Mengetahui Jenis Dongkrak Mobil Dengan Kelebihan Yang Dimiliki

09/10/2018

Terdapat beberapa macam jenis dongkrak mobil yang bisa menjadi pilihan. Dalam penggunaannya juga berbeda, meskipun apabila dilihat terbilang hampir sama.

Dongkrak mobil merupakan salah satu perlengkapan yang harus ada di dalam mobil. Fungsinya adalah untuk mengangkat kendaraan saat akan memeriksa bagian bawah mobil. Selain itu, alat ini juga diperlukan saat ingin mengganti ban mobil ketika terjadi kebocoran atau kempes.

Terdapat 3 jenis dongkrak yang perlu diketahui. Tiap masing-masing jenis dongkrak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut ini merupakan 3 jenis dongkrak yang perlu diketahui dan dijelaskan pula fungsinya.

1. Bottle Jack (Dongkrak botol)

Untuk dongkrak jenis ini didesain seperti bentuk botol dan menggunakan sistem hidrolis. Untuk langkah pengoperasiannya adalah dengan meletakkannya di bawah kendaraan kemudian dipompa tuasnya. Dalam proses pemompaan dilakukan menggunakan tangan dengan gerak naik turun.

Gambar ini menunjukkan dongkrak model botol warna merah dengan tongkat warna merah dan kardusnya

Dongkrak model botol pengoperasiannya lebih mudah dan tidak makan tempat banyak

Setelah melakukan langkah tersebut, maka sistem hidrolis pada dongkrak akan mengangkat mobil di atasnya. Sedangkan untuk langkah menurunkan juga cukup mudah, yakni hanya dengan memutar katup dongkrak saja yang letaknya berada di bawah maka secara perlahan tekanan akan menurun  dan mobil turun secara perlahan.

Perlu diketahui, bahwa dongkrak jenis ini banyak disukai oleh pemilik kendaraan. Hal tersebut dikarenakan pengoperasiaannya cukup mudah dan bentuknya kecil sehingga tidak memakan tempat. Tidak hanya itu saja, harganya juga relatif terjangkau sehingga tidak ada salahnya memilih dongkrak jenis ini.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

2. Dongkrak gunting

Untuk jenis dongkrak mobil selanjutnya adalah dongkrak gunting. Akan tetapi ada juga yang menyebutnya dengan dongkrak jembatan ataupun ketupat. Alasan dinamakan tersebut adalah gerakannya yang mirip dengan kinerja gunting.

Gambar ini menunjukkan dongkrak model gunting sedang dipegang menggunakan 2 tangan

Dongkrak gunting biasanya ikut disertakan saat membeli mobil baru

Untuk langkah pengoperasiannya juga cukup mudah, yakni hanya dengan memutar poros saja searah jarum jam untuk menaikkan dan sebaliknya untuk menurunkan. Untuk dongkrak jenis ini tidak memakai sistem hidrolis, jadi kebocoran tidak akan terjadi. Namun kelemahannya adalah saat memutar poros terasa lebih berat apabila dibandingkan dengan yang menggunakan sistem hidrolis.

Untuk harganya terbilang paling murah dibandingkan kedua jenis dongkrak yang akan dijelaskan. Selain itu perawatannya juga cukup mudah, meskipun dalam langkah pengoperasiannya harus membungkuk dan memutar dengan cukup berat.

Selain itu, dongkrak ini biasanya sudah ada saat membeli mobil baru. Bentuknya yang kecil juga tidak terlalu memakan banyak tempat di dalam kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

3. Dongkrak buaya

Untuk jenis dongkrak yang terakhir adalah dongkrak buaya. Mengapa dinamakan tersebut karena cara kerjanya mirip dengan mulut buaya ketika sedang membuka mulut. Dari ketiga dongkrak tersebut, jenis inilah yang paling mudah digunakan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan sistem hidrolis dengan tuas yang cukup panjang. Tidak hanya itu, jenis dongkrak ini memiliki roda sehingga saat memindahkannya akan lebih mudah. Bobot yang dimiliki juga ringan karena menggunakan sistem hidrolis.

Gambar ini menunjukkan dongkrak model buaya warna merah dengan tongkat untuk pengoperasiannya

Dongkrak buaya memiliki harga lebih mahal namun penggunaannya sangat mudah

>>> Baca juga, Ingat! Membawa Perlengkapan Perjalanan Jauh Dengan Mobil Sangat Diperlukan

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh dongkrak mobil jenis buaya adalah harganya yang terbilang cukup mahal. Selain itu, dimensi yang dimiliki juga cukup besar sehingga banyak yang beranggapan kurang praktis. Pada umumnya untuk dongkrak jenis ini digunakan oleh bengkel atau seseorang yang sering melakukan pembenahan mobil di rumah. Jadi akan diletakkan di rumah dan tidak dibawa saat bepergian.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis dongkrak mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ingin Tahu Masalah Transmisi Mobil Matic, Ini Gejalanya Yang Kerap Terjadi!

    Ingin Tahu Masalah Transmisi Mobil Matic, Ini Gejalanya Yang Kerap Terjadi!

    Abdul

    Terdapat beberapa jenis transmisi mobil yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu transmisi yang disukai oleh pengendara terutama perempuan adalah transmisi otomatis. Namun masalah transmisi mobil matic kadang terjadi, oleh sebab itu pemilik harus mengetahui gejalanya.

  • 4 Masalah Pada Mobil Bekas Yang Perlu Diwaspadai

    4 Masalah Pada Mobil Bekas Yang Perlu Diwaspadai

    Abdul

    Alternatif bagi masyarakat yang ingin mempunyai mobil namun budget pas-pasan adalah kendaraan bekas. Meskipun kondisinya bekas namun jika teliti dalam membeli dan mengetahui seluk beluk kendaraan dapat mendapatkan yang masih istimewa. Terdapat beberapa masalah pada mobil bekas yang perlu diperhatikan.

  • Kelebihan Dan Kekurangan Lembaga Kredit Mobil Yang Perlu Diketahui

    Kelebihan Dan Kekurangan Lembaga Kredit Mobil Yang Perlu Diketahui

    Abdul

    Ketika ingin membeli mobil secara kredit terdapat pilihan yang harus diperhatikan. Jadi ada 2 lembaga yang dapat membantu pembiayaan yakni via leasing dan bank. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Untuk lebih jelasnya bisa melihat informasinya mengenai lembaga kredit mobil di bawah ini.