Mengenal Lebih Banyak Fungsi Dari Kaca Spion Mobil Toyota

15/06/2020

Toyota menjadi salah satu produsen mobil yang cukup ternama di Indonesia. Beragam fitur diberikan pada mobilnya untuk mendukung kenyamanan berkendara. Setiap bagian pada mobil mempunyai fungsi masing-masing. Untuk segmen kali ini kami akan membahas mengenai fungsi kaca spion mobil.

Fungsi kaca spion mobil mempunyai hubungan dengan keselamatan, sehingga komponen satu ini menjadi salah satu bagian yang cukup penting. Meskipun begitu, kadangkala bagian ini disepelekan oleh pengendara. Dari segi bentuk memang terbilang kecil, namun tidak boleh diremehkan bahkan dalam pengaturannya.

Penemuan kaca spion bersamaan dengan penemuan kendaraan bermotor. Bahkan sampai saat ini spion menjadi salah satu bagian wajib pada kendaraan yang harus terpasang. Bahkan jika tidak bisa terkena sanksi tilang oleh pihak kepolisian.

Gambar ini menunjukkan kaca spion mobil pada mobil yang melaju

Kaca spion menjadi salah satu komponen penting kendaraan

>>> Baca Juga, Jangan Panik Melewati Gang Sempit, Manfaatkan Fitur Pelipat Spion Elektrik Di Toyota Avanza

Berikut ini merupakan beberapa fungsi kaca spion mobil yang perlu diketahui. Sehingga pengendara tidak menganggap remeh komponen mobil dengan bentuk kecil satu ini.

1. Saat Pindah Jalur Mencegah Terjadi Tabrakan

Dengan adanya spion maka saat akan berpindah jalur akan lebih aman. Pengemudi wajib melihat spion sebelum memutuskan untuk ganti jalur. Dengan begitu terjadinya kecelakaan dapat diminimalisir ketika melakukan perpindahan jalur atau menyalip kendaraan lain.

2. Saat Parkir Dapat membantu Pengendara Melakukan Manuver

Jadi tidak sedikit pengendara yang mengalami tabrakan ataupun senggolan kecil dengan kendaraan lain ketika parkir. Hal tersebut disebabkan tidak memanfaatkan spion mobil. Dengan penggunaan spion mobil harapannya pengemudi bisa memperhatikannya ketika parkir, terutama saat melakukan parkir mundur. Melihat spion juga bisa mengetahui perkiraan jarak dengan kendaraan lain dengan mobil belakangnya atau benda lain.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil tampak di kaca spion

Dengan kaca spion bisa melihat kendaraan di belakang

>>> Lihat Juga, Ini Dia Kegunaan Spion Tanduk Pada Toyota Rush Lama

3. Mengetahui Kondisi Lalu Lintas Belakang Kendaraan

Fungsi kaca spion mobil selanjutnya adalah dapat mengetahui kondisi lalu lintas di belakang. Jadi kondisi lalu lintas di belakang kadang perlu diketahui, karena bisa saja mobil yang sedang dikendarai ternyata menghalangi kendaraan di belakang. Begitupun saat ada pengendara yang mencurigakan dari arah belakang kita bisa melakukan persiapan dengan menambah keamanan diri.

4. Membantu Pengendara Saat Ingin Mengemudi Mundur

Suatu ketika pengemudi kadang dihadapkan dengan mengemudi mundur. Entah itu karena memasuki jalan buntu di gang sempit dan lainnya. Mengandalkan kaca spion hal tersebut dapat dilakukan dengan aman. Jadi manuver mundur bisa dilakukan dengan baik dan tidak mengalami masalah.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kaca spion mobil

Pengaturan posisi kaca spion juga perlu dilakukan

5. Menjadi Pedoman Untuk Mengetahui Posisi Kendaraan

Di suatu saat pengemudi kadang sulit untuk mengetahui kendaraan kita terlalu mepet atau tidak dengan kendaraan atau benda lain di belakang mobil kita. Dengan melihat spion maka dapat diketahui apakah kendaraan terlalu mepet atau tidak. Dengan mengandalkan spion maka hal tersebut bisa diketahui, jika terlalu mepet bisa menambah jaraknya.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan berhubungan dengan fungsi kaca spion mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca beragam artikel menarik lainnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mengetahui Cara Kerja Kopling Mobil Pada Kendaraan Dengan Transmisi Manual

    Mengetahui Cara Kerja Kopling Mobil Pada Kendaraan Dengan Transmisi Manual

    Abdul

    Kopling pada mobil manual mempunyai peranan yang sangat penting. Jadi mobil transmisi manual menggunakan gigi transmisi dan perlu dilakukan perpindahan dari mulai N ke gigi 1,2 dan seterusnya. Dalam melakukan perpindahan gigi tersebut memerlukan kopling. Lantas bagaimana cara kerja kopling mobil?

  • Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Abdul

    Mobil transmisi otomatis mempunyai banyak penggemar karena kemudahan yang ditawarkan. Dimana dalam perpindahan transmisi tidak perlu menggunakan pedal kopling dan juga hal lainnya. Bila dibandingkan dengan transmisi manual tentunya terdapat perbedaan dalam pengoperasian. Pada mobil transmisi otomatis terdapat tombol perseneling mobil matic yang tentunya mempunyai fungsi sendiri pada kendaraan.

  • Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Abdul

    Pada sejumlah kendaraan akan ditemui mesin turbo mini. Jadi untuk saat ini mesin turbo tidak hanya ditujukan untuk kendaraan dengan mobil yang memiliki kapasitas besar ataupun performa tinggi. Dengan menggunakan perangkat turbo dapat membuat efisiensi bahan bakar bisa meningkat dan performanya disetarakan.

International