Mengenal Kondensor AC Mobil Toyota, Ini Fungsi Dan Cara Merawatnya

25/01/2021

Mobil memiliki AC yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan di dalam kabin mobil. Jadi kabin lebih sejuk membuat perjalanan jadi lebih menyenangkan. Di dalam AC terdapat kondensor AC mobil yang memiliki fungsi penting pada komponen tersebut.

Beragam komponen memiliki fungsinya masing-masing. Lantas apa itu kondensor AC mobil? Komponen ini merupakan sebuah alat yang terdapat pada AC yang berguna untuk membuat freon (gas) yang bertekanan tinggi menjadi cairan atau disebut mengondensasikan. Nantinya cairan akan mengalir menuju ke bagian receiver dryer dan setelah itu ditujukan di bagian expansion valve.

Gambar ini menunjukkan kondensor AC mobil

Kondensor AC mobil terdapat pada sistem pendingin kabin mobil

>>> Jangan Menyalakan AC Saat Pertama Kali Mesin Dihidupkan, Kenapa?

Cara Kerja Kondensor AC Toyota

Sementera itu, untuk cara kerjanya adalah freon yang mempunyai tekanan tinggi yang panas akan mesuk menuju ke bagian jalur kondensor yang dibuat bersirip dan berliku-liku. Supaya panasnya terlepas akan diberikan bantuan oleh udara dan motor fan ketika mobil sedang melaju di jalanan. Semakin berkembangnya zaman model dari kondensor juga ikut berkembang.

Bahan Material Kondensor AC Toyota

Pada model lama kondensor mengandalkan bahan material tembaga dan untuk modelnya masih mengandalkan pipa. Semakin berjalannya waktu kemudian kondensor juga berkembang dan untuk bahan yang digunakan memakai alumunium dan untuk lubang jalurnya dibuat lebih besar dan juga sedikit. Pada mobil yang dikeluarkan pada tahun 2000 ke atas yang memiliki jalur freon yang begitu kecil dan bahannya sudah memakai full aluminium.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan tangan menunjuk kondensor AC mobil

Setiap komponen memiliki usia pakainya sendiri-sendiri

>>> Baca Juga, Mengetahui Penyebab AC Mobil Bau Agar Dapat Segera Ditangani

Usia Pemakaian Kondensor AC Toyota

Kondensor AC mobil memiliki usia yang sesuai dengan merek  dan juga bahan pembuatannya. Biasanya pada mobil mempunyai usia 3 tahun namun kadang usia pakainya bisa lebih cepat. Oleh sebab itulah perawatan perlu dilakukan, hal tersebut bisa dilakukan sendiri namun ada kalanya juga perlu dibawanya ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya.

Lantas bagaimana cara merawat kondensor AC Toyota?

Pada proses perawatannya perlu dilakukan pembersihan. Sobat saat melakukannya ketika melakukan pencucian, namun terdapat teknik yang perlu diperhatikan ketika melakukan penyemprotan. Tujuannya adalah supaya sirip dalam kondisi baik dan tidak bisa mengalami kerusakan.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan penyemprotan kondensor AC mobil

Pembersihan bisa dilakukan sendiri dan di bengkel karena teknik atau bahannya beda

Selain pembersihan kondensor AC mobil Toyota sendiri, sobat juga perlu melakukan pembersihan setiap 6-12 bulan ke bengkel. Untuk penyemprotan yang dilakukan sendiri pakai air bersih dan jika penyemprotan di bengkel menggunakan cairan yang khusus yang juga mengandalkan flushing machine di dalamnya supaya dapat hilang kotoran dan keraknya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Beli Vios Karena Diskon PPn BM Besar, Lihat Dulu Keunggulan Toyota Vios

    Beli Vios Karena Diskon PPn BM Besar, Lihat Dulu Keunggulan Toyota Vios

    Abdul

    Toyota memiliki beragam produk yang ditawarkan, salah satunya adalah Vios. Mobil ini masuk dalam segmen sedan yang mempunyai keunggulan dan ketangguhan. Menariknya lagi, Toyota Vios mendapatkan diskon PPn BM paling besar untuk produk Toyota. Nah bagi Sobat yang berniat membelinya karena melihat hal tersebut, berikut kami berikan keunggulan Toyota Vios.

  • Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Abdul

    Segmen mobil sedan cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dari segi tampilan memang sangat menarik dan juga sporty. Salah satu dalam segmen ini adalah mobil Toyota Corolla Altis. Mobil ini memiliki 2 pilihan mesin yakni mesin bensin dan hybrid. Nah kali ini kami akan membahas konsumsi BBM kedua varian mesin tersebut?

  • Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Abdul

    Penggunaan teknologi yang canggih membuat pengendara dapat merasakan kenyamanan selama perjalanan. Selain itu pengoperasian juga dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adanya fitur spion elektrik pada mobil Toyota atau disebut juga dengan elektrik mirror. Kali ini kami akan membahas mengenai komponen di dalamnya.

International