Mengetahui Tanda-Tanda Kerusakan ECU Pada Mobil Toyota

29/01/2019

Mobil matic banyak disukai banyak orang terutama bagi perempuan. Hal tersebut dikarenakan beberapa kemudahan yang ditawarkan dalam pengoperasiannya. Terdapat komponen ECU (Engine Control Unit) pada mobil matic Toyota. Bagian ini juga bisa saja mengalami kerusakan, oleh sebab itu pemilik diharapkan mengetahui tanda-tanda kerusakan ECU pada mobil Toyota.

Ecu pada mobil Toyota sering juga disebut dengan nama ECM (Engine Control Module). Bagian ini merupakan sebuah komputer yang mempunyai fungsi untuk mengontrol dan juga mengatur kinerja mesin kendaraan. Untuk cara kerjanya mengandalkan sensor yang ditempatkan pada bagian mesin mobil. Tanda-tanda kerusakan ECU pada mobil Toyota perlu diketahui, supaya dapat segera dilakukan perbaikan saat terjadi masalah.

Gambar ini menunjukkan logo mobil Toyota dengan aksen warna krom, hitam dan biru

Toyota merupakan pabrikan asal Jepang yang telah dipercaya di Indonesia

Biasanya komponen ECU terdapat pada mobil dengan jenis mesin EFI atau yang sering disebut dengan injeksi. Kalau letak dan juga bentuknya berbeda antara satu mobil dengan yang lain. Akan tetapi kebanyakan kendaraan yang diproduksi oleh pabrikan Jepang letak ECU ada di bagian dashboard sebelah kiri bawah. Dari segi bentuk adalah persegi panjang yang didalamnya terdapat  software komputer dan juga rangkaian elektronik.

Adapun fungsi dari ECU pada mobil Toyota adalah untuk mengatur campuran antara udara dan bahan bakar di ruang bakar sehingga pembakaran yang terjadi dapat sesuai kebutuhan. Selain hal tersebut, tugas dari ECU adalah mengatur pengapian, mengatur kinerja dari AC mobil, mengatur putaran mesin ketika sedang stasioner. Jadi pengontrolan yang terjadi secara menyeluruh dan  juga digunakan sebagai pendeteksi saat terjadi kerusakan pada komponen kendaraan.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

Untuk tanda-tanda kerusakan ECU pada mobil Toyota, yang pertama adalah saat menghidupkan mesin mobil akan terasa susah dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Gambar ini menunjukkan ECU mobil Toyota dalam keadaan tidak terpasang dan terdapat penjelasan di atas kertas

ECU biasanya terdapat pada mobil dengan jenis EFI atau mobil matic

>>> Lihat juga, Mengetahui Masalah Transmisi CVT Pada Mobil Toyota Beserta fungsinya

Tanda selanjutnya adalah mesin tidak dapat stasioner atau mesin terasa tersendat-sendat yang berakibat mesin menjadi kekurangan tenaga saat digunakan. Bahkan saat mengalami masalah tersebut dapat membuat lampu check engine jadi menyala terus atau kadang malah mati secara total. Akan tetapi jika masalah tersebut belum meyakinkan pemilik mengenai kerusakan pada ECU, sebaiknya dibawa ke bengkel resmi Toyota untuk segera dilakukan pengecekan  supaya diketahui apa masalahnya.

Umumnya penyebab kerusakan ECU pada mobil Toyota dikarenakan oleh faktor usia yang tergolong lama atau telah menempuh kilometer yang cukup jauh. Selain itu, ada penyebab lain yang juga bisa terjadi yakni ada komponen elektronik yang berada di dalamnya terbakar.

>>> Baca Juga, Ingin Tahu Masalah Transmisi Mobil Matic, Ini Gejalanya Yang Kerap Terjadi!

Untuk meminimalisir masalah tersebut dan tetap dalam tahan lama dapat dilakukan dengan memperhatikan servis secara berkala agar segera diketahui apabila ada masalah kecil dan dapat segera diperbaiki sebelum menjadi besar. Sobat juga bisa membawanya ke bengkel resmi Toyota untuk dilakukan pengecekan. Apalagi mekanik yang dimiliki terbilang cukup handal, profesional dan sudah terpercaya.

Gambar ini menunjukkan rangkaian yang terdapat pada ECU pada mobil Toyota

Isi dari ECU mobil adalah rangkaian elektronik dan software komputer

Sebenarnya dalam melakukan perawatan ECU mobil tidak terlalu sulit. Pemilik diharapkan untuk menjaga kondisi sistem kelistrikan pada mobilnya. Ditambah lagi pada pemasangan aksesoris tidak perlu menambah terlalu berlebihan, terutama aksesoris yang membutuhkan sumber listrik pada kinerjanya. Dengan memperhatikan hal ini, tentu kondisi ECU pada mobil Toyota akan lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masalah tanda-tanda kerusakan ECU pada mobil Toyota. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Kenali Fungsi Cruise Control Pada Mobil Toyota

    Kenali Fungsi Cruise Control Pada Mobil Toyota

    Franky Pratama

    Cara menggunakan Cruise Control Toyota terbilang mudah, Anda hanya perlu memahami setiap fungsi dari tuasnya. Jika boleh jujur, fitur satu ini hanya dimiliki oleh mobil Toyota yang memiliki harga menengah ke atas loh sobat. Nah, di artikel kali ini, HargaToyota.com akan membahas segala hal terkait fungsi Cruise Control.

  • Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Franky Pratama

    Dewasa ini, plat nomor mobil atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) bukan saja sebagai identitas kendaraan namun juga mampu menyiratkan kesuksesan dari pemiliknya. Ya, memang seperti itu kenyataannya. Di Indonesia misalnya, kita mengenalnya dengan sebutan ‘plat nomor cantik’ yang notabene harus membutuhkan biaya tambahan daripada plat nomor pada umumnya. Ingin tahu tarifnya? Berikut biaya memasang plat nomor cantik

  • Tips Modifikasi untuk Membuat Toyota Sienta Anda Semakin Garang dan Sporty

    Tips Modifikasi untuk Membuat Toyota Sienta Anda Semakin Garang dan Sporty

    Padli Nurdin

    Toyota Sienta adalah salah satu Multi-Purpose Vehicle (MPV) dengan tampilan khusus keluarga dan pengendaraan sehari-hari. Namun ada beberapa tips yang bisa Anda berikan untuk memberikan MPV ini tampilan yang lebih gahar dan menarik.