Menjaga Kebersihan Sunroof Mobil Toyota Agar Tetap Solid

15/12/2019

Kebersihan sunroof harus selalu diperhatikan agar manfaat sunroof bisa dirasakan secara maksimal. Berikut cara menjaga kebersihan sunroof secara mudah!

Salah satu manfaat sunroof mobil adalah memberikan sensasi berkendara natural seperti di alam bebas. Meski duduk di dalam kendaraan, penumpang bisa menikmati pemandangan langit dengan bintang-bintang yang begitu jelas di malam hari. Dan di siang hari penumpang bisa melihat pemandangan luar kendaraan seperti tanpa penghalang. Beberapa model sunroof hanya menyajikan visual, alias hanya kaca besar tanpa bisa dibuka. Model yang lain sunroof bisa dibuka sehingga mengalirkan udara alam tanpa perantara.

Perlu diketahui Toyota lovers, untuk mendapatkan hasil maksimal dengan bukaan lancar, sunroof maupun panoramic roof membutuhkan perhatian khusus. Misalnya mobil tidak dijemur di bawah terik matahari langsung dalam waktu lama dan terlalu sering, selalu jaga rel tidak kering dengan menyemprotkan cairan penetran, dan cek kondisi sunroof di bengkel resmi.

>>> Menjaga Sunroof Mobil Toyota Selalu Prima? Ini Dia Caranya

Foto sunroof mobil Toyota Prius

Ada sunroof, mobil tampak mewah dan mahal

Menjaga Kebersihan Sunroof

Ada hal lagi yang tidak boleh Anda abaikan yaitu menjaga kebersihan sunroof agar kaca tetap solid dan tidak kusam. Sebab bagaimanapun kerennya mobil dengan sunroof, kalau kacanya kusam jadi tidak menarik. Cara membersihkan sunroof mobil tidak terlalu rumit. Yang penting dilakukan secara rutin dan telaten.

  • Gunakan vacuum cleaner

Sama halnya dengan komponen eksterior yang lain seperti pintu, bodi, dan kaca jendela, bagian atap mobil juga menjadi tempat favorit bersarangnya kotoran dan debu jalanan. Khusus untuk bagian sunroof, bersihkan dulu debu yang menempel menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner. Lakukan penyedotan secara merata hingga ke sela-sela rel untuk memastikan tidak ada debu yang tertinggal.

  • Cuci mobil

Dengan mencuci menggunakan air, bukan hanya debu yang bakal tersapu, tapi juga berbagai kotoran lain seperti kotoran burung dan getah pohon. Jangan gunakan sabun atau cairan pembersih sembarangan seperti pembersih piring, pembersih pakaian atau pembersih lantai. Tapi gunakan sabun khusus kaca.

>>> Malas Ke Bengkel? Coba Mencuci Mesin Mobil Toyota dengan Tips Berikut

Foto mencuci mobil secara otomatis

Mencuci mobil membasahi seluruh bagian eksterior mobil

  • Segera keringkan dengan lap

Terlalu lama basah dan dibiarkan kering sendiri bisa memicu timbulnya jamur pada kaca. Terlebih jika ada sisa-sisa air yang tertinggal di sela-sela rel, selain memicu jamur juga memicu timbulnya karat. Jadi, segera keringkan sunroof menggunakan lap halus (microfiber) setelah selesai mencuci maupun setelah berhujan-hujan.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Baca ulasan mobil terlengkap dan terupdate hanya ada di sini

  • Semprot dengan pembersih kaca

Sama halnya dengan kaca di bagian lain seperti kaca depan, belakang dan jendela kiri kanan, Anda bisa menyemprotkan cairan khusus pembersih kaca pada sunroof lalu bersihkan pakai lap halus (microfiber) agar tetap kinclong.

Itu tadi cara menjaga kebersihan sunroof mobil agar kaca tetap solid. Sekali lagi, fungsi maksimal sunroof tak sekadar tampilannya yang bersih tapi juga proses buka tutupnya yang lancar. Jika Anda merasa ada yang tidak beres seperti bukaan tersendat atau muncul tetesan air ke dalam kabin saat hujan, sebaiknya segera bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan.

>>> Cermat Pilih Cairan Wiper Bisa Jamin VIsibilitas Saat Berkendara Tetap Baik

Foto proses Membersihkan sunroof

Secara berkala kaca sunroof perlu dibersihkan

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International