Mengetahui Jenis Dongkrak Mobil Dengan Kelebihan Yang Dimiliki

09/10/2018

Terdapat beberapa macam jenis dongkrak mobil yang bisa menjadi pilihan. Dalam penggunaannya juga berbeda, meskipun apabila dilihat terbilang hampir sama.

Dongkrak mobil merupakan salah satu perlengkapan yang harus ada di dalam mobil. Fungsinya adalah untuk mengangkat kendaraan saat akan memeriksa bagian bawah mobil. Selain itu, alat ini juga diperlukan saat ingin mengganti ban mobil ketika terjadi kebocoran atau kempes.

Terdapat 3 jenis dongkrak yang perlu diketahui. Tiap masing-masing jenis dongkrak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut ini merupakan 3 jenis dongkrak yang perlu diketahui dan dijelaskan pula fungsinya.

1. Bottle Jack (Dongkrak botol)

Untuk dongkrak jenis ini didesain seperti bentuk botol dan menggunakan sistem hidrolis. Untuk langkah pengoperasiannya adalah dengan meletakkannya di bawah kendaraan kemudian dipompa tuasnya. Dalam proses pemompaan dilakukan menggunakan tangan dengan gerak naik turun.

Gambar ini menunjukkan dongkrak model botol warna merah dengan tongkat warna merah dan kardusnya

Dongkrak model botol pengoperasiannya lebih mudah dan tidak makan tempat banyak

Setelah melakukan langkah tersebut, maka sistem hidrolis pada dongkrak akan mengangkat mobil di atasnya. Sedangkan untuk langkah menurunkan juga cukup mudah, yakni hanya dengan memutar katup dongkrak saja yang letaknya berada di bawah maka secara perlahan tekanan akan menurun  dan mobil turun secara perlahan.

Perlu diketahui, bahwa dongkrak jenis ini banyak disukai oleh pemilik kendaraan. Hal tersebut dikarenakan pengoperasiaannya cukup mudah dan bentuknya kecil sehingga tidak memakan tempat. Tidak hanya itu saja, harganya juga relatif terjangkau sehingga tidak ada salahnya memilih dongkrak jenis ini.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

2. Dongkrak gunting

Untuk jenis dongkrak mobil selanjutnya adalah dongkrak gunting. Akan tetapi ada juga yang menyebutnya dengan dongkrak jembatan ataupun ketupat. Alasan dinamakan tersebut adalah gerakannya yang mirip dengan kinerja gunting.

Gambar ini menunjukkan dongkrak model gunting sedang dipegang menggunakan 2 tangan

Dongkrak gunting biasanya ikut disertakan saat membeli mobil baru

Untuk langkah pengoperasiannya juga cukup mudah, yakni hanya dengan memutar poros saja searah jarum jam untuk menaikkan dan sebaliknya untuk menurunkan. Untuk dongkrak jenis ini tidak memakai sistem hidrolis, jadi kebocoran tidak akan terjadi. Namun kelemahannya adalah saat memutar poros terasa lebih berat apabila dibandingkan dengan yang menggunakan sistem hidrolis.

Untuk harganya terbilang paling murah dibandingkan kedua jenis dongkrak yang akan dijelaskan. Selain itu perawatannya juga cukup mudah, meskipun dalam langkah pengoperasiannya harus membungkuk dan memutar dengan cukup berat.

Selain itu, dongkrak ini biasanya sudah ada saat membeli mobil baru. Bentuknya yang kecil juga tidak terlalu memakan banyak tempat di dalam kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

3. Dongkrak buaya

Untuk jenis dongkrak yang terakhir adalah dongkrak buaya. Mengapa dinamakan tersebut karena cara kerjanya mirip dengan mulut buaya ketika sedang membuka mulut. Dari ketiga dongkrak tersebut, jenis inilah yang paling mudah digunakan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan sistem hidrolis dengan tuas yang cukup panjang. Tidak hanya itu, jenis dongkrak ini memiliki roda sehingga saat memindahkannya akan lebih mudah. Bobot yang dimiliki juga ringan karena menggunakan sistem hidrolis.

Gambar ini menunjukkan dongkrak model buaya warna merah dengan tongkat untuk pengoperasiannya

Dongkrak buaya memiliki harga lebih mahal namun penggunaannya sangat mudah

>>> Baca juga, Ingat! Membawa Perlengkapan Perjalanan Jauh Dengan Mobil Sangat Diperlukan

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh dongkrak mobil jenis buaya adalah harganya yang terbilang cukup mahal. Selain itu, dimensi yang dimiliki juga cukup besar sehingga banyak yang beranggapan kurang praktis. Pada umumnya untuk dongkrak jenis ini digunakan oleh bengkel atau seseorang yang sering melakukan pembenahan mobil di rumah. Jadi akan diletakkan di rumah dan tidak dibawa saat bepergian.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis dongkrak mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Perlu Diperhatikan, Begini Menghitung Daya Angkut Mobil MPV Toyota

    Perlu Diperhatikan, Begini Menghitung Daya Angkut Mobil MPV Toyota

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama yang memasarkan produknya ke seluruh negara di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Kendaraan besutannya sudah banyak dipercaya oleh masyarakat sehingga sampai saat ini masih tetap eksis dan berjaya serta mampu bersaing dengan merek lain. Mobil MPV menjadi segmen yang cukup banyak diminati seperti Avanza misalnya. Nah untuk segmen kali ini kami akan membahas mengenai cara menghitung daya angkut mobil MPV Toyota.

  • Teknologi Toyota Hybrid System Terbaru Bikin Mobil Makin Irit BBM

    Teknologi Toyota Hybrid System Terbaru Bikin Mobil Makin Irit BBM

    Fatchur Sag

    Toyota memperkenalkan teknologi irit BBM Toyota Hybrid System (THS) di pameran GIIAS 2019. Teknologi ini diklaim lebih canggih dan membuat mobil lebih irit BBM dibanding THS versi sebelumnya.

  • Ban Pecah di Jalan Tol? Simak Tips dari Auto2000 Berikut Ini

    Ban Pecah di Jalan Tol? Simak Tips dari Auto2000 Berikut Ini

    Padli Nurdin

    Ban pecah di jalan tol merupakan salah satu sumber kecelakaan. Pasalnya, masih banyak pengemudi yang tidak tahu bagaimana bereaksi ketika ban mobil pecah saat berkendara. Lalu, apa yang bisa kita lakukan ketika mengalami hal ini?