Keunggulan Toyota Corolla Altis Hybrid Bisa Jadi Referensi

    Beberapa Keunggulan Toyota Corolla Altis Hybrid Bisa Jadi Referensi

    Abdul

    Mobil Hybrid menjadi salah satu idaman sebagian orang karena beragam keunggulan yang ditawarkan. Salah satu produk mobil dari Toyota dalam segmen ini adalah Toyota Corolla Altis Hybrid. Untuk Corolla Altis sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang. Lantas apa keunggulan Toyota Corolla Altis Hybrid?

International