Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

19/07/2021

Toyota Yaris diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2006. Model tersebut menjadi generasi pertama dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Kala itu di Tanah Air, kendaraan dalam segmen yang sama yakni Hatchback didominasi oleh Honda Jazz. Lantas apa kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris generasi pertama.

Kehadiran Toyota Yaris generasi pertama untuk menggantikan Starlet yang juga masuk dalam segmen Hatchback. Untuk pembedanya adalah di bagian produksi dan komponen yang dipakai sudah canggih dan juga modern. Hal tersebut diberikan pada desainnya yang menggunakan konsep modern dan juga di bagian mesinnya. Soal sparepart terbilang melimpah karena komponennya sama dengan yang dimiliki oleh Toyota Yaris.

Kelebihan Toyota Yaris Generasi Pertama

Setiap kendaraan mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Mengetahuinya bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya. Selain itu, bisa juga menjadi perbandingan dengan kendaraan lain yang masuk dalam segmen sama.

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Yaris Generasi Pertama

Tampilan sporty cocok untuk anak muda

1. Tampilan Unik Dan Sporty

Keunggulan yang pertama pada Yaris gen 1 adalah tampilannya yang unik dan juga sporty. Hal tersebut karena penggunaan bodi yang didesain membulat dan terdapat lekukan pada bodi cukup tajam. Apabila melihat pada bagian depan maka akan ditemukan kap mesin yang juga diberikan lekukan tajam menuju ke bagian bawah. Desain tersebut dipadukan dengan penggunaan headlamp yang unik sehingga mempunyai karakter tersendiri pada mobil besutan Toyota satu ini.

2. Mempunyai Handling Yang Mumpuni

Kelebihan selanjutnya adalah handling yang dimiliki mumpuni. Hal tersebut berkat penggunaan suspensi MacPherson Strut yang disematkan pada bagian depan dan untuk belakang mengandalkan Rigid Axle With Torsion Beam. Soal kualitas, kedua suspensi tersebut sudah banyak dikenal oleh para penggemar otomotif Indonesia.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi suspensi Macpherson Strut

Suspensi mumpuni membuat handling nyaman

>>> Cara Menghubungkan Head Unit Toyota Yaris Dengan Smartphone Via Bluetooth & Weblink

3. Sparepart Banyak Dan Harga Terjangkau

Perawatan mobil tidak lepas dari yang namanya penggantian sparepart kendaraan. Kelebihan Toyota yaris generasi pertama ini salah satunya adalah sparepart yang mudah di dapat dan harganya cukup murah. Dengan begitu perawatan yang dilakukan pada kendaraan jadi lebih mudah.

4. Kabin Punya Ruang Penyimpanan Banyak

Dengan ruang penyimpanan yang banyak membuat pengemudi dan penumpang bisa meletakkan barang bawaannya dengan baik. Nilai lebih tentu didapatkan karena tidak perlu repot membawa barang di pangkuan ataupun diletakkan di saku untuk barang ukuran cukup kecil.

>>> Baca Juga, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Toyota Yaris Bekas

Gambar ini menunjukkan ruang penyimpanan pada door panel Toyota Yaris Generasi Pertama

Meletakkan barang tidak susah karena banyak ruang penyimpanannya

>>> Cek daftar harga mobil buatan Toyota ditawarkan di sini sebelum beli mobil baru impian Anda

Kekurangan Toyota yaris Generasi Pertama

Selain kelebihan, mobil ini juga mempunyai kekurangan tidak terkecuali Yaris Gen 1. Dimana terdapat beberapa kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan ketika berniat membeli mobil ini.

1. Kabin Tergolong Sempit

Meskipun ruang penyimpanan cukup banyak namun kabin terasa cukup sempit. Jika kabin kurang lega tentu kenyamanan penumpang belakang akan terasa kurang dan terasa mudah capek. Alhasil untuk istirahat dilakukan dengan lebih sering karena hal tersebut.

2. Transmisi Matic Masih Konvensional

Mobil ini mempunyai 2 pilihan transmisi yakni manual 5 speed dan otomatis 4 speed. Untuk yang otomatis masih menggunakan konvensional. Memang pada kala itu transmisi yang digunakan cukup baik. Akan tetapi untuk saat ini transmisi tersebut kalah dengan yang lebih modern.  Oleh sebab itu, jika melihat saat ini penggunaan transmisi otomatis konvensional bisa menjadi salah satu kelemahan pada Yaris.

>>> Lihat Juga, Cara Menggunakan Fitur Audio Toyota Yaris Heykers

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi dan dashboard Toyota Yaris Generasi Pertama

Transmisi otomatis masih pakai konvensional

3. Mesin Yang Dipakai Hanya 1 Jenis Saja

Mobil Toyota Yaris generasi pertama hanya dibekali dengan 1 mesin saja yakni 1.5L berkode 1NZ FE 4 silinder DOHC. Penggunaan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal 107 Hp dan torsi puncak mencapai 142 Nm. Toyota Yaris hanya diberikan satu jenis mesin saja sehingga tidak ada pilihan mesin lainnya. Padahal untuk kompetitornya terdapat beberapa pilihan mesin untuk para konsumennya.

>>> Simak juga tips dan trik seputar mobil menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

International