Mengungkap 7 Cara Untuk Memperpanjangan Umur Aki Avanza

02/09/2021

Ada banyak faktor yang mempengaruhi umur aki mobil pada umumnya dan umur aki Avanza pada khususnya, termasuk kondisi cuaca dan kebiasaan mengemudi. Simaklah 7 cara untuk memperpanjangan umur aki Avanza berikut ini.

Toyota Avanza merupakan mobil 7-seater dengan daya tahan yang super diproduksi oleh Toyota. Avanza memiliki mesin yang bertenaga, kursi yang nyaman, interior yang lengkap, terutama desain bangku belakang lipat yang meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 1424 liter. Saat ini, Toyota Avanza sering digunakan untuk kebutuhan bisnis jasa transportasi atau untuk keluarga dan instansi yang sangat dicintai.

Keunggulan yang paling menonjol dari mobil Avanza ini adalah daya tahannya, konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit dibandingkan mobil lain di sama segmen. Seperti semua mobil lainnya, bagian aki merupakan komponen yang tidak terpisahkan, memastikan pengoperasian sistem kelistrikan kendaraan yang terbaik dan paling stabil.

Seperti produk dan komponen lainnya, aki juga memiliki masa pakai atau umur tertentu (biasanya 2-3 tahun). Jadi berapa umur aki Avanza? Apakah ada cara untuk memperpanjangan umur aki Avanza? Simaklah pembahasan dari Hargatoyota.com di artikel ini. 

Berapa lama umur aki Avanza?

Gambar seorang yang sedang mengecek aki mobil Avanza

Umur aki mobil bisa mencapai 4 tahun jika dipakai dengan benar

  • Umur rata-rata aki mobil 

Setiap jenis aki akan memiliki umur atau daya tahan masing-masing. Biasanya, aki mobil dapat digunakan selama 4 tahun, setara dengan jarak 100.000 km jika digunakan dengan benar. 

Namun ternyata, umur aki mobil seringkali tidak mencapai angka 4 tahun di atas, melainkan memperpendeknya, sekitar 2 hingga 3 tahun karena banyak faktor yang mempengaruhi. Ketika baterai rusak atau akhir masa pakainya, Anda perlu mencari tempat yang bereputasi baik untuk menggantinya.

Jadi sama dengan aki pada umumnya, umur aki Avanza itu juga 4 tahun atau bisa lebih pendek tergantung pada kebiasaan memakai mobil dari Anda.

  • Tanggal kedaluwarsa beberapa jenis aki mobil

Selanjutnya Hargatoyota.com dengan senang hati akan perkenalkan umur beberapa merek aki mobil yang terkenal dan banyak dipakai saat ini. 

  • Aki  Rocket: jenis aki ini berumur rata-rata 2 hingga 3 tahun, yang disukai dan banyak digunakan oleh banyak pengemudi saat ini.
  • Aki Panasonic: Umur rata-rata itu 2 sampai 3 tahun.
  • Aki Delkor: Mobil ini berumur paling tinggi itu mencapai 3 sampai 4 tahun.

>>> Ingin Beli Aki Mobil Toyota Avanza, Ini Pilihan Dan Harganya

2. Faktor-faktor yang menentukan umur aki Avanza

Aki mobil dianggap sebagai bagian pengisian daya untuk bagian lain dari mobil seperti radio, lampu, AC dan paling khusus digunakan untuk menghidupkan mobil. Perawatan aki itu berdampak besar pada masa pakai aki atau umurnya. Faktor-faktor berikut akan secara langsung mempengaruhi masa pakai aki mobil pada umumnya dan umur aki Avanza pada khususnya.

  • Cuaca

Masalah berapa lama  aki mobil bertahan secara langsung dipengaruhi oleh kondisi cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin. Saat beroperasi dalam kondisi buruk ini, komposisi kimia dalam baterai berubah, menyebabkan kerusakan dan output daya akan lebih lemah dari biasanya.

