Mengetahui Cara Kerja Kopling Mobil Pada Kendaraan Dengan Transmisi Manual

11/05/2021

Kopling pada mobil manual mempunyai peranan yang sangat penting. Jadi mobil transmisi manual menggunakan gigi transmisi dan perlu dilakukan perpindahan dari mulai N ke gigi 1,2 dan seterusnya. Dalam melakukan perpindahan gigi tersebut memerlukan kopling. Lantas bagaimana cara kerja kopling mobil?

Untuk cara kerja kopling mobil sendiri terdapat 2 hal yakni ketika ditekan dan tidak ditekan. Bahkan perpindahan gigi transmisi dipadukan dengan pengoperasian kopling yang tepat bisa menambah kenyamanan ketika mobil melaju dan berpindah gigi transmisi. Berikut informasi lebih jelasnya tentang kinerja dari kopling mobil.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di jalan tol

Mobil manual mengandalkan kopling dalam perpindahan gigi transmisi

Kopling Pada Saat Ditekan

Kopling mobil dihubungkan dengan pedal yang diinjak menggunakan kaki. Jadi kopling merupakan sebuah komponen yang mempunyai fungsi untuk menjadi penghubung antara putaran di 2 poros meliputi poros engkol dan poros roda gigi transmisi. Tidak hanya itu saja, fungsi kopling juga mempunyai tugas untuk memutus dan juga meneruskan putaran mesin dengan transmisi kendaraan. Jika dijelaskan secara mudah adalah tugas kopling menjadi pemutus dan penyambung tenaga yang berasal dari mesin menuju ke bagian transmisi kendaraan.

Pada saat pedal kopling ditekan maka putaran mesin yang terhubung ke bagian transmisi akan terputus. Dengan begitu putaran mesin tidak akan terhubung dengan transmisi. Pada posisi ini release fork melakukan penekanan pada bagian release bearing. Selain itu, pada saat pedal kopling ditekan maka dampaknya juga pada diafragma spring yang mempunyai tugas untuk mengungkit pressure plate. Dengan begitu putaran mesin tidak akan terhubung dengan plat kopling. Meskipun terputus akan tetapi mobil tetap melaju dan tidak berhenti.

>>> Baca Juga, Penting Untuk Keselamatan, Berapa Biaya Servis Kopling Mobil Toyota?

Gambar ini menunjukkan kaki menekan pedal kopling

Menekan pedal kopling dipadukan dengan menekan pedal gas serta pindah tuas perseneling

Dalam penjelasan yang mudah terkait cara kerja kopling mobil adalah pada saat pedal kopling ditekan maka aliran fluida akan timbul menuju ke bagian aktuator hidrolis kopling. Setelah itu tekanan akan diberikan pada release bearing yang membuatnya menekan bagian release lever. Kemudian pressure plate akan terungkit sehingga plat kopling jadi terbebas dari jepitan plat dan flywheel.

Kopling Mobil Ketika Tidak Ditekan

Pada saat sudah melihat informasi pada saat penekanan, untuk kondisi tidak ditekan maka terbilang hanya kebalikannya. Jadi pada saat kaki melepaskan pijakan pada pedal kopling maka tekanan fluida akan hilang yang menuju ke aktuator hidrolis. Dengan begitu release bearing akan berada pada posisi semula yakni tidak menekan bagian release lever. Dalam kondisi ini maka plat kopling akan terjepit kembali dan putaran pada flywheel dapat menuju ke bagian komponen tersebut dan juga pada poros transmisi.

>>> Tips Toyota, Mengetahui Masalah Kopling Mobil Selip Dan Cara Cek Kondisi

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi memindahkan tuas perseneling mobil

Kopling berhubungan dengan perpindahan tuas perseneling yang bisa membuat pengemudian lebih nyaman

Demikianlah informasi mengenai cara kerja kopling mobil baik pada saat ditekan ataupun tidak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu merawat kendaraan yang dimiliki supaya bisa bekerja dengan maksimal.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil Keluarga Toyota Paling Terjangkau

    Mobil Keluarga Toyota Paling Terjangkau

    Fatchur Sag

    Untuk keluarga besar mobil Toyota 7 seater adalah pilihan paling pas. Tidak perlu khawatir jika budget terbatas, inilah mobil keluarga Toyota paling terjangkau.

  • Proses Balik Nama Mobil Dan Biayanya di indonesia

    Proses Balik Nama Mobil Dan Biayanya di indonesia

    Fatchur Sag

    Selain menyiapkan dokumen lengkap proses balik nama mobil atau mutasi memerlukan biaya tidak sedikit, baik dilakukan sendiri maupun menggunakan jasa orang lain.

  • Cara Mengatasi Lampu Mobil Berembun

    Cara Mengatasi Lampu Mobil Berembun

    Fatchur Sag

    Lampu mobil berembun bisa menjadi masalah, dari merusak penampilan hingga memperburuk penerangan saat malam hari. Karenanya perlu untuk segera diatasi.

International