Mengetahui 5 Fungsi AC Mobil Buat Berkendara Lebih Nyaman

08/02/2020

AC mobil diketahui untuk menambah kenyamanan selama perjalanan. Hal tersebut sudah biasa, bahkan mobil zaman sekarang AC menjadi fitur standar pada kendaraan. Tapi tahukah Sobat mengenai fungsi AC mobil, ternyata ada beberapa yang perlu diketahui selain mendinginkan kabin mobil.

Berikut ini merupakan 5 fungsi AC mobil yang perlu diketahui oleh para pengendara dilansir dari laman resmi Toyota :

1. Membuat Kabin Jadi Dingin

Gambar ini menunjukkan tangan berada pada kisi-kisi AC mobil

Kenyamanan bisa lebih didapatkan saat ada AC mobil di dalamnya

Seperti yang telah disebutkan di atas dan diketahui banyak orang bahwa mendinginkan kabin merupakan fungsi dari AC mobil. Dengan begitu kenyamanan selama perjalanan bisa lebih terjaga. Bahkan untuk mobil modern lebih menarik lagi, karena suhu di dalam kabin mobil dapat disesuaikan seperti yang diinginkan atau disebut juga dengan climate control.

Tidak hanya itu saja, pada beberapa kendaraan telah menggunakan sistem zona. Dengan sistem tersebut penumpang bisa menyesuaikan tingkat suhu yang dikeluarkan AC. Bahkan AC juga dipakai untuk memanaskan kabin mobil, hanya saja hal tersebut biasanya digunakan oleh negara yang mempunyai 4 musim, contohnya adalah Eropa dan Amerika.

2. Mengendalikan Sirkulasi Udara

Seperti yang diketahui saat kita bernafas di dalam kabin mobil maka udara yang dihirup sama dengan yang dikeluarkan dari kisi-kisi AC mobil. Dengan begitu sistem AC juga mempunyai fungsi untuk melakukan sirkulasi agar oksigen tetap didapatkan oleh pengendara dan penumpang di dalam kabin mobil. Adapun caranya melakukan sirkulasi adalah udara di dalam kabin dihisap oleh kipas kemudian dilanjutkan menuju pipa evaporator.

Pipa tersebut sudah dalam kondisi dingin sehingga saat udara melewatinya akan jadi dingin. Dalam hal ini udara dihembuskan kembali ke dalam kabin mobil dengan melalui kisi-kisi AC. Untuk sistem sirkulasi tersebut dinamakan sistem tertutup.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

3. Mengontrol Kelembaban

Gambar ini menunjukkan ilustrasi hembusan AC mobil

AC mobil juga penting saat musim penghujan

>>>  Baca Juga, 4 Tips Merawat AC Mobil, Mudah Dan Dijamin Lebih Awet

Fungsi AC mobil selanjutnya adalah mengatur kelembaban. Jadi udara yang dikeluarkan dari AC tidak hanya udara dingin, namun udara hasil ekspansi embun juga ikut keluar. Saat temperatur udara di luar mobil panas maka melakukan pendinginan di dalam kabin mobil masih belum tentu bisa untuk membuat penumpang jadi sejuk. Namun apabila kelembaban di dalam kabin berada pada tingkat yang rendah maka bisa membuat tubuh jadi terasa nyaman. Oleh sebab itulah kelembaban yang diatur oleh AC mobil berperan penting dalam membuat ruangan jadi sejuk.

4. Memurnikan Udara

Filter yang dimiliki oleh AC mobil mempunyai bentuk liquid yang berfungsi untuk menyaring Freon. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk memisahkan kotoran dan juga debu. Sehingga udara yang dihembuskan ke dalam kabin mobil dalam kondisi bersih dan terhindar dari debu ataupun kotoran.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

5. Menghindari Kaca Berembun

Gambar ini menunjukkan embun pada kaca mobil

Embun pada kaca mobil mengurangi visibilitas pengemudi

>>> Jangan Menyalakan AC Saat Pertama Kali Mesin Dihidupkan, Kenapa?

Pada saat kondisi hujan maka udara di luar mobil akan jadi lebih dingin dibandingkan dengan dalam kabin. Dengan perbedaan udara tersebut maka bisa membuat embun muncul pada kaca mobil bagian dalam. Jika sudah begitu maka pengelapan perlu dilakukan agar embun bisa hilang, namun hal tersebut akan merepotkan bukan.

Dengan mengatur suhu AC mobil maka munculnya embun pada kaca mobil akan dapat dihindarkan. Oleh sebab itu saat turun hujan kinerja AC mobil juga diperlukan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai fungsi AC mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Abdul

    Pada saat odometer tinggi memungkinkan mobil berpotensi kerusakan dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itulah pemilik perlu lebih waspada, yang terpenting adalah melakukan perawatan secara berkala dengan tertib.

  • Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Abdul

    Mobil SUV menjadi salah satu segmen yang cukup digemari di Indonesia, begitupun untuk besutan Toyota. Kenapa bisa begitu? Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa alasan mobil SUV Toyota digemari di Indonesia.

  • Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Abdul

    Seiring berjalannya waktu permintaan mobil premium semakin meningkat. Saat ini mobil premium tidak hanya didominasi oleh mobil tipe sedan. Untuk menunjang jumlah penumpang yang lebih banyak, tak sedikit pabrikan meluncurkan kabin mobil yang lebih lapang, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan untuk segmentasi mobil premium. Kali ini pembahasan mengenai Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard.

International