Mengetahui Gejala Power Steering Mobil Toyota Rusak

07/01/2020

Di zaman sekarang mobil sudah menggunakan teknologi modern, begitupun pada mobil besutan Toyota. Salah satu teknologi yang terdapat pada kemudi mobil adalah Power Steering. Yang mana dengan adanya fitur ini dapat membantu pengendalian mobil. Namun ada gejala Power Steering mobil Toyota rusak yang perlu diperhatikan.

Power Steering terbagi menjadi 2 jenis yakni elektrik dan hidrolis. Yang mana dari segi fungsi adalah mempermudah pengemudi mobil dalam mengendalikan kendaraannya. Jadi pada saat pengemudi memutar roda kemudi akan lebih ringan. Dilihat dari segi perawatan memang lebih mudah yang menggunakan sistem hidrolis. Meskipun begitu, mengetahui gejala Power Steering mobil Toyota rusak perlu diketahui. Tujuannya agar dapat mengambil langkah antisipasi dengan segera.

Untuk sistem kerja dari Power Steering hidrolik  menggunakan pompa. Yang mana cairan Power Steering akan didorong menuju ke bagian rumah kemudi yang menjadikan putaran kemudi mobil akan lebih ringan. Jika Power Steering mengalami kerusakan maka saat memutar kemudi mobil akan terasa berat.

Berikut ini merupakan beberapa gejala Power Steering mobil Toyota rusak perlu diketahui yang dilansir dari laman resmi Toyota.

1. Kekurangan Cairan Power Steering

Gambar ini menunjukkan proses pengisian cairan power steering pada mesin mobil

Cairan Power Steering juga perlu diperhatikan

Salah satu hal yang mendukung kinerja Power Steering adalah cairan Power Steering. Fungsinya adalah memberikan tekanan pada piston yang terdapat di rumah kemudi mobil. Apabila cairan berkurang maka hasil dari jumlah gaya piston mengalami penurunan. Jika hal tersebut terjadi maka kemudi saat diputar akan terasa berat dan sistem Power Steering tidak akan membantu seperti biasanya dalam menggerakkan roda depan. Dengan begitu pengemudi perlu memutar kemudi dengan mengandalkan tenaga yang lebih besar.

>>> Baca Juga, Perilaku Ini Bikin Power Steering Elektrik Cepat Rusak

2. Power Steering Belt Mengalami Kerusakan

Gambar ini menunjukkan sabuk power steering pada Toyota Camry

Jika sudah lama digunakan maka belt Power Steering juga akan mengalami keausan

Kinerja dari Power Steering didukung oleh beberapa komponen, salah satunya adalah Power Steering belt (sabuk Power Steering). Yang mana tugasnya adalah untuk mengoperasikan pompa penyalur minyak Power Steering menuju ke bagian rumah setir. Pada sabuk tersebut rentan mengalami masalah jika tidak dicek dan diganti secara berkala, beberapa masalah yang dialami seperti longgar, rusak dan bisa juga putus.

Jika sabuk tersebut mengalami masalah maka saat memutar kemudi mobil akan terasa berat.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

3. Rumah Setir Mengalami Kerusakan

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil Toyota dan head unit

Power Steering membuat pengoperasian kemudi mobil lebih ringan

Gejala Power Steering mobil Toyota rusak selanjutnya adalah rumah setir yang bermasalh. Jadi di dalam rumah setir mempunyai mekanisme yang berupa rack & pinion yang fungsinya adalah untuk memutar roda. Bagian ini juga dilumasi oleh fluida Power Steering agar dapat bekerja dengan baik. Setelah pemakaian yang lama maka bagian tersebut bisa mengalami keausan sehingga berakibat pada kemudi mobil terasa sulit ketika diarahkan.

Untuk ciri dari rumah setir yang mengalami masalah adalah kemudi mobil saat dioperasikan ketika mobil baru dinyalakan akan terasa berat. Setelah pelumasan cairan Power Steering merata barulah akan terasa ringan.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

4. Muncul Dengung Pada Power Steering

Gambar ini menunjukkan komponen pada power steering

Power Steering terdiri dari beberapa komponen pendukung

Untuk penyebab munculnya dengung ini terdapat 2 macam yaitu pompa bocor dan juga selang yang telah mengalami keausan. Apabila selang mengalami aus maka cairan fluida akan terganggu alirannya. Sehingga bisa menimbulkan getaran dan muncul suara berdengung. Solusinya dengan mengganti selang dengan segera, karena jika dibiarkan bisa menjalar pada bagian lain pada Power Steering.

Jika pompa yang bocor maka komponen pada pompa akan bergesekan tanpa disertai dengan pelumasan sehingga menyebabkan munculnya dengungan tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gejala Power Steering mobil Toyota rusak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca