Mengetahui Penyebab AC Mobil Bau Agar Dapat Segera Ditangani

07/10/2020

Terdapat beberapa penyebab AC mobil bau yang perlu diketahui supaya saat mengalami masalah tersebut dapat diatasi dengan baik. Karena saat hal tersebut terjadi maka kenyamanan di dalam kabin mobil dapat terganggu.

Bagi pengemudi dan penumpang, AC merupakan komponen penting selama perjalanan. Apalagi saat kondisi sedang panas, kinerjanya akan sangat dibutuhkan untuk membuat perjalanan jadi lebih nyaman. Namun saat udara AC yang dihembuskan muncul bau yang tidak sedap maka akan sangat mengganggu selama perjalanan. Oleh sebab itulah perlu diketahui penyebab AC mobil bau untuk bisa ditangani dengan lebih cepat.

Bahkan beberapa hal dilakukan untuk memberikan kenyamanan di dalam kabin, salah satunya memasang pewangi di depan AC. Meskipun diberikan pewangi namun bisa saja muncul masalah bau pada hembusan udara dari AC. Lantas apa penyebabnya? Berikut informasinya dilansir dari laman Auto2000.

1. Bagian Evaporator Mengalami Kebocoran Atau Kotor

Gambar ini menunjukkan Evaporator AC mobil

Saat evaporator AC kotar bisa dibersihkan atau menggantinya dengan yang baru

>>> Jangan Menyalakan AC Saat Pertama Kali Mesin Dihidupkan, Kenapa?

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab AC mobil bau adalah adanya kebocoran dan juga berlendir pada bagian evaporator. Bagian tersebut merupakan salah satu yang mendukung kinerja dari AC, bila dalam keadaan kotor beresiko tumbuh jamur dan juga bakteri.

Apabila bakteri dan jamur bertambah semakin banyak maka tinggal menunggu waktu saja udara yang dijembuskan oleh AC jadi bau. Terdapat ciri khas bau yang muncul ketika mengalami hal tersebut yakni bau tidak sedap dan bau asam.

Selain hal tersebut, evaporator juga bisa terjadi kebocoran yang dapat menimbulkan bau. Hanya saja bau yang muncul saat mengalaminya adalah bau freon. Untuk bau yang muncul akan semakin terasa tergantung freon yang masih tersisa dan besar kebocoran yang terjadi.

2. Asap Rokok

Bagi Sobat yang perokok disarankan untuk tidak merokok di dalam kabin mobil. Hal tersebut karena bau rokok bisa saja tertinggal di kabin dan menempel pada jok, dashboard, plafon dan lainnya di kabin mobil. Selain muncul bau, proses pembersihannya juga tergolong sulit. Bagi Sobat yang merokok di dalam kabin mobil, sebaiknya pastikan AC mobil dalam kondisi mati dan buka jendela mobil agar asap bisa keluar.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan pengemudi sedang merokok di mobil

Jika merokok jangan nyalakan AC mobil dan bukalah jendela mobil

>>>  Baca Juga, 4 Tips Merawat AC Mobil, Mudah Dan Dijamin Lebih Awet

3. Pewangi Dengan Kualitas Rendah

Banyak pengendara yang memasangkan pewangi pada mobilnya seperti pada bagian AC mobil. Tujuannya adalah untuk membuat kenyamanan di kabin mobil bertambah. Namun bila kualitas yang dimiliki kurang baik atau terlalu rendah, kadang malah memunculkan bau yang tidak sedap.

Jadi kadar alkohol yang dimiliki tinggi bisa membuat bau asam muncul. Oleh sebab itulah saat membeli pewangi sebaiknya memperhatikan kualitas dan kadar alkohol yang dimiliki. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab AC mobil bau  yang perlu diperhatikan.

4. Ventilasi Pada Jendela Mobil Kurang Baik

Jadi di dalam mobil pastinya pernah mencium bau sampah atau asap knalpot ketika berkendara. Hal tersebut bisa muncul saat dekat dengan truk atau mobil dengan asap knalpot yang pekat. Saat melintasi lingkungan yang kotor atau dekat dengan tempat pembuangan sampah juga dapat merasakan bau yang tak sedap. Jika mempunyai ventilasi jendela yang baik maka hal tersebut dapat dihindari. Apabila muncul bau di dalam kabin karena beberapa hal di atas, maka bisa mengecek mobil di bengkel bila sebelumnya tidak pernah mengalaminya.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan seorang wanita menutup hidungnya di mobil

Bau tidak sedap mengganggu kenyamanan berkendara

​​​​​​​5. Terdapat Bangkai Binatang

Adapun penyebab AC mobil bau selanjutnya adalah terdapat bangkai binatang di dalam mobil seperti cicak, kecoa dan binatang lain yang mati di dalam mobil tanpa diketahui. Jadi ketika binatang mati akan menjadi bangkai dan bila tidak diketahui lama kelamaan akan muncul bau tidak sedap yang membuat udara dari AC mobil bau.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Beberapa Alasan Pilih Toyota Hiace Jadi Mobil Travel

    Beberapa Alasan Pilih Toyota Hiace Jadi Mobil Travel

    Abdul

    Terdapat beberapa alasan pilih Toyota jadi mobil travel. Salah satunya adalah kabin yang lega dan dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan. Daya tampung penumpangnya juga cukup banyak sehingga menjadikan mobil ini banyak diminati.

  • Begini Cara Kerja Mobil Hybrid Toyota, Lebih Mudah Dengan Banyak Kelebihan

    Begini Cara Kerja Mobil Hybrid Toyota, Lebih Mudah Dengan Banyak Kelebihan

    Abdul

    Beragam jenis mobil ditawarkan di pasaran, dari mulai MPV, SUV dan lainnya. Bahkan dari segi mesin ada pilihan diesel, bensin dan juga motor listrik. Nah kali ini kami akan membahas mengenai cara kerja mobil hybrid Toyota.

  • Beberapa Tips Membeli Mobil Toyota Dengan Cermat

    Beberapa Tips Membeli Mobil Toyota Dengan Cermat

    Abdul

    Bagi Sobat semua, membeli mobil Toyota menjadi salah satu hal yang dapat dipilih ketika menginginkan sebuah kendaran. Dari segi sejarah, Toyota sudah mempunyai nama yang harum dan terkenal akan ketangguhannya dan banyak diminati baik di kalangan menengah ke bawah ataupun menengah ke atas.

International