Mengetahui Fungsi dan Keuntungan Penggunaan Relay Pada Headlamp Mobil Toyota

11/06/2018

Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama asal Jepang yang kerap memberikan inovasi terbaru pada setiap produknya. Hal tersebut dilakukan supaya dapat menarik hati para konsumennya dan setia menggunakan Mobil yang diproduksinya. Terdapat berbagai komponen dan fitur disematkan dengan fungsi serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kali ini kami kami akan membahas mengenai Relay pada headlamp Mobil Toyota.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa pihak Toyota memberikan fitur kenyamanan dan juga keselamatan pada produknya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para konsumennya. Salah satunya adalah relay pada headlamp Mobil Toyota yang mempunyai fungsi serta kelebihan tersendiri. Yang paling penting adalah, dengan adanya penambahan fitur baru pada Mobil Toyota, tidak lain adalah untuk memberikan kenyamanan pada para konsumennya.

Adapun penjelasan atau pengertian dari relay adalah salah satu komponen pada Mobil Toyota yang letaknya berada di bagian headlamp atau lampu utama Mobil. Mungkin untuk kendaraan lain selain besutan Toyota juga ada dan kadang pula banyak pemilik yang menambahkannya untuk kendaraan yang belum dilengkapi dengan relay.

Gambar ini menunjukkan headlamp pada mobilo warna merah dalam keadaan menyala

Headlamp yang menggunakan relay mempunyai sinar yang lebih terang

Untuk fungsinya sendiri terlihat menarik dan terbilang penting, yakni meningkatkan atau memperbesar arus listrik yang berasal dari saklar dan kemudian nantinya akan disalurkan menuju komponen kelistrikan lain seperti lampu Mobil dan juga klakson. Adapun kelebihan dari relay pada headlamp Mobil Toyota adalah dapat mengalirkan arus listrik dalam jumlah besar, akan tetapi pengaliran tersebut dikendalikan dengan  arus listrik yang kecil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Setelah melihat sedikit penjelasan mengenai relay pada headlamp Mobil Toyota, lantas apa saja sih keuntungan yang didapatkan?

Adapun keuntungan yang pertama dengan adanya relay adalah saklar pada Mobil Toyota menjadi lebih awet. Hal tersebut dikarenakan arus utama tidak langsung menuju saklar tetapi terlebih dahulu melewati relay pada Mobil Toyota. Dengan begitu, relay juga akan memberi bantuan pada saklar supaya kinerjanya tidak terlalu berat. Sangat berbeda dengan yang tanpa relay, saklar akan mudah rusak karena menahan arus listrik yang besar sendirian.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegang relay dan terlihat bagian atasnya dengan tulisan bosch

Keuntungan yang didapat saat menggunakan relay adalah saklar menjadi awet

Dengan keawetan dari saklar memunculkan keuntungan lainnya yang didapat, seperti misalnya biaya perawatan yang terbilang lebih murah. Hal ini dikarenakan saklar lampu mempunyai umur lebih panjang dan tidak gampang mengalami kerusakan.

>>> Baca juga, Tipe dan Fungsi Sensor pada Mobil yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Untuk keuntungan lainnya adalah nyala lampu yang dihasilkan pada headlamp yang menggunakan relay dinilai lebih terang. Apabila perbandingan yang dilakukan dengan kendaraan yang memiliki headlamp tanpa relay. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan  arus daya listrik yang menuju lampu lebih  cepat mengalir dan juga mempunyai daya yang lebih besar. Akan tetapi dengan menggunakan sistem arus kecil yang terkendali.

Jadi dengan adanya relay pada headlamp Mobil Toyota membuat lampu mempunyai nyala yang terang serta saklar juga menjadi lebih awet. Bahkan berkat penggunaan relay arus listrik yang menuju ke bagian lampu mengalir lebih stabil. Dengan begitu lampu Mobil juga tidak mudah putus.

>>> Mungkin tertarik, Pentingnya Lampu Indikator Pengingat Pada Mobil Toyota Dan Mengetahui Cara Kerjanya

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang bagian bawah relay

Relay juga dapat mengurangi dan menaikkan hambatan arus

Apabila dilihat ternyata relay mempunyai beberapa fungsi yang tentunya memberikan keuntungan tersendiri. Berikut sebenarnya fungsi dari relay yang terdapat pada Mobil Anda.

  • Sebagai Saklar atau Switch Elektromagnetik
  • Memperpanjang Usia Saklar
  • Membuat Nyala Lampu Lebih Terang
  • Mengurangi Hambatan Arus/Menaikkan Arus
  • Melindungi Saklar Kombinasi
  • Membuat Kunci Pengaman

Demikianlah informasi mengenai fungsi dan keuntungan menggunakan relay pada headlamp Mobil Toyota. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ketahui Mesin Diesel Common Rail Pada Toyota Hilux, Bagaimana Cara Kerjanya?

    Ketahui Mesin Diesel Common Rail Pada Toyota Hilux, Bagaimana Cara Kerjanya?

    Abdul

    Sekarang sudah masuk zaman modern, yang mana teknologi semakin canggih. Begitupun pada mobil yang telah dilengkapi fitur dan mesin modern yang membuatnya bekerja lebih maksimal. Salah satunya adalah mesin diesel common rail pada Toyota Hilux.

  • Ingin Membeli Mobil Toyota Fortuner Bekas, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Kecewa

    Ingin Membeli Mobil Toyota Fortuner Bekas, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Kecewa

    Abdul

    Fortuner merupakan salah satu mobil besutan Toyota yang masuk dalam segmen SUV. Tampilannya yang tangguh dan gagah membuatnya digemari banyak orang. Apalagi mobil pada segmen tersebut sudah terkenal akan kehandalannya dalam melintasi jalanan segala medan. Nah bagi sobat yang mau membeli mobil Toyota Fortuner bekas, sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Beberapa Penyakit Yang Dapat Mengganggu Ketika Mengemudi Perlu Diwaspadai

    Beberapa Penyakit Yang Dapat Mengganggu Ketika Mengemudi Perlu Diwaspadai

    Abdul

    Mengemudi mobil diharapkan dalam kondisi fit supaya perjalanan tetap aman dan nyaman. Bahkan jika sedang terkena penyakit sangat tidak disarankan untuk mengemudi. Apalagi bagi orang yang punya penyakit kambuhan, tentunya lebih baik mencari sopir demi keamanan. Lantas apa saja penyakit yang dapat mengganggu ketika mengemudi?