Mengetahui Ciri-Ciri Kebocoran Saluran AC Mobil Untuk Langkah Waspada

10/08/2018

Terdapat seseorang yang sedang beristirahat di dalam Mobil dan keracunan gas CO atau karbon monoksida. Hal tersebut bisa terjadi karena terdapat kebocoran saluran AC Mobil. Oleh sebab itulah pemilik kendaraan diharapkan selalu melakukan pemeriksaan pada bagian AC Mobil supaya tidak terjadi masalah tersebut.

Bagi seorang kepala keluarga, menjaga keamanan dan kenyamanan keluarganya merupakan prioritas yang harus diutamakan. Dengan begitu kebahagiaan akan timbul saat keluarga merasa bahagia dan tidak terjadi masalah yang bisa membuat panik. Dengan memeriksa secara rutin bagian AC Mobil bisa menghindari terjadinya kebocoran saluran AC Mobil.

“Biasanya kebocoran itu karena jarang dirawat dan pemilik masih merasa AC-nya dingin. Seharusnya selain mengecek freon, cek oli di dalam kompresor, kadang suka membeku. Mendeteksinya memang agak susah, selang bocor itu biasanya karena meledak, tapi ledakannya tanpa suara,” kata Abu selaku pemilik sekaligus teknisi bengkel spesialis AC mobil di Pasar Mobil Kemayoran.

Gambar ini menunjukkan kisi-kisi AC Mobil dengan lis warna silver

AC Mobil yang bekerja dengan baik dapat memberikan kenyamanan dan kesegaran di dalam Mobil

Untuk kebocoran AC Mobil yang terjadi biasanya diakibatkan oleh ekspansi AC yang telah rapuh. Adapun usia dari ekspansi sendiri sekitar 1 tahunan saja. Jadi apabila lebih dari usia tersebut bisa saja timbul resiko ekspansi menjadi rapuh sehingga selang bisa mengalami kebocoran.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tips dan trik yang bermanfaat lainnya

Walaupun begitu, pemilik kendaraan diharapkan untuk mengetahui ciri kebocoran saluran AC Mobil. Dari pihak Abu juga menambahkan, bahwa jika terjadi kebocoran maka akan tercium bau yang begitu menyengat. Bau ini seperti gas elpiji yang sedang bocor, jadi harap waspada jika terasa mengalaminya. Tidak hanya itu saja, kadangkala muncul suara yang cukup berisik dari bagian AC pada Mobil. Apabila mengalaminya, pihak Abu menyarankan untuk segera mematikan AC Mobil dan dilanjutkan dengan membuka kaca jendela.

Gambar ini menunjukkan layar pada bagian dashboard Mobil dan terdapat banyak tombol di sampingnya

Merawat AC Mobil perlu dilakukan secara berkala agar tidak terjadi kebocoran pada saluran AC Mobil

“Bila terjadi kebocoran, lebih berbahaya saat mobil berhenti dibanding saat berjalan. Karena saat posisi berjalan,masih ada sirkulasi udara yang berputar. Kalau berhenti, gas karbon itu akan terkurung di dalam kabin saja,” jelas Abu.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru segala merek yang ditawarkan oleh Cintamobil.com

Untuk keamanan apabila mengalami hal tersebut bisa membawa ke bengkel terdekat untuk segera dilakukan pemeriksaan. Mengingat saat sedang beristirahat di pinggir jalan dan Mobil berhenti, maka kebocoran saluran AC Mobil  yang menimbulkan gas tersebut lebih berbahaya. Jika melakukan pemberhentian sebaiknya membuka jendela atau keluar dari Mobil.

Dari pihak Abu juga menambahkan, bahwa kebocoran gas karbon bukan berasal dari knalpot yang masuk menuju bagian kabin Mobil. Jadi bahaya sebenarnya adalah kebocoran AC Mobil sehingga perlu kewaspadaan yang tinggi dan lakukan penanganan cepat saat mengalami masalah kebocoran saluran AC Mobil.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan mengambil filter AC Mobil

Pembersihan filter AC merupakan salah satu perawatan yang dilakukan

>>> Mungkin tertarik, Mengenal Jenis Freon AC Mobil Yang Penting pada Sistem Pendinginan Kabin Mobil

“Tidak ada hubungannya dengan knalpot. Yang mematikan itu hanya dari AC. Selang AC bocor, baunya (gas karbon) k dalam, gas karbon terhirup, ini yang menyebabkan kematian. Kecuali memanaskan mobil di dalam garasi yang tertutup rapat, gas buang dari knalpot tidak bisa keluar ruangan dan terhirup,” papar Abu.

Dengan melihat hal tersebut, pemilik kendaraan diharapkan melakukan perawatan dan juga servis AC secara berkala. Tujuannya adalah menghindari terjadinya kebocoran AC Mobil. Anda bisa melakukannya paling tidak 6 bulan sekali agar kinerjanya tetap maksimal dan terhindar dari bahaya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ciri-ciri kebocoran saluran AC Mobil yang perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ingin beli Mobil bekas dengan harga bagus, kunjungi situs jual beli Cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Berniat Membeli Toyota Vios Eks Taksi, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu!

    Berniat Membeli Toyota Vios Eks Taksi, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu!

    Abdul

    Mobil bekas bisa menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki sebuah kendaraan dengan budget pas-pasan. Sobat bisa mengunjungi showroom mobil bekas untuk bisa memboyong salah satu kendaraan second ataupun membeli Toyota Vios eks taksi yang umumnya dijual oleh blue bird.

  • Solusi Untuk AC Toyota Calya Yang Tidak Sampai Baris Belakang

    Solusi Untuk AC Toyota Calya Yang Tidak Sampai Baris Belakang

    Abdul

    Toyota Calya merupakan mobil LCGC yang irit bahan bakar dan juga terkenal akan ramah lingkungan. Selain itu harganya yang terjangkau membuatnya banyak diminati. Fitur di dalamnya memang terbatas, seperti AC yang tidak terlalu terasa untuk penumpang baris kedua dan juga ketiga. Akan tetapi jangan risau, terdapat solusi untuk mengatasi AC Toyota Calya yang tidak sampai baris belakang.

  • Begini Cara Mengaktifkan Fitur Panic Mode Toyota Calya Untuk Mencegah Pencurian

    Begini Cara Mengaktifkan Fitur Panic Mode Toyota Calya Untuk Mencegah Pencurian

    Abdul

    Salah satu segmen mobil yang banyak digemari oleh masyarakat adalah LCGC. Yang mana segmen ini terkenal akan keiritan bahan bakar dan juga ramah lingkungan. Daya tampung yang dimiliki juga cukup banyak yaitu 7 penumpang. Toyota Calya misalnya yang telah disematkan beberapa fitur menarik di dalamnya. Seperti fitur panic mode Toyota Calya yang berguna untuk mencegah pencurian kendaraan.