Gambar seorang yang sedang cek kenapa aki Avanza panas

Kondisi cuaca panas atau dingin mempengaruhi umur  aki Avanza

Untuk mencegahnya, gunakan sarung cover mobil untuk menutupi mobil saat harus diparkir di tempat bersinar. Ini membantu mencegah suhu di kompartemen mesin tidak naik terlalu tinggi, melindungi pengoperasian aki serta komponen mesin lainnya dan membatasi warna kendaraan yang memudar.

  • Kebiasaan penggunaan mobil

Kebiasaan menggunakan mobil sangat menentukan umur aki Avanza. Oleh karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati dan berhati-hati saat menggunakan mobil. Setelah meninggalkan mobil, sebaiknya matikan semua sistem pakai listrik seperti lampu, AC, suara... agar tidak cepat habis listrik di aki.

Sering berkendara untuk jarak dekat, mematikan mesin lalu menghidupkan kembali sering kali menyebabkan aki tidak cukup listrik, dalam jangka panjang akan mengurangi umur aki Avanza. Selain itu, jika Anda tidak mengoperasikan mobil dalam waktu lama, aki akan kehilangan daya, menyebabkan mobil tidak dapat dihidupkan.

Jangan lupa cek kondisi aki teratur

Kebiasaan menggunakan mobil itu akan  menentukan berapa lama aki mobil akan bertahan

Jika Anda seorang penggila modif mobil, Anda perlu memperhatikan untuk tidak mengurangi masa pakai aki. Saat memasang terlalu banyak perangkat elektronik, lampu... tanpa timbangkan dengan teliti, banyak alat yang pakai listrik akan  menyebabkan aki cepat kehabisan daya, merusak aki, bahkan merusak sistem kelistrikan mobil.

>>> Aki Mobil Toyota Panas Dan Berbau, Begini Cara Mengatasinya

3. 7 cara meningkatkan umur aki mobil Avanza

Memilih aki pengganti yang tepat

Cara pertama dalam memperpanjang umur aki mobil Avanza itu mulai dari memilih akinya. Setelah habis masa pakai atau saat rusak, aki mobil perlu segera diganti. Pada titik ini, Anda harus memilih akibaru yang sesuai agar aki dapat beroperasi secara stabil dan kendaraan dapat beroperasi dengan aman.

Pertama, aki yang baru dipilih harus ada spesifikasi yang benar atau setara dengan aki lama agar sesuai dengan desain teknis kendaraan. Beberapa parameter pada aki harus disebutkan seperti kapasitas, tegangan, arus start... Aki juga perlu dipilih dengan ukuran yang sesuai, membatasi perbedaan untuk menghindari tabrakan saat kendaraan beroperasi.

Soeorang mekanik yang sedang cek kondisi aki mobil

Pilih aki yang benar adalah cara terbaik untuk memperpanjang umur aki Avanza 

Toyota Avanza menggunakan aki 33Ah (tiang kecil R), aki pengganti 38Ah-40Ah (bisa menggantikan tiang L).

Beberapa aki pengganti yang cocok:

  • Aki Varta 38Ah 42B20L
  • Aki Varta 40Ah 54087 (DF40)
  • Aki CENE 40Ah DF40AL

Jangan meninggalkan mobil di bawah sinar matahari langsung terlalu lama

Parkir mobil di tempat bersinar akan berpengaruh tentang umur aki Avanza

Pakai sarung mobil saat parkir mobil di tempat bersinar 

Seperti disebutkan, kondisi cuaca adalah salah satu faktor yang mempengaruhi masa pakai aki mobil Avanza. Agar aki dapat beroperasi dengan stabil dan memperpanjang umur aki Avanza, sebaiknya jangan terlalu lama meninggalkan mobil di bawah sinar matahari langsung. Pakai sarung mobil untuk menutupi mobil saat parkir di bawah sinar matahari adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Bersihkan 2 kutub aki Avanza secara teratur

Bersihkan 2 kutub aki adalah salah satu cara untuk memperpanjang umur aki Avanza

2 kutub aki Avanza adalah tempat yang mudah berkarat dan korosif jadi perlu bersihkan secara teratur

Kedua kutub aki sangat mudah karat dan korosi karena di sinilah tempat aki mensuplai daya ke luar. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan area ini secara rutin dengan menggunakan sikat bulu yang dicelupkan ke dalam larutan soda atau air panas untuk membersihkannya. Ini akan membantu aki Avanza beroperasi secara stabil dan memperpanjang umur aki Avanza.

