Mengenal Perbedaan Mesin Hybrid Dan Plug-in Hybrid Pada Mobil Toyota

13/01/2020

Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil ternama yang memasarkan produknya ke berbagai negara di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Bahkan Toyota juga menjadi pionir mobil ramah lingkungan yang terus melakukan inovasi dalam menciptakan mesin yang mempunyai efisiensi cukup tinggi. Seperti misalnya Toyota Prius yang menggunakan mesin Hybrid. Pembahasan kali ini adalah perbedaan mesin Hybrid dan Plug-in Hybrid?

Jadi semakin teknologi berkembang, dari pihak Toyota juga mengikutinya. Alhasil Toyota menciptakan teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Yang mana teknologi dari Toyota tersebut merupakan hasil pengembangan dari teknologi Hybrid yang terlebih dahulu diperkenalkan. Lantas apa perbedaan mesin Hybrid dan Plug-in Hybrid?

Gambar ini menunjukkan logo mobil Toyota aksen krom

Toyota mempunyai teknologi Hybrid dan Plug-in Hybrid

Berikut ini merupakan beberapa perbedaan dari kedua teknologi Toyota tersebut yang dilansir dari laman resmi Toyota:

>>> Beberapa Fitur Toyota C-HR Hybrid Bikin Pengemudi Lebih Aman & Nyaman

1. Teknik Mengisi Baterai

Kedua teknologi Toyota tersebut sama-sama mengandalkan baterai yang ditanamkan di dalam mobil yang menjadi salah satu sumber tenaga pada mobil. Akan tetapi untuk cara pengisian baterai mempunyai perbedaan antara Hybrid dan Plug-in Hybrid.

Untuk penjelasan secara sederhana adalah mesin Hybrid melakukan pengisian baterai pada saat mobil sedang melaju. Hal tersebut berhubungan dengan putaran roda yang disalurkan menuju ke baterai menjadi tenaga yang disimpan. Kemudian ketika sedang dalam lampu merah atau kondisi macet maka baterai akan melakukan kinerjanya menjadi sumber tenaga.

Apabila mobil melaju dalam kecepatan yang konstan dan stabil seperti pada kecepatan 80 km/jam, maka untuk sumber tenaganya berasal dari 2 sumber yakni mesin konvensional dan generator untuk yang membuat motor listrik bergerak. Jadi untuk pengisian baterai mesin Hybrid hanya berasal dari sistem yang kinerjanya melalui mesin mobil.

Berbeda dengan Plug-in Hybrid yang telah diberikan tempat colokan untuk melakukan pengisian baterai mobil. Dengan begitu pemilik dapat melakukan pengisian di rumah ataupun stasiun pengisian daya listrik yang tersedia.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota C-HR Hybrid warna biru tampak samping

Teknologi PHEV merupakan pengembangan dari Hybrid

>>> Inilah Kinerja Mesin Hybrid Dari Toyota C-HR Terbaru

2. Mobil Listrik

Perbedaan mesin Hybrid dan Plug-in Hybrid selanjutnya adalah menjadikan mobil menggunakan tenaga listrik secara penuh. Jadi tidak hanya pada pengisian baterai saja, karena memang into adalah perbedaan yang mendasar.

Namun untuk fitur tersebut hanya dapat diberikan pada sistem Plug-in Hybrid yang bisa mendapatkan daya listrik dari luar kendaraan. Dengan begitu terdapat fitur Electric Vehicle (EV) yang bisa membuat pengemudi mengoperasikan kendaraan listrik dengan penuh. Walaupun kalau dari segi jelajah tidak terlalu jauh saat menggunakan fitur EV.

Umumnya jarak yang bisa ditempuh menggunakan tenaga listrik dengan penuh sekitar 30 sampai 50 km saja. Akan tetapi terbilang efisien, mengingat saat mode EV aktif tidak menggunakan bahan bakar minyak.

3. Lebih Irit Plug-in Hybrid

Meskipun soal efisiensi keduanya lebih baik apabila dibandingkan dengan mesin konvensional, tapi lebih irit sistem PHEV jika dibandingkan dengan sistem Hybrid saja. Hal tersebut disebabkan untuk penggunaan fitur mode EV yang menjadikan bahan bakar tidak terbuang secara sia-sia. Ditambah lagi untuk kapasitas penyimpanan daya listrik pada baterai juga lebih besar, mengingat pengisian dapat dilakukan dari luar kendaraan yang ditempatkan pada bodi mobil.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan Toyota Prius PHEV tampak depan

Teknologi PHEV lebih efisien dibanding Hybrid

Demikianlah informasi mengenai perbedaan mesin Hybrid dan Plug-in Hybrid. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di Hargatoyota.com.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Alasan Mobil Bekas Toyota Memiliki Harga Jual Tinggi, Pemilik Juga Berperan

    Alasan Mobil Bekas Toyota Memiliki Harga Jual Tinggi, Pemilik Juga Berperan

    Abdul

    Ketika membeli sebuah mobil kadang terpikir untuk menjualnya lagi. Dengan begitu maka seseorang akan memilih mobil dengan lebih teliti lagi. Salah satu brand mobil yang dapat dipilih adalah Toyota. Mobil bekas Toyota mempunyai harga jual yang terbilang sangat baik.

  • Mobil Terjadi Masalah Di Jalan Tol, Lakukan Hal Ini

    Mobil Terjadi Masalah Di Jalan Tol, Lakukan Hal Ini

    Abdul

    Jalan tol menjadi pilihan favorit masyarakat yang ingin bepergian dengan jarak cukup jauh. Selain bisa lebih cepat, kondisi jalan juga baik dan nyaman saat dilewati. Namun masalah di jalan tol kadang bisa terjadi tanpa diketahui kapan dan lokasi tepatnya, yang pasti kita harus lebih waspada.

  • Mengatur Rencana Keuangan, Tips Memasukkan Asuransi Mobil Di Dalamnya

    Mengatur Rencana Keuangan, Tips Memasukkan Asuransi Mobil Di Dalamnya

    Abdul

    Kebutuhan sehari-hari kadang menuntut kita untuk mengeluarkan setiap harinya. Hal tersebut terbilang wajar karena memang kebutuhan haruslah didahulukan. Namun yang perlu jadi pertimbangan adalah pengeluaran lain selain kebutuhan ekonomi keluarga. Jadi sebuah keluarga perlu mempunyai rencana keuangan supaya dapat teratur dan cukup untuk semua kebutuhan.