Mengenal Rem Cakram Pada Mobil Toyota Dan Perawatannya

27/01/2020

Sistem pengereman pada mobil terdapat 2 jenis yakni cakram dan tromol. Untuk rem cakram merupakan beberapa bagian dari unit kampas dan piringan cakram yang terbuat dari baja. Cara kerjanya piringan akan dijepit sehingga putaran roda akan berhenti perlahan. Rem cakram pada mobil masih terbagi jadi 2 sistem yakni hidrolik dan mengandalkan minyak rem.

Terdapat keunggulan pada rem cakram pada mobil yakni lebih mudah dalam melepaskan panas karena komponennya terbuka. Hasilnya rem cakram terasa lebih handal dalam melakukan tugasnya bila dibandingkan dengan rem tromol.

Gambar ini menunjukkan roda mobil dengan rem cakram

Jenis rem mobil ada tromol dan cakram

>>> Mobil Toyota Dibekali Lampu Rem Ketiga, Apa Fungsinya?

Meskipun begitu, penggunaan  rem cakram bukan tidak bisa mengalami masalah. Karena kadang ada beberapa kasus seperti macet atau blong. Berikut ini merupakan beberapa kasusnya :

1. Rem Cakram Macet

Bila terjadi masalah ini maka bisa disebabkan oleh posisi dari kampas/pada yang tidak rata dalam menjepit piringannya atau posisinya miring.  Sementara bila sistem pengereman tidak dapat berfungsi maka bisa jadi ada kebocoran pada selang yang berfungsi untuk mengantarkan minyak rem ke kaliper dari master rem. Dalam hal ini mengatasinya cukup dengan mengganti selang dan juga seal yang terdapat pada kaliper dan juga master rem.

2. Rem Cakram Tidak Pakem

Masalah rem cakram pada mobil selanjutnya adalah rem tidak pakem. Hal ini bisa disebabkan oleh sistem pengereman yang kemasukan angin. Untuk mengatasinya bisa melakukan pengecekan pada minyak rem, pastikan bahwa volumenya berada di atas batas minimal dan jika kurang bisa ditambah. Setelah itu bisa mengocok tuas rem dan menahannya, selanjutnya membuka penutup yang terdapat pada kaliper. Apabila anginnya sudah keluar bisa mengencangkan penutup kembali. Lakukan beberapa kali jika belum kembali normal.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan cakram dan kaliper pada rem mobil

Rem tidak bekerja dengan baik berpotensi menimbulkan bahaya

>>> Baca Juga, Waspada! Ini Tanda-Tanda Rem Mobil Toyota Butuh Perbaikan Yang Perlu Diketahui

3. Minyak Rem Berkurang

Untuk masalah ini penyebabnya biasanya kampas rem yang sudah aus atau menipis. Hasilnya piston yang terdapat pada kaliper terdorong dan kaliper pada rem juga terdorong ke kaliper rem mobil.

Untuk kasus ini tidak boleh langsung diisi minyak rem, karena saat kampas diganti dengan yang baru maka piston akan terdorong kembali menuju ke bagian kaliper dan minyak rem juga akan naik kembali. Saat melakukan hal ini dan minyak rem penuh maka akan meluap, bahkan hal ini juga bisa menjadi penyebab rem macet.

Selain beberapa masalah diatas, merawat rem cakram pada mobil secara berkala juga diperlukan supaya kinerjanya tetap optimal. Jadi dengan posisi terbuka maka rem jenis ini akan mudah terkena debu dan juga kotoran. Untuk merawatnya cukup mudah, hanya dengan menyemprotkan disc cleaner atau pembersih cakram saja.

Apabila permukaan cakram tidak rata karena kuatnya gesekan yang terjadi maka bisa merawatnya dengan melakukan pengamplasan atau membubut piringannya supaya rata. Karena jika dibiarkan bisa muncul suara berdecit dari sistem pengereman. Namun bila ternyata cakram sudah tipis bisa dilakukan penggantian dengan yang baru, jika masih digunakan dapat beresiko retak ataupun pecah.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan proses penyemprotan rem cakram mobil

Perawatan diperlukan agar kinerjanya tetap optimal

Minyak rem sendiri mempunyai batas waktu dalam pemakaiannya. Semakin lama maka fungsinya akan mengalami penurunan. Jadi penggantian minyak rem perlu dilakukan secara berkala. Selain itu, jangan lupa memperhatikan volume minyak rem, bila sudah berkurang bisa menambahnya. Dengan begitu rem cakram pada mobil dapat bekerja dengan baik.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Abdul

    Pada saat odometer tinggi memungkinkan mobil berpotensi kerusakan dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itulah pemilik perlu lebih waspada, yang terpenting adalah melakukan perawatan secara berkala dengan tertib.

  • Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Abdul

    Mobil SUV menjadi salah satu segmen yang cukup digemari di Indonesia, begitupun untuk besutan Toyota. Kenapa bisa begitu? Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa alasan mobil SUV Toyota digemari di Indonesia.

  • Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Abdul

    Seiring berjalannya waktu permintaan mobil premium semakin meningkat. Saat ini mobil premium tidak hanya didominasi oleh mobil tipe sedan. Untuk menunjang jumlah penumpang yang lebih banyak, tak sedikit pabrikan meluncurkan kabin mobil yang lebih lapang, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan untuk segmentasi mobil premium. Kali ini pembahasan mengenai Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard.

International