Mengetahui Penyebab Harga Mobil Bekas Turun Supaya Tetap Terjaga

20/07/2020

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini adalah waktu yang tepat membeli mobil bekas.Pasalnya, harga mobil bekas turun hingga 30 juta rupiah. Bahkan ada penjual yang mengklaim bahwa membeli mobil di kondisi sekarang bisa untung.

Sedikitnya permintaan terhadap mobil bekas jadi salah satu penyebab, buntutnya para penjual mau tak mau harus mengkorting harga yang cukup besar agar mobilnya keluar dari showroom. Salah satunya dengan menurunkan harga hingga di angka 30 juta rupiah. Lalu, sebenarnya hal umum apa saja yang membuat mobil bekas jadi turun harga? Berikut Penyebab harga mobil bekas turun  seperti mobilmo kutip dari beberapa sumber.

Penyebab Harga Mobil Bekas Turun

1. Jarak Tempuh

Jarak tempuh merupakan indikator utama yang membuat nilai sebuah mobil turun. Semakin banyak angka jarak yang ditempuh semakin mobil tersebut mengalami penyusutan harga.

Gambar ini menunjukkan odometer pada mobil

Jarak tempuh kendaraan yang telah dicapai bisa mempengaruhi harga jual mobil bekas

2. Goresan Dan Penyok

Goresan dan penyok merupakan indikasi mobil bekas selanjutnya yang menjadikan harganya turun. Apabila memiliki penyok dan goresan, segera perbaiki supaya harganya tidak jatuh banget.

>>> Baca Juga, Mengetahui Dokumen Jual Beli Mobil Bekas, Jangan Ada Yang Kurang Ya

3. Kunci Cadangan

Setiap mobil umumnya menggunakan kunci saat menyalakan mesin atau membuka pintu. Nah, kunci yang masih memiliki cadangan umumnya dihargai lebih baik daripada tidak memiliki cadangan sama sekali.

 

Gambar ini menunjukkan beberapa kunci mobil dengan desain berbeda

Kunci tambahan menambah nilai harga jual

>>>  Baca Juga, Alasan Mobil Bekas Toyota Memiliki Harga Jual Tinggi, Pemilik Juga Berperan

4. Dokumen

Setiap penjualan kendaraan bermotor seperti mobil wajib disertakan dengan berkas-berkas mulai dari STNK hingga BPKB. Jika salah satu berkas saja hilang, maka mobil akan lebih murah bahkan orang lain ogah membelinya karena dianggap bodong.

5. Kondisi Roda

Bagian bawah mobil juga perlu dicek seperti roda. Pastikan bahwa alat yang langsung berhubungan dengan aspal ini berfungsi secara baik.

6. Tak Laku-Laku

Penyebab harga mobil bekas turun selanjutnya adalah tidak laku-laku. Mobil yang sudah lama dijual alias tidak laku-laku tentunya akan mengalami penurunan  harga yang signifikan. Hal tersebut malah akan membuat konsumen jadi semakin ragu membelinya.

7. Perbaikan Di Tempat Yang Tidak Resmi

Sebaiknya memarkir mobil di bengkel resmi karena akan dikerjakan oleh ahlinya dan menggunakan suku cadang komponen yang original. Sangat berisiko jika membawanya ke bengkel medioker karena akan berdampak pada harga jual mobil bekas.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan dua  mobil dengan kap mesin terbuka

Usahakan servis mobil di bengkel resmi

8. Lampu Peringatan

Lampu peringatan merupakan indikasi mobil tersebut sedang baik-baik saja dan sebaliknya. Biasanya lampu-lampu ini terletak di instrument panel.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

9. Komponen Yang Rusak

Ketika mobil mau dijual, segera cek peralatan dan perlengkapan mobil seperti ban cadangan, kunci-kunci hingga dongkrak.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota di servis di bengkel resmi

Servis mobil berkala jaga kondisi mobil tetap prima

10. Hilang Riwayat Aftersales

Kehilangan buku servis setelah pembelian merupakan momok, karena harga mobil bisa jadi terjun bebas saat dijual kembali. Ada baiknya buku servis dicatat dan disimpan dengan baik.

Itulah artikel Penyebab harga mobil bekas turun. Kamu sendiri, lebih tertarik membeli mobil baru atau bekas? Apapun itu, mobil bekas bisa jadi pilihan terbaik saat ini.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International