Meninggalkan Mobil Lebih dari Dua Minggu? Perhatikan Masalah pada Aki

25/11/2019

Musim liburan akhir tahun akan datang. Ketika Anda akan berlibur bersama keluarga, meninggalkan mobil Toyota Anda selama lebih dari dua minggu akan berdampak buruk pada aki. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghindari masalah pada aki ketika lama tak digunakan.

Akhir tahun selalu identik dengan liburan. Namun masalah pun bisa terjadi ketika Anda meninggalkan mobil tergeletak di rumah selama beberapa minggu. Pasalnya, besar indikasi masalah pada aki akan terjadi ketika Anda tidak menghidupkan kendaraan dalam jangka waktu yang lama, misalnya lebih dari dua minggu.

tangan yang sedang melepas aki mobil berwarna putih 
Lepas aki ketika akan meninggalkan mobil lebih dari dua minggu

Idealnya, kendaraan harus sering dipakai agar pengisian aki selalu terjadi. Beberapa masalah pada aki bisa terjadi, salah satunya aki menjadi drop atau soak, saat aki dibiarkan lama terdiam tanpa pernah digunakan. Mobil yang sudah melewati masa dua minggu tanpa pernah digunakan atau dipanaskan akan mempengaruhi kondisi aki.

>>> Ini Rahasianya, Tips Merawat Aki Mobil Langsung Dari Toyota

Dilansir dari Autoguide, melepaskan aki mobil sebelum Anda pergi bisa mencegah uang keluar untuk membeli aki baru. Ketika bepergian lebih dari satu bulan, Anda bisa melepas aki untuk mencegah aki habis karena adanya arus duct current. Arus duct current merupakan peristiwa yang terjadi ketika komponen listirk yang perpasang pada aki menguras daya listrik sedikit demi sedikit.

Dan jika hal tersebut terjadi selama beberapa waktu, arus listrik pada aki akan berkurang sehingga menyebabkan mobil sulit di starter. Hal ini bisa terjadi ketika Anda meninggalkan mobil lebih dari dua minggu tanpa pernah dipakai atau dipanaskan. Bahkan, masalah ini sering terjadi pada aki basah maupun aki kering.

>>> Dapatkan ulasan terlengkap dan ter-update untuk Toyota Kijang Innova di sini

mobil dengan aki yang sudah terlepas
Jika tidak, lepas kabel untuk menghindari masalah pada aki

Untuk menghindari masalah pada aki ketika Anda melepas kabel, Anda harus memastikan kabel tersebut terpasang sehingga tidak menyentuh tanah atau benda beraliran positif lainnya. Direkomendasika untuk mengeluarkan kabel negatif dan membungkusnya. Jika ujung kabel menyentuh terminal negatif atau benda-benda lain di dekatnya, hal tersebut akan membuat percikan api dan bisa menyebabkan kebakaran

>>> Simak juga tips dan trik seputar mobil menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Padli Nurdin
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mengetahui Dokumen Jual Beli Mobil Bekas, Jangan Ada Yang Kurang Ya

    Mengetahui Dokumen Jual Beli Mobil Bekas, Jangan Ada Yang Kurang Ya

    Abdul

    Membeli serta menjual mobil bekas harus dilakukan semuanya dengan cermat agar rencana yang sudah kamu atur berjalan sepenuhnya. Salah satunya berkaitan dengan legalitas atau kelengkapan dokumen jual beli mobil bekas yang dimiliki oleh sebuah mobil.

  • Mengetahui Fitur Toyota Fortuner Generasi Pertama Yang Cukup lengkap Di Zamannya

    Mengetahui Fitur Toyota Fortuner Generasi Pertama Yang Cukup lengkap Di Zamannya

    Abdul

    Toyota Fortuner diperkenalkan pertama kali tahun 2005 oleh PT TAM (Toyota Astra Motor). Yang mana mobil ini masuk dalam kelas big SUV tangguh dan siap dipakai untuk melintasi jalanan segala medan. Nah kali ini kami akan membahas tentang fitur Toyota Fortuner generasi pertama.

  • Mengenal Lebih Banyak Fungsi Dari Kaca Spion Mobil Toyota

    Mengenal Lebih Banyak Fungsi Dari Kaca Spion Mobil Toyota

    Abdul

    Toyota menjadi salah satu produsen mobil yang cukup ternama di Indonesia. Beragam fitur diberikan pada mobilnya untuk mendukung kenyamanan berkendara. Setiap bagian pada mobil mempunyai fungsi masing-masing. Untuk segmen kali ini kami akan membahas mengenai fungsi kaca spion mobil.

International