Menjaga Silinder Mesin Mobil Diperlukan, Ini Perlakukan Supaya Lebih Awet

30/03/2021

Mobil mempunyai mesin yang bertugas untuk membantunya untuk berjalan. Di dalam mesin terdapat yang namanya silinder mesin mobil. Jika menginginkan mobil tetap bekerja dengan baik dan maksimal, maka tidak boleh terjadi masalah pada bagian silinder seperti blok silinder ataupun bagian kepala silindernya.

Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan supaya silinder mesin mobil tetap dalam keadaan prima. Meskipun begitu, salah satu hal yang perlu diketahui adalah pada komponen ini masuk dalam kategori penggantian yang lama atau slow moving. Walaupun begitu, pemilik juga perlu menjaganya supaya tidak rusak dengan cepat.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil

Menjaga silinder mesin bisa membuat umurnya lebih awet

Perlakuan Supaya Silinder Mesin Awet

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kondisi silinder mesin:

1. Menghindari Mesin Mengalami Overheat

Jika mesin mobil mengalami overheat maka salah satu bagian yang beresiko rusak adalah silinder mesin mobil. Jadi ketika terasa gejala overheat yang biasanya ditandai dengan suhu yang terlalu tinggi dan terbaca pada indikator, maka disarankan untuk menepi. Setelah itu mesin dimatikan dan tunggu sampai mesin kembali dingin sebelum melanjutkan perjalanan.

>>> Baca Juga, Melirik Kelebihan Mesin 2GD-FTV Pada Mobil Toyota

2. Tidak Lupa Cek Air Radiator Mobil

Dalam proses pendinginan mesin, salah satu yang mendukungnya dengan maksimal adalah air radiator. Apabila berkurang ketika dilakukan pengecekan maka jangan dibiarkan begitu saja. Jika hal tersebut dilakukan maka membuat penurunan pada proses pendinginan mesin mobil.

Gambar ini menunjukkan tabung reservoir untuk air radiator mobil

Air radiator berperan penting dalam mendinginkan mesin mobil

Radiator sendiri terdapat bagian yang perlu dicek yakni tabung reservoir air radiator. Apabila volumenya ternyata berkurang maka perlu dilakukan penambah. Isilah dengan radiator coolant atau cairan yang memang dikhususkan untuk radiator mobil. Hal ini penting karena saat radiator tidak bekerja dengan baik maka pendinginan mesin terganggu dan beresiko silinder mesin ikut terdampak.

3. Memakai Bahan Bakar Terbaik

Adapun hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk menjaga silinder mesinĀ  mobil tetap prima adalah bahan bakar. Pastikan mengandalkan bahan bakar yang optimal, hal ini bukan yang harganya mahal namun yang memiliki oktan sesuai dengan rekomendasi pihak pabrikan mobil. Kepala silinder bisa mengalami detonasi ketika memaksakan menggunakan bahan bakar di bawah oktan yang direkomendasikan secara terus menerus. Bahkan bagian tersebut juga berpotensi mengalami masalah.

Gambar ini menunjukka n petugas SPBU isi bahan bakar mobil

Gunakan bahan bakar rekomendasi pabrikan mobil

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan dalam menjaga kondisi silinder mesin mobil. Jangan lupakan perawatan kendaraan dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi. Dengan begitu mobil akan tetap dalam kondisi prima dan tidak mudah mengalami masalah.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil Keluarga Toyota Paling Terjangkau

    Mobil Keluarga Toyota Paling Terjangkau

    Fatchur Sag

    Untuk keluarga besar mobil Toyota 7 seater adalah pilihan paling pas. Tidak perlu khawatir jika budget terbatas, inilah mobil keluarga Toyota paling terjangkau.

  • Proses Balik Nama Mobil Dan Biayanya di indonesia

    Proses Balik Nama Mobil Dan Biayanya di indonesia

    Fatchur Sag

    Selain menyiapkan dokumen lengkap proses balik nama mobil atau mutasi memerlukan biaya tidak sedikit, baik dilakukan sendiri maupun menggunakan jasa orang lain.

  • Cara Mengatasi Lampu Mobil Berembun

    Cara Mengatasi Lampu Mobil Berembun

    Fatchur Sag

    Lampu mobil berembun bisa menjadi masalah, dari merusak penampilan hingga memperburuk penerangan saat malam hari. Karenanya perlu untuk segera diatasi.

International