Mengetahui Fungsi Freon AC Mobil Dan Cara Kerjanya

31/03/2021

Mobil menjadi salah satu tunggangan yang digemari oleh masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas dari kenyamanan yang ditawarkan berkat fitur yang ada di dalamnya. Salah satu fitur yang mendukungnya adalah AC mobil yang bisa membuat suhu kabin jadi dingin. Di dalam AC terdapat freon yang mendukung kinerja AC mobil. Lantas apa fungsi Freon AC mobil?

Pada saat perjalanan akan dihadapkan dengan beragam kondisi cuaca, dari mulai panas, mendung sampai hujan lebat. Dalam kondisi tersebut beragam fitur yang diberikan pada mobil akan melakukan tugasnya dengan baik. Freon pada AC mobil juga akan melakukan fungsinya dengan semestinya. Tujuan dari hal tersebut adalah kenyamanan dan kesan menyenangkan selama perjalanan bisa didapatkan. Untuk mengetahui fungsi freon AC mobil, terlebih dahulu kami informasikan mengenai cara kerjanya.

Gambar ini menunjukkan kisi-kisi AC mobil

AC mobil membuat kenyamanan selama pejalanan

>>> Baca Juga, Mengenal Jenis Freon AC Mobil Yang Penting pada Sistem Pendinginan Kabin Mobil

Cara Kerja Freon Yang Ada Pada AC Mobil

Freon mempunyai nama lain yaitu refrigerant. Yang mana komponen tersebut merupakan sebuah senyawa kimia yang berguna untuk menjadi fluida dengan tugas untuk menyerap panas pada udara di dalam ruangan. Dengan begitu suhu pada ruangan tersebut akan lebih rendah. Dalam hal ini freon akan diolah sehingga membentuk gas dan tidak mempunyai bau ataupun warna.

AC mobil awalnya bekerja dengan udara yang memasuki evaporator. Komponen ini mempunyai tugas untuk menyaring udara, dengan begitu sebelum masuk ke komponen lain tidak mengakibatkan masalah. Setelah dilakukan penyaringan udara akan dilanjutkan ke bagian freon sehingga akan membuatnya jadi dingin.

Setelah sudah dingin udara akan keluar melalui kisi-kisi AC mobil dengan dorongan dari kompresor mobil. Kompresor mempunyai tugas untuk menghisap udara dingin di dalam dan mengeluarkannya sehingga bisa menuju kabin mobil. Karena sudah dilakukan penyaringan serta pendinginan oleh evaporator dan freon maka udara yang dihembuskan ke kabin mobil jadi sejuk.

>>> Baca Juga, Freon AC Mobil Toyota Sudah Habis atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

Gambar ini menunjukkan ilustrasi kinerja AC mobil

AC mobil bekerja dengan beragam komponen yang saling berhubungan

Fungsi Freon AC Mobil

Setelah mengetahui cara kerja dari freon tentunya sudah bisa menyimpulkan fungsinya. Jadi fungsinya adalah untuk membuat udara panas yang dikeluarkan evaporator sehingga dapat menjadi dingin. Setelah itu akan dihembuskan ke kabin mobil, jika freon habis maka udara sejuk tidak akan bisa di dapatkan dan kenyamanan di dalam mobil jadi berkurang.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Waktu Mengganti Freon AC Mobil

Setelah mengetahui cara kerja dan fungsi dari freon, tentunya ada yang bertanya-tanya mengenai kapan mengganti freon AC mobil. Penggantian dilakukan supaya suhu AC di dalam kabin mobil tetap dingin dan memberikan kenyamanan selama perjalanan dengan mobil. Apalagi freon bisa bertahan sampai bertahun-tahun.

Gambar ini menunjukkan pengisian freon AC mobil

Pengisian freon AC mobil perlu diperhatikan supaya suhu kabin tetap dingin dan sejuk

Jadi seiring penggunaan freon akan berkurang, sehingga perlu dilakukan pengisian. Bahkan resiko kebocoran freon juga bisa terjadi meskipun kemungkinannya kecil. Namun bila dirasa suhu AC sudah tidak dingin sebaiknya mengecek komponen AC mobil di bengkel resmi. Dengan begitu komponen bisa bekerja kembali dengan baik dan fungsi freon AC mobil bisa kembali sehingga dapat memberikan kenyamanan di dalam kabin mobil.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Abdul

    Pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis sebuah mobil edisi terbatas pada 9 April 2021. Dimana kehadirannya untuk merayakan Toyota Indonesia yang sudah setengah abad. Melihat usianya tersebut, mobil Toyota Kijang Innova Limited Edition hanya dihadirkan sebanyak 50 unit saja.

  • Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Abdul

    Toyota Agya masuk dalam segmen Hatchback LCGC. Dimana mobil ini terbilang cukup banyak peminat dan siap digunakan untuk menemani aktivitas keseharian bersama keluarga tercinta. Memang kapasitasnya hanya untuk 5 orang penumpang saja, sehingga ditujukan untuk keluarga dengan anggota 5 orang ke bawah. Disamping hal tersebut, perawatan juga diperlukan seperti mengganti oli mesin Toyota Agya.

  • Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Abdul

    Tukar tambah dikenal juga dengan nama trade-in. Dimana hal ini menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan mobil baru dengan melepas mobil lama yang dimiliki. Di Auto2000 juga terdapat layanan tersebut, sehingga bagi konsumen mobil Toyota bisa mempunyai mobil lama dengan menukar mobil lama yang dimiliki. Apalagi terdapat keuntungan tukar tambah melalui Auto2000 Digiroom.

International