Mengetahui Fitur Keselamatan TSS Pada Toyota Raize Dan Tugasnya

03/06/2021

Toyota Raize memiliki beragam fitur mumpuni di dalamnya. Salah satu yang diunggulkan adalah Toyota Safety Sense (TSS). Meskipun begitu, tidak semua tipe mendapatkan fitur tersebut. Lantas apa saja yang ada di dalam fitur keselamatan TSS pada Toyota Raize.

Toyota Raize diperkenalkan pertama kali pada 28 April secara virtual bersamaan dengan Daihatsu Rocky. Tentunya mobil ini sangat menarik perhatian masyarakat di Indonesia. Apalagi ada fitur keselamatan TSS pada Toyota Raize meskipun tidak semua varian mendapatkannya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai beberapa fitur tersebut.

Gambar ini menunjukkan Toyota Raize tampak depan dan sisi kanan

Mobil baru menarik perhatian masyarakat Indonesia

Sebelum membahas tentang fitur TSS, untuk fitur keselamatan standar pada Raize meliputi sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), Immobilizer, Rear Parking Camera, alarm, Rear Parking Sensor, Seatbelt Warning, Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control. Tidak sampai disitu saja, pada varian G dan GR Sport ada dual Airbags, sedangkan untuk GR Sport TSS sudah menggunakan 6 Airbags.

>>> Baca Juga, Mengenal Fitur ISC Pada Mobil Toyota Dan Fungsinya

Fitur Keselamatan TSS Pada Toyota Raize

Dalam fitur TSS terdapat 5 fitur penting yang mempunyai tugasnya masing-masing dan mendukung keselamatan selama berkendara. Berikut informasinya.

1. Fitur PCS (Pre-Collision System)

PCS menjadi salah satu fitur paling penting pada Toyota Safety Sense, dimana untuk kinerjanya mengandalkan kamera dan sensor radar. Jadi ketika terdapat objek di depan kendaraan akan dideteksi dan ketika terdapat kemungkinan akan terjadi tabrakan maka peringatan dini akan diberikan kepada pengemudi. Tujuannya adalah supaya dapat menghindar atau bermanuver pengereman. Jika terlambat atau gagal dalam menghindar maka otomatis PCS akan melakukan tindakan pengereman.

2. Fitur Adaptive Cruise Control

Fitur ini pastinya sudah yang tahu karena tombol pengaturannya ada di bagian kemudi mobil. Adaptive Cruise Control bertugas untuk membuat kinerja pengemudi lebih ringan karena secara otomatis mobil dapat berjalan tanpa pedal gas dan rem diinjak saat sedang melaju di jalan tol. Saat ada kendaraan di depannya maka jarak aman akan dijaga. Bahkan tidak hanya kendaraan saja, marka juga bisa dideteksi sehingga saat terdapat kendaraan lain secara tiba-tiba memasuki jalur maka otomatis laju kendaraan akan dikurangi atau mengerem sampai tercapai jarak yang aman.

>>> Baca Juga, Cara Menghubungkan Head Unit Toyota Yaris Dengan Smartphone Via Bluetooth & Weblink

Gambar ini menunjukkan beberapa fitur dalam Toyota Safety Sense

Fitur Toyota Safety Sense bikin keselamatan meningkat

>>> Baca Juga, Terdapat Beberapa Cara Mereset Head Unit Mobil Yang Bisa Dilakukan

3. Fitur Lane Departure Alert with Steering Control

Fitur yang berada pada fitur keselamatan TSS pada Toyota Raize selanjutnya adalah Lane Departure Alert with Steering Control. Fungsinya adalah memberitahu kepada pengemudi bahkan melakukan koreksi pada posisi kemudi mobil ke tempat seharusnya yang dilakukan secara otomatis. Hal ini berguna ketika mobil keluar jalur secara tiba-tiba disebabkan pengemudi yang pandangannya sedang tidak fokus atau mengalami microsleep.

Adapun dalam kinerjanya mengandalkan kamera dan sensor pada Toyota Raize. Jadi dengan adanya fitur ini saat tertidur sekilas bisa tetap aman. Meskipun begitu pengemudi tetap tidak boleh melepaskan tangan dari kemudi mobil. Jika capek atau ngantuk sebaiknya beristirahat sejenak.

4. Fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA) & Blind Spot Monitor (BSM)

Fitur RCTA dapat mendeteksi objek atau kendaraan yang sedang mendekat berasal dari arah samping. Ketika sensor mendeteksinya maka pengemudi diberikan peringatan saat ingin berjalan mundur. Hal ini berguna ketika keluar dari tempat parkir. Sementara BSM memberikan peringatan ketika terdapat objek atau kendaraan di area blind spot atau dari arah samping. Dengan adanya fitur ini maka saat berpindah jalur akan lebih aman.

5. Fitur Pedal Missoperation Control

Adapun fitur dalam pembahasan terakhir ini adalah Pedal Missoperation Control. Dimana pedal gas atau akselerator akan dideteksi oleh sistem dalam penerapannya. Sebagai contohnya adalah ketika sedang parkir di lokasi mall, pada saat mengemudi mundur dan secara tidak sengaja pedal gas diinjak dengan dalam maka alarm peringatan akan dinyalakan. Selain itu juga bertugas membatasi distribusi dari tenaga sehingga menahan laju mobil dan apabila ada tembok maka tidak akan menabrak. Pada saat sistem membaca ada kesalahan dalam penekanan pedal gas maka aliran tenaga yang menuju ke bagian roda akan dipotong.

>>> Baca Juga, Bagi Yang Belum Paham, Begini Menyambungkan Audio Toyota Raize Dengan Smartphone

Gambar ini menunjukkan Toyota Raize tampak depan

Banyak fitur mumpuni dari fitur standar hingga TSS pada salah satu variannya

Demikianlah informasi mengenai fitur keselamatan TSS pada Toyota Raize. Semoga bermanfaat dan yang perlu diperhatikan bagi para calon pembeli Raize, bahwasanya tidak semua varian ada fitur keselamatan tersebut.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

International