Mengetahui Cara Kerja Force Limiter Dan Pretensioner Pada Seat Belt Mobil Toyota

11/03/2021

Sabuk pengaman atau seat belt menjadi salah satu fitur wajib pada mobil yang berhubungan dengan keselamatan. Di dalam sabuk pengaman sendiri ada bagian penting yang mendukung kinerjanya sehingga keselamatan pengendara lebih meningkat. Adapun bagian tersebut seperti force limiter dan pretensioner pada seat belt.

Force limiter dan pretensioner pada seat belt memiliki peranan penting dalam menjaga pengendara. Dengan adanya bagian tersebut maka cedera pengendara di area danan bisa berkurang ketika mobil mengalami benturan. Ketika seat belt melakukan kinerjanya maka gaya dorong akan ditahan. Bagian dada dan area tulang selangka yang merupakan tumpuannya dibuat supaya tidak terlalu sesak.

Gambar ini menunjukkan proses pemasangan seat belt mobil

Seat belt menjadi salah satu fitur keselamatan standar pada mobil

>>> Toyota Rush Terbaru Punya Tombol Fitur TRC Off, Ini Fungsi Dan Penggunaannya

Berikut penjelasan mengenai bagian dari sabuk pengaman mobil Toyota tersebut.

Pretensioner

Untuk pengertian pretensioner yaitu sebuah sistem yang akan melakukan kinerjanya dengan menarik seatbelt ketika mengalami benturan frontal, dengan begitu gaya dorong penumpang akan ditahannya secara efektif. Untuk kinerja dari sistem ini mengandalkan sensor mekanisme dari airbag.

Jadi pada saat mobil mengalami benturan maka sensor akan membacanya dan dalam waktu sepersekian detik seat belt akan tertarik oleh sistem tersebut dan pengemudi mobil akan dibuat tetap berada pada kursinya. Sistem ini layaknya kantung udara dan ketika telah melakukan kinerjanya sekali karena mobil mengalami tabrakan maka perlu dilakukan pengaturan ulang supaya bisa kembali didapatkan manfaatnya.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan ilustrasi sistem pretensioner pada seat belt mobil

Pretensioner bekerja menarik seat belt pada mobil

>>> Baca Juga, Mengenal Fitur ISC Pada Mobil Toyota Dan Fungsinya

Force Limiter

Berhubungan dengan force limiter dan pretensioner pada seat belt, untuk petensioner sudah disebutkan di atas. Nah pada force limiter mempunyai cara kerja yang bertolak belakang dengan pretensioner. Meskipun begitu kinerjanya saling berkaitan. Jadi setelah petensioner selesai bekerja maka akan dilanjutkan dengan force limiter. Yang mana sistem ini dapat memberikan bantuan dalam mengontrol beban yang didapatkan seat belt supaya dada pengemudi atau penumpang dampaknya bisa dikurangi ketika terjadi benturan.

Jadi dampak yang dihasilkan pretensioner dapat diminimalisir dengan menggunakan force limiter. Untuk istilah mudahnya adalah sabuk pengaman akan mengikat kencang kemudian dikendurkan lagi secara perlahan. Meskipun begitu pengemudi ataupun penumpang tidak akan merasakan dadanya seperti tertekan.

Pada saat mobil mengalami kecelakaan yang frontal maka sistem pretensioner akan membuat seat belt tertarik sekitar 15 cm sebelum airbag bekerja. Kemudian force limiter melakukan kinerjanya dengan seat belt dimajukan sampai 20 cm, setelah itulah baru airbag akan mengembang. Jadi force limiter akan mengulur seat belt beberapa cm dalam kinerjanya agar dada pengemudi ataupun penumpang tidak mendapatkan tekanan berlebih.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi sistem force limiter pada seat belt mobil

Force limiter bekerja mengendorkan seat belt

Sistem force limiter dan pretensioner pada seat belt saling berhubungan dan berkombinasi. Dengan begitu pengguna mobil Toyota bisa lebih tenang karena adanya hal tersebut. Meskipun begitu, kita berharap sistem-sistem tersebut seperti airbag, force limiter dan pretensioner tidak digunakan. Kita berusaha untuk berhati-hati dan semoga tidak mengalami kecelakaan serta bisa selamat sampai tujuan tanpa ada masalah.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Abdul

    Pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis sebuah mobil edisi terbatas pada 9 April 2021. Dimana kehadirannya untuk merayakan Toyota Indonesia yang sudah setengah abad. Melihat usianya tersebut, mobil Toyota Kijang Innova Limited Edition hanya dihadirkan sebanyak 50 unit saja.

  • Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Abdul

    Toyota Agya masuk dalam segmen Hatchback LCGC. Dimana mobil ini terbilang cukup banyak peminat dan siap digunakan untuk menemani aktivitas keseharian bersama keluarga tercinta. Memang kapasitasnya hanya untuk 5 orang penumpang saja, sehingga ditujukan untuk keluarga dengan anggota 5 orang ke bawah. Disamping hal tersebut, perawatan juga diperlukan seperti mengganti oli mesin Toyota Agya.

  • Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Abdul

    Tukar tambah dikenal juga dengan nama trade-in. Dimana hal ini menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan mobil baru dengan melepas mobil lama yang dimiliki. Di Auto2000 juga terdapat layanan tersebut, sehingga bagi konsumen mobil Toyota bisa mempunyai mobil lama dengan menukar mobil lama yang dimiliki. Apalagi terdapat keuntungan tukar tambah melalui Auto2000 Digiroom.

International