Mengetahui Mekanisme Power Window Pada Mobil Toyota Yang Perlu Diketahui

01/01/2019

Mobil merupakan tunggangan yang nyaman dan banyak diminati oleh semua elemen masyarakat. Apalagi saat ingin menempuh perjalanan jauh, tentu kendaraan jenis ini yang paling banyak digunakan. Bahkan yang tidak memilikinya memilih untuk menyewa di penyedia jasa sewa mobil. Terdapat banyak fitur di dalam mobil yang mendukung kenyamanan dan keamanan, salah satunya adalah power window. Nah kali ini akan diberikan informasi mengenai mekanisme power window pada mobil Toyota.

Pastinya banyak yang sudah mengetahuinya bahwa dengan adanya power window jendela bisa naik dan turun hanya dengan menekan tombol saja. Hal tersebut dikarenakan adanya mekanisme power window pada mobil Toyota.

Kadang jendela berhenti naik  seperti pada power window dengan fitur automatic-up. Apakah hal tersebut berarti ada gangguan? Alangkah baiknya mari kita belajar bersama mengenai power window pada mobil Toyota.

Gambar ini menunjukkan beberapa tombol power window pada mobil

Fitur power window pada mobil memberikan kemudahan pada pengendara saat membuka tutup jendela

Dimulai dengan mekanisme yang terdapat pada power window yakni lifting mekanisme. Perlu diketahui bahwa bagian ini adalah salah satu yang menjadi jantung dari power window. Kebanyakan mobil mempunyai jendela angkat yang memakai sambungan dengan penataan yang benar-benar rapi. Tujuannya adalah untuk mengangkat kaca pada jendela mobil namun dibarengi dengan menjaga tingkat kenaikannya.

Selain itu adapula worm gear atau jenis roda gigi yang jumlahnya lebih dari satu atau lebih. Bagian ini merupakan mesin penggerak dengan tenaga listrik kecil. Untuk bentuknya sendiri seperti sekrup, ditambah lagi ada beberapa gigi spur lainnya yang berguna untuk mengurangi gigi besar. Sehingga dengan beberapa material komponen tersebut dapat mengangkat jendela dengan torsi yang cukup.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Perlu diketahui pada mekanisme power window pada mobil Toyota, bahwa untuk power window ini tidak bisa dibuka dengan paksa. Bagian gigi cacing yang terdapat dalam mekanisme penggerak yang mengambil alih bagian ini. Selain itu, banyak roda gigi cacing yang juga mempunyai fitur self-locking. Hal tersebut dikarenakan sudut dari kontak antara gigi dan worm. Jadi kinerja dari worm bisa untuk memutar gigi, akan tetapi untuk gigi tidak dapat digunakan untuk memutar worm. Dengan gesekan yang terjadi antara geligi menjadikan gigi mengalami peningkatan.

Gambar ini menunjukkan seseorang berbaju merah sedang membongkar power window pada pintu mobil

Terdapat mekanisme yang bekerja pada power window sehingga dapat bekerja dengan semestinya

>>> Lihat Juga, Pintu Mobil Sulit Ditutup, Ini Penyebab Dan Cara Mencegahnya

Selain itu pada power window terdapat sambungan yang mempunyai lengan panjang. Untuk tempatnya melekat pada sebuah bar yang bertugas memegang bagian jendela bawah. Ujung lengannya bisa meluncur pada alur bar ketika jendela sedang naik. Selain itu pada ujung lain dari bar terdapat piring besar yang juga mempunyai gigi-gigi yang terletak di dalamnya. Pada gigi-gigi tersebut digerakkan oleh mesin tenaga penggerak.

Pada jendela manual juga sering memakai sambungan yang sama seperti pada power window automatic. Hanya saja untuk menggerakkannya tidak memakai mesin tapi menggunakan handle yang lokasinya berada di pintu bagian dalam. Untuk mengoperasikannya perlu memakai tenaga, berbeda dengan yang sudah automatic hanya menekan tombol saja.

Selain mengetahui mekanisme power window pada mobil Toyota, melakukan perawatan juga sangatlah diperlukan. Untuk langkah paling sederhana adalah dengan menjaga kebersihan pada karet rel kaca mobil atau beludru. Jika terdapat debu yang menempel bisa membuat kinerjanya terganggu dan menjadi macet saat dioperasikan. Apabila bagian ini dirasa kotor maka segera dilakukan pembersihan.

>>> Baca Juga, Beberapa Solusi Untuk Pintu Belakang Toyota Avanza Yang Berisik

Gambar ini menunjukkan mekanisme power window yang sedang diperbaiki dengan tangan

Perawatan power window juga diperlukan supaya kondisinya tetap prima

Untuk caranya sendiri bisa menggunakan shampo yang dioleskan pada sekitar beludru. Setelah itu gerakkan kaca mobil naik turun sampai shampo merata. Sangat tidak disarankan menggunakan oli ataupun minyak. Jika dipaksa memakainya bisa menjadikan karet getas, bahkan debu malah mudah menempel pada rel.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masalah mekanisme power window pada mobil Toyota. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ketahui Rahasia Kenyamanan Kaki-Kaki Toyota New Avanza & New Veloz 2019

    Ketahui Rahasia Kenyamanan Kaki-Kaki Toyota New Avanza & New Veloz 2019

    Abdul

    Baru-baru ini telah gempar peluncuran beberapa mobil baru di pasaran otomotif Indonesia, diantaranya adalah besutan Toyota yakni New Avanza dan New Veloz. Pasalnya mobil tersebut telah dilakukan pembaharuan sehingga mempunyai kenyamanan yang lebih. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai rahasia kenyamanan kaki-kaki Toyota New Avanza & New Veloz 2019.

  • Inilah Fungsi Fitur Follow Me Home Light Pada Toyota New Avanza & New Veloz 2019

    Inilah Fungsi Fitur Follow Me Home Light Pada Toyota New Avanza & New Veloz 2019

    Abdul

    Mobil terbaru yang baru saja diluncurkan adalah Toyota New Avanza dan juga New Veloz 2019. Yang mana mobil tersebut menarik perhatian banyak orang karena didesain baru dan tampilannya lebih sporty. Saat melihat bagian depan akan tampak jelas perubahan yang dilakukan oleh pihak Toyota. Bahkan di bagian fiturnya juga terdapat upgrade, salah satunya adalah fitur Follow Me Home Light.

  • Mengenal Varian Toyota New Avanza 2019

    Mengenal Varian Toyota New Avanza 2019

    Abdul

    Pada awal tahun 2019 ini para pecinta otomotif dikejutkan dengan hadirnya mobil besutan Toyota yakni New Avanza. Hadirnya mobil ini dibarengi dengan New Veloz dan juga Daihatsu Grand New Xenia. Kali ini kami akan membahas mengenai varian Toyota New Avanza 2019.