Mengenal Lower Arm Mobil Toyota, Ini Fungsi Dan Tanda Dalam Kondisi Rusak

08/02/2021

Terdapat beberapa fungsi Lower Arm mobil Toyota, salah satunya adalah menjaga suspensi pada kendaraan supaya tetap stabil saat dikemudikan. Apabila tidak terdapat lower arm maka mobil Toyota tidak bisa dikendarai dengan nyaman, terasa ada yang kurang. Jadi walaupun telah diberikan shock absorber kenyamanan tetap terasa kurang.

Banyak komponen pada kendaraan, salah satunya adalah lower arm. Adapun nama lainnya adalah lengan ayun bawah, control arm atau apar-apar bawah. Soal posisi Lower Arm mobil Toyota terdapat beragam karena disesuaikan dengan tipe dan jenis kendaraannya, bahkan untuk modelnya juga bervariasi. Untuk contohnya adalah pada suspensi double wishbone yang menggunakan model lower arm membentuk layaknya huruf A. Sementara suspensi macpherson, lower arm yang digunakan membentuk model layaknya huruf L.

Gambar ini menunjukkan lower arm mobil model L

Terdapat beberapa fungsi Lower Arm mobil

>>> Ketahui Rahasia Kenyamanan Kaki-Kaki Toyota New Avanza & New Veloz 2019

Fungsi Lower Arm Mobil Toyota

Kalau dari segi fungsi tetap sama mau model A atau L. Yang pasti komponen ini menjadi salah satu bagian dari suspensi mobil yang bisa memberikan kenyamanan ketika dikemudikan. Berikut beberapa fungsi komponen Lower Arm pada suspensi mobil Toyota.

1. Sebagai Pengontrol Gerakan Roda Mobil

Adapun fungsi pertama komponen ini adalah untuk mengontrol gerakan roda mobil. Jadi pada saat pengemudi mengendalikan kendaraannya di jalan maka roda akan mengikutinya seperti maju, mundur, atas dan bawah yang disesuaikan dengan kondisi jalan dan juga pengendalian kemudi mobil. Dengan mengandalkan komponen inilah membuat gerakan jadi tidak berlebihan.

tidak hanya itu saja, komponen Lower Arm juga dihubungkan pada bagian shock absorber sehingga saat terjadi guncangan akan langsung diredamnya. Sehingga akan tetap bertahan untuk sudut kemiringan rodanya dan kenyamanan tetap dirasakan oleh pengemudi mobil.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi kinerja kaki-kaki mobil

Lower Arm terhubung dengan roda mobil dan menambah kenyamanan berkendara

>>> Baca Juga, Ingin Buat Suspensi Toyota Rush Menjadi Lebih Empuk, Begini Caranya!

2. Sebagai Penopang Knuckle

Adapun fungsi Lower Arm mobil selanjutnya adalah sebagai penopang knuckle. Bahkan hal ini merupakan fungsi paling utamanya, dimana knuckle posisinya berada pada roda mobil yang berdampingan dengan hub dan rem. Berkat adanya Lower Arm dengan melalui ball joint dalam menopang roda, knuckle dan juga rem membuat gerakannya tidak terikat dan bisa bebas.

3. Untuk Membuat Roda Beriringan Dalam Berbelok

Fungsi terakhirnya adalah saat kemudi dibelokkan maka roda bisa berbelok secara beriringan dan seirama. Jadi supaya bisa melakukan hal tersebut maka Lower Arm di ujung paling luar serta knuckle dipegangnya terhubung pada bagian ball joint.

Ciri-Ciri Lower Arm Mobil Toyota Rusak

Selain membahas fungsi Lower Arm mobil terdapat beberapa ciri-ciri komponen ini mengalami kerusakan. Adapun ciri yang utama yakni roda mobil tidak dapat terkontrol dengan baik. Kemudi mobil saat digunakan untuk membelokkan roda akan terasa berat. Bahkan saat setir diputar ke bagian kanan pengemudi akan merasa tertarik ke kiri secara tiba-tiba atau sebaliknya.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan lower arm mobil model huruf A

Saat Lower Arm rusak ada tanda dan ciri yang bisa diketahui dan waspadai

Selain itu, terdapat juga tanda awal yang bisa dirasakan saat Lower Arm mobil Toyota rusak. Tandanya adalah saat pedal rem diinjak akan terasa ada hentakan dan saat melewati jalanan yang tidak rata muncul bunyi yang kasar. Alhasil kendaraan seperti ada yang menarik saat menginjak pedal gas setelah melakukan pemberhentian dalam beberapa saat. Hal tersebut dapat membuat kenyamanan jadi berkurang.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Beli Vios Karena Diskon PPn BM Besar, Lihat Dulu Keunggulan Toyota Vios

    Beli Vios Karena Diskon PPn BM Besar, Lihat Dulu Keunggulan Toyota Vios

    Abdul

    Toyota memiliki beragam produk yang ditawarkan, salah satunya adalah Vios. Mobil ini masuk dalam segmen sedan yang mempunyai keunggulan dan ketangguhan. Menariknya lagi, Toyota Vios mendapatkan diskon PPn BM paling besar untuk produk Toyota. Nah bagi Sobat yang berniat membelinya karena melihat hal tersebut, berikut kami berikan keunggulan Toyota Vios.

  • Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Abdul

    Segmen mobil sedan cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dari segi tampilan memang sangat menarik dan juga sporty. Salah satu dalam segmen ini adalah mobil Toyota Corolla Altis. Mobil ini memiliki 2 pilihan mesin yakni mesin bensin dan hybrid. Nah kali ini kami akan membahas konsumsi BBM kedua varian mesin tersebut?

  • Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Abdul

    Penggunaan teknologi yang canggih membuat pengendara dapat merasakan kenyamanan selama perjalanan. Selain itu pengoperasian juga dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adanya fitur spion elektrik pada mobil Toyota atau disebut juga dengan elektrik mirror. Kali ini kami akan membahas mengenai komponen di dalamnya.

International