Mengetahui Dokumen Jual Beli Mobil Bekas, Jangan Ada Yang Kurang Ya

10/07/2020

Membeli serta menjual mobil bekas harus dilakukan semuanya dengan cermat agar rencana yang sudah kamu atur berjalan sepenuhnya. Salah satunya berkaitan dengan legalitas atau kelengkapan dokumen jual beli mobil bekas yang dimiliki oleh sebuah mobil.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli atau menjual mobil bekas, diharapkan untuk memperhatikan kelengkapan dokumen pada mobil tersebut. Hal ini dilandasi pada beberapa kerugian yang bisa kamu alami jika mobil tidak didukung oleh dokumen jual beli mobil bekas.

Kerugian jual beli mobil bekas tanpa dokumen yang tidak lengkap tidak hanya dirasakan pembeli, namun kedua belah pihak yang bertransaksi. Contohnya ketika menjual mobil tanpa disertai dokumen, maka harga jual kendaraan bisa turun atau yang paling tragis, mobil bekas kamu tidak akan pernah terjual karena calon konsumen ogah untuk membayarnya

Di sisi lain, jika kamu hendak membeli mobil bekas tanpa dokumen, bisa berisiko terhadap legalitas kepemilikan kendaraan tersebut. Ada kemungkinan mobil bekas yang dijual tersebut merupakan hasil curian dan kamu bakal kerepotan nantinya. Untuk itu, sangat penting melakukan transaksi dengan dokumen yang lengkap.

Dokumen Jual Beli Mobil Bekas

1. BPKB ( Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor)

Gambar ini menunjukkan BPKB kendaraan bermotor

BPKB merupakan bukti kepemilikan kendaraan bermotor

>>> Ini dia cara mudah melipat bangku di Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz

BPKB adalah bukti kepemilikan sah terhadap kendaraan, maka dari itu BPKB harus ada di setiap kendaraan. Sehingga BPKB menjadi surat yang wajib disertakan saat transaksi dilakukan. Selanjutnya cobalah untuk mencocokkan data yang ada di BPKB terhadap spesifikasi mobil bekas tersebut dan jangan lupa cocokkan pula nomor rangka yang ada pada kendaraan dengan BPKB. BPKB memiliki dua tampilan yang berbeda sesuai dengan tahun pengeluarannya.

A. BPKB lama tahun 2008 ke bawah

  • Berwarna biru
  • Terdapat 22 lebar halaman
  • Nomor BPKB akan tercetak dan timbul di bagian pojok kanan atas
  • Ada kode huruf di akhir nomor BPKB
  • Tidak terdapat nomor KTP di halaman data pemilik

B. BPKB baru tahun 2009 ke atas

  • Berwarna coklat kehijauan
  • Hanya terdapat 20 lembar halaman
  • Nomor BPKB tercetak secara vertikal di sisi kanan
  • Tidak terdapat kode huruf pada akhir nomor BPKB
  • Ada terdapat Nomor KTP pemilik pada halaman data pemilik

Setelah itu, lakukan pengecekan keaslian BPKB kendaraan dengan cara melihat pada halaman BPKB, apabila terdapat gambar hologram Tribrata Polri serta benang hologram berarti BPKB tersebut asli.

>>> Ini Alasan Mengapa New Toyota Avanza Lebih Kedap Dari Pendahulunya

2. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) serta lembaran pajak

Gambar ini menunjukkan STNK mobil

STNK terdapat informasi penting kendaraan

Tentu saja yang harus diperhatikan selanjutnya adalah STNK, karena pada STNK dapat ditemukan informasi penting yaitu nomor mesin, nomor kendaraan dan nomor rangka. Kamu tinggal mencocokkan spesifikasi STNK dengan mobil tersebut.

Setelah pengecekan STNK jangan lupa cermati apakah pajak dibayar tepat waktu. Hindari masalah setelah mobil dibeli namun ternyata masih ada tunggakan pajak yang belum dibayarkan.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

3. Faktur

Gambar ini menunjukkan fajtur mobil Toyota

Faktur merupakan bukti pembelian mobil baru yang diberikan di awal sebagai tanda serah terima mobil

>>> Baca Juga, Berminat Beli Mobil Toyota Bekas? Ini 3 Hal Yang Harus Diperhatikan

Dokumen jual beli mobil bekas yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu Faktur. Faktur merupakan bukti pembelian mobil baru yang diberikan di awal sebagai tanda serah terima mobil. Isi dari faktur adalah harga penjualan pabrik ke dealer, nomor rangka, nomor mesin dan termasuk nama pembeli pertama. Faktur menjadi acuan saat pembuatan BPKB, sehingga faktur dapat disebut sebagai surat lahir dari sebuah kendaran.

4. Form A

Form A biasanya berisi informasi tentang legalitas mobil impor yang masuk ke dalam negeri yang telah lunas pembayaran bea masuk pajak. Pada mobil berjenis CBU, Form A akan sangat penting karena merupakan dasar untuk pembuatan BPKB dan STNK. Data yang ada pada Form A lebih baik dicocokan terhadap data yang ada pada BPKB.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

5. KTP dan Kwitansi

Gambar ini menunjukkan kwitansi saat membeli mobi

Kwitansi menjadi bukti telah membayar

Dokumen terakhir yaitu KTP pemilik dan kuitansi kosong. KTP berguna sebagai tanda bahwa kamu pemilik mobil tersebut. Biasanya KTP diperlukan ketika mengurus nama BPKB dan STNK. Sedangkan kuitansi akan berguna dalam mempermudah proses balik nama atau juga untuk dijual kembali ke showroom mobil bekas lainya.

Itulah Dokumen Jual Beli Mobil Bekas yang Perlu Diperhatikan. Membeli dan menjual mobil bekas tidak hanya memperhatikan dari kelayakan dan kualitas yang ditawarkan mobil. Ada yang lebih penting dari hal tersebut, yaitu masalah dokumen dan legalitas yang harus dipenuhi dan lengkapi sebelum menjual atau membeli mobil tersebut.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International