Mengetahui Teknik Menggunakan Rem Mobil Tanpa ABS

17/04/2020

Pada saat melihat mobil Toyota saat ini tentunya akan menemukan sistem pengereman ABS yang menjadi standarnya. Dengan begitu bukan berarti Sobat tidak perlu mengetahui mengenai cara menggunakan rem mobil tanpa ABS.

Meskipun sekarang mobil sudah ada teknologi ABS, namun pada mobil Toyota keluaran lama belum diberikan. Sehingga bukan tidak mungkin Sobat akan dihadapkan untuk menggunakannya karena suatu alasan tertentu. Dengan begitu, mengetahui cara menggunakan rem mobil tanpa ABS bisa menjadi salah satu faktor ilmu buat Sobat untuk berjaga-jaga.

Gambar ini menunjukkan mobil melaju melewati genangan air di jalan

Sistem pengereman ABS mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan

>>> Mobil Toyota Dibekali Lampu Rem Ketiga, Apa Fungsinya?

Adapun fungsi dari sistem pengereman adalah mengurangi laju mobil. Tugas tersebut bukan merupakan satu hal yang rungan karena terdapat bobot kendaraan dan juga kecepatan mobil saat melaju. Bahkan jika sistem pengereman bermasalah bisa menyebabkan resiko terjadi kecelakaan.

Fungsi Sistem Pengereman ABS

Sebelumnya sistem pengereman masih biasa, namun seiring berjalannya waktu maka teknologi semakin berkembang. Hasilnya teknologi ABS (Anti-lock Braking System) bisa disematkan pada kendaraan. ABS tidak hanya dapat membantu pengereman saja, namun pengereman darurat juga dapat dilakukan dengan lebih mudah

Selain itu jarak pengeremannya juga bisa direduksi dan mobil dapat dikendalikan. Tidak hanya itu saja, pemberian teknologi ABS pada sistem pengereman juga dapat menghindari resiko ban mobil terkunci, tergelincir karena mengerem di jalan licin ataupun ketika menabrak kendaraan lain di depan.

Hanya saja untuk kendaraan yang melaju di jalanan saat ini, tidak semuanya memiliki teknologi pengereman tersebut terutama pada mobil keluaran lama. Akan tetapi hal tersebut bukanlah masalah, terdapat beberapa trik menggunakan rem tanpa ABS yang bisa dilakukan sehingga meningkatkan keselamatan berkendara.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi sistem pengereman ABS

ABS sekarang sudah menjadi standar pada sistem pengereman mobil

>>> Baca Juga, Waspada! Ini Tanda-Tanda Rem Mobil Toyota Butuh Perbaikan Yang Perlu Diketahui

Teknik Rem Tanpa ABS

Apabila mengetahui teknik dalam menggunakan rem mobil tanpa ABS, maka meskipun mobil tanpa ABS bisa menghentikan laju mobil dengan baik. Dengan begitu keamanan jadi meningkat baik bagi diri sendiri dan juga pengendara lain.

Berikut ini beberapa teknik dalam pengereman tanpa menggunakan ABS :

1. Threshold

Untuk teknik pertama ini adalah dengan cara pedal rem ditahan ketika ditekan sekitar 90% atau terasa mengambang. Hal tersebut dilakukan supaya ban mobil tetap dapat dibelokkan dan menjaga supaya tidak sampai terkunci.

2. Stab

Untuk teknik ini bisa dibilang dengan mengocok pedal. Jadi pedal rem dimainkan dengan cara menekan dan melepasnya secara berulang-ulang. Teknik stab perlu melakukannya dengan cepat dalam membuat kecepatan mobil menurun. Dengan memakai teknik ini maka resiko ban mengunci dapat dicegah, meskipun tidak seakurat dengan ABS tapi masih dapat dikendalikan.

3. Squeeze

Teknik yang terakhir adalah squeeze, untuk penerapannya mirip dengan teknik stab. Hanya saja saja saat menekan dan melepas pedal rem mobi dilakukan secara perlahan. Kalau  teknik stab perlu mengocok pedal dengan cepat.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan 3 buah pedal meliputi pedal gas, rem dan kopling

Teknik pengereman tanpa ABS perlu dipelajari untuk kondisi darurat

Disarankan sebelum melakukan beberapa teknik di atas untuk belajar terlebih dahulu dengan pendamping atau instruktur safety driving. Jadi untuk keamanan bisa mengajak teman atau saudara yang sudah ahli mengendalikan mobil. Mengingat Sobat perlu menguasai tekniknya dan juga mengendalikan emosi saat berkendara.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai teknik menggunakan rem mobil tanpa ABS. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International