Mengenal Komponen Bahan Bakar Dan Kontrol Mesin Diesel Common Rail Toyota

06/01/2021

Terdapat beberapa komponen yang mendukung kinerja dari mesin diesel common rail Toyota. Tentunya komponen-komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengendara yang sedang mengendalikannya. Dengan fungsi saling berhubungan membuat