Hidupkan mesin minimal 1 kali seminggu jika gak sering digunakan

Gambar seorang yang sedang hidupkan mesin mobil biar tidak menurun umur aki Avanza

Sering hidupkan mobil Avanza setidaknya 1 kali seminggu jika tidak digunakan

Ketika mobil Avanza tidak digunakan secara teratur, alki tidak akan terisi dan akan kehilangan kemampuannya untuk mengisi daya. Oleh karena itu, Anda perlu menghidupkan mesin setidaknya seminggu sekali untuk mengisi aki, menghindari tingkat daya di aki habis dan tidak dapat hidupkan mesin.

Selain itu, hal ini juga membantu mesin Avanza serta bagian-bagian mesin tidak “beristirahat” terlalu lama, meningkatkan kekuatan mesin dan meningkatkan umur aki mobil Avanza. Saat menyalakan mobil, sebaiknya matikan semua peralatan memakai listrik dan biarkan mobil meledak terus menerus selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.

Bersihkan bagian mesin Avanza secara berkala

Membersihkan bagian mesin mobil Avanza secara berkala adalah sesuatu yang tidak dapat Anda lewatkan untuk meningkatkan umur aki Avanza. Saat membersihkan debu di ruang mesin, proses karat pada peralatan dan komponen akan melambat. Idealnya, Anda membawa mobil Avanza ke bengkel untuk pembersihan berkala, baik pembersihan mobil, maupun pengecekan untuk mendeteksi kesalahan sejak dini untuk memperbaiki yang tepat waktu.

Perawatan mobil Avanza secara berkala

Aki dapat membocorkan listrik, menyebabkan hilangnya daya ke luar setelah beberapa saat digunakan, sehingga mengurangi masa pakai aki Avanza. Oleh karena itu, sebaiknya Anda lakukan perawatan mobil secara rutin sebulan sekali untuk membantu mobil serta peralatan seperti aki agar bekerja lebih baik.

Seorang yang sedang cek kondisi aki mobil Avanza

Perawatan mobil rutin sebulan sekali membantu mendeteksi dan menangani masalah sejak dini

Perawatan Avanza ini akan membantu mendeteksi sejak dini masalah yang dialami aki Avanza seperti kebocoran listrik, kutub terkorosi, elektrolit terkuras, konduktivitas listrik yang buruk... Dari sana, Anda dapat menemukan solusi untuk mengatasinya atau penggantian tepat waktu.

Jangan modif terlalu banyak perangkat

Satu unit mobil Avanza setelah modif dengan banyak peralatan yang memakan listrik jadi dapat menurunkan umur aki Avanza

Terlalu banyak perangkat beban untuk mobil Avanza akan menyebabkan daya listrik menjadi overload

Terlalu banyak perangkat beban untuk mobil Avanza akan menyebabkan daya listrik menjadi kelebihan atau overload. Oleh karena itu, ketika terlalu banyak perangkat seperti lampu, speaker, radio, dll, listrik di aki cepat habis dan membutuhkan lebih banyak pengisian daya. Hal ini menyebabkan aki cepat rusak dan memperpendek umur aki Avanza.

Di atas adalah jawaban untuk pertanyaan berapa umur aki Avanza dan 7 cara memperpanjang umurnya. Semoga tips dan trik yang tadi Hargatoyota.com bagikan dapat membantu Anda dalam menggunakan aki Avanza dengan lebih baik, membantu masa pakai aki mobil Avanza menjadi lebih lama.

Doris Elisa
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International