Mengenal Toyota Jeep BJ, Generasi Pertama Land Cruiser Toyota

26/05/2018

Sebagai salah satu mobil dengan sejarah terlama di Toyota, dengan asal usul Toyota Jeep BJ yan diciptakan pada 1951, nama ‘Land Cruiser’ sejak itu telah digunakan dari rilis 20-seri pada tahun 1955.

Toyota Jeep BJ selesai dibuat pada tahun 1951 dan pertama kali diperkenalkan pada tahun yang sama pada pameran umum kendaraan Toyota. Ada 26 kendaraan Toyota yang ditampilkan di acara itu dengan pengunjung mencapai 200.000 orang selama tiga hari kehadirannya.

Sasis Toyota Jeep BJ didasarkan dari truk seberat 1 ton SB-type dengan mesin 995cc tipe S yang awalnya dirilis pada tahun 1947. Karena itu, wheelbase dibuat sepanjang 2.400 mm, sekitar 200mm lebih panjang daripada Jeep dengan ukuran tubuh yang lebih besar. Dirancang sebagai kendaraan transportasi kecil dan mobil penumpang, pengaturan suspensinya dibuat lunak. Karakteristik inilah yang dibawa oleh Toyota BJ-type.

Dibekali dengan mesin bensin B-type 3 silinder berpendingin air 3.386cc jenis OHV (Over Head Valve), mesin ini diawalnya dirancang pada tahun 1937. Dengan prototype pertama selesai setahun berikutnya, mesin ini dipasang untuk truk jenis GB, KB, tipe BM, dan diutamakan sebagai mesin untuk truk kelas 4 ton.

Gambar yang menunjukan generasi pertama Toyota Land Cruiser Jeep BJ

Tampilan generasi pertama Toyota Land Cruiser Jeep BJ

Ketika pertama kali dikembangkan, output maksimum yang dihasilkan sebesar 75Hp/3.200 rpm dan torsi maksimum 21kg.m/1.600 rpm. Kemudian ditingkatkan dengan penambahan rasio kopresi dan penyempurnaan lainnya, sehingga model pertama Toyota Jeep BJ memiliki output maksimum 82HP/2.300 rpm dan torsi maksimum 21.6kg.m/3.200 rpm.

>>> Tips sebelum mengubah cover Toyota

Meskipun pada saat itu mencocokan mesin truk 4 ton dengan sasis truk kompak sangat tidak biasa, hasilnya terlihat sukses di pasaran. Mobil berukuran besar yang berguna untuk mengangkut bahan-bahan yang digerakan oleh mesin dengan daya cadangan, model ini memenuhi banyak kebutuhan pasar untuk kendaraan 4x4 kompak pada tingkat yang lebih tinggi.

Kegunaan Jeep JB akhirnya mendapatkan pesanan dari Badan Kepolisian Nasional pada tahun 1953. Pabrik yang bertanggung jawab atas produksi adalah Arakawa Bankin Kyogo KK yang sekarang disebut dengan ARACO Production. Pesanan skala besar membuat pabrik bekerja sepanjang waktu untuk memenuhi permintaan.

Gambar yang menunjukan bagian belakang dan samping dari generasi pertama Toyota Jeep BJ

Toyota Jeep BJ selesai dibuat tahun 1951

Bagian sasis yang dikirim Toyota Motor Corporation dirakit di Tagoda Automatic Loom Works, LTD., lalu diangkut ke Arakawa Bankin Kogyo KK untuk pengecatan. Setelah itu dikirim kembali ke Toyoda Automotive Loom Workds LTD., untuk diperiksa oleh tim yang terdiri dari sekitar 20 orang dari National Police Agency untuk penyelesaian dan melakukan penyesuaian.

>>> Berita Toyota lainnya bisa didapatkan disini

Toyota BJ-type adalah truk multi fungsi berbasis truk kompak SB dengan beragam perubahan. Tubuh pendek asli yang berkerudung kargo serta jenis pembawa penumpang diubah menjadi tipe top metal. Selain itu, Toyota juga merilis tipe tertutup. Ada banyak variasi tempat ban cadangan, tidak hanya di belakang, bahkan di spatbor depan dan bawah truk.

Ada beberapa perbedaan Toyota BJ dari Jeep Willys yang juga dikembangkan atas tawaran Pasukan Cadangan Polisi Nasional. Salah satu perbedaannya adalah Jeep Willys memiliki mesin compact in-line berkapasitas 2.2 Liter dibanding mesin 3.4 Liter berukuran besar in-line 6 silinder milik Jeep BJ.

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Gambar yang menunjukan ilustrasi generasi pertama Toyota Jeep BJ berwarna biru

Keunggulan Jeep BJ membuatnya cepat terkenal di pasar luar negeri

Pasukan Cadangan Polisi Nasional memilih Willys Keep untuk program pengadaan mereka. Tapi dalam banyak hal, Toyota BJ adalah kendaraan yang lebih unggul. Perpindahan piston yang lebih besar, wheelbase yang lebih panjang dan tubuh yang lebih besar, serta pengaturan suspensi yang lebih lembut bisa mengurangi kelelahan mengemudi.

Pada saat produksi berskala besar dimulai pada 1953, Toyota BJ telah membuka jalan ke pasar luar negeri. Pengaturan dan keunggulan inilah yang berkontribusi besar terhadap kesuksesan Toyota Jeep BJ di kemudian hari dalam menembus pasar luar negeri. 

>>> Dapatkan mobil bekas Toyota yang bisa didapatkan disini

Padli Nurdin
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca