Mengenal Perbedaan Tune Up Dan Servis Berkala & Biaya Tune Up Toyota Avanza

04/05/2020

Mobil membutuhkan perawatan supaya dapat membuat kondisinya tetap prima dan mempunyai umur lebih panjang. Salah satu mobil besutan Toyota yang dikenal dengan kendaraan sejuta umat adalah Toyota Avanza. Kendaraan Toyota ini perlu dilakukan tune up dan servis berkala.

Perlu diketahui bahwa tune up dan servis berkala merupakan 2 hal yang tidak sama. Tidak semua pemilik kendaraan yang mengetahui mengenai perbedaan kedua istilah tersebut. Akan tetapi kedua perawatan pada mobil tersebut mempunyau pengaruh pada kendaraan dan dapat membuat mobil tetap dalam keadaan prima. Lantas apa perbedaan antara servis berkala dan tune up?

Gambar ini menunjukkan tangan mekanik sedang memegang obeng ditempelkan pada mesin

Tune up biasanya akan ada komponen yang dilakukan penggantian

>>> Ini dia alasan bantingan suspensi Toyota New Avanza dan New Veloz kian nyaman

Perbedaan Tune Up Dan Servis Berkala

Memang jika dilihat terlihat sama yakni mengganti komponen yang sudah lama dan aus diganti dengan yang baru. Namun keduanya memiliki perbedaan antara lain, apabila servis biasa maka kendaraan akan dilakukan pengecekan kondisinya. Sementara jika melakukan tune up bertujuan untuk membuat kondisi komponen-komponen pada kendaraan dalam kondisi yang prima atau baru.

Perbedaan lainnya juga terdapat pada waktunya. Untuk servis berkala biasanya dilakukan oleh pemilik mobil ketika kendaraan telah mencapai jarak 5.000 km sampai 10.000 km atau bisa juga dalam perhitungan bulan. Adapun beberapa bagian yang dilakukan servis seperti membersihkan filter udara, melakukan pengecekan oli dan juga pengecekan sistem pengereman.

Selanjutnya dalam perbedaan tune up dan servis berkala, untuk tune u bisa lebih kompleks dan pengecekannya hampir sebagian komponen pada kendaraan. Pada umumnya untuk tune up dilakukan ketika kendaraan sudah mencapai jarak antara 20.000 km sampai 40.000 km atau bisa juga dalam 1 tahun setelah mobil dipakai pertama kali.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan 2 mekanik sedang memperbaiki mesin mobil

Servis berkala menjaga mobil tetap prima

>>> Ternyata ini dia fungsi tersembunyi dari coakan pelek di Toyota Avanza 1.5 G dan Toyota Veloz

Jadi karena jangka waktu yang lebih lama, maka tidak jarang saat melakukan tune up akan ada penggantian komponen. Adapun pengerjaan tune up pada mobil biasanya meliputi :

  • Membersihkan filter AC
  • Membersihkan injektor
  • Membersihkan ruang bakar
  • Scanning sistem injeksi
  • Mengganti oli mesin dan filter oli
  • Membersihkan filer udara
  • Mengganti filer bahan bakar
  • Membersihkan busi
  • Membersihkan throttle body
  • Membersihkan dan menyetel kembali rem

Berapa Biaya tune up Toyota Avanza?

Selain pembahasan soal tune up dan servis berkala, sedikit kami akan memberikan informasi mengenai biaya tune up Toyota Avanza. Yang mana untuk melakukan tune up bisa dilakukan di bengkel kepercayaan atau bengkel biasa dan juga bengkel resmi. Untuk biayanya juga berviariasi tergantung apa yang dikerjakan.

Namun disarankan untuk melakukan servis dan tune up di tempat yang sama. Dengan begitu akan diketahui kondisi kendaraan secara mendetail, baik itu riwayat servis sebelumnya dan komponen yang hampir aus. Jika menggunakan bengkel yang sama maka penanganan bisa lebih cepat. Namun perlu diketahui, bahwa tidak semua bengkel umum bisa melakukan tune up.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan mekanik sedang memperbaiki mobil

Lakukan tune up di bengkel resmi

Untuk mobil Toyota Avanza dan melakukan tune up di Auto2000, biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 300 ribu sampai Rp. 1 jutaan. Biaya tersebut bisa saha lebih mahal atau murah tergantung masalah pada mobil dan penggantian sparepart yang dilakukan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan tune up dan servis berkala. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Abdul

    Saat ini mobil sudah banyak digunakan untuk menjalankan segala aktivitas keseharian. Selain itu, bagi yang tidak memiliki mobil ketika ingin bepergian cukup jauh maka akan menyewa mobil supaya lebih nyaman. Mobil Toyota sendiri menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, begitupun oleh para wanita.

  • Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Doris Elisa

    Toyota adalah merek mobil yang tidak asing lagi di pasar otomotif Indonesia. Khususnya dalam kisaran harga Rp 250 jutaan, pengguna dapat memilih satu dari 2 varian dari Toyota itulah Toyota Vios 5 kursi dan Toyota Avanza 7 kursi . Itulah keunggulan yang membuat mereknya bisa pesaing dengan kompetitornya.

  • Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Abdul

    Toyota Yaris diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2006. Model tersebut menjadi generasi pertama dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Kala itu di Tanah Air, kendaraan dalam segmen yang sama yakni Hatchback didominasi oleh Honda Jazz. Lantas apa kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris generasi pertama.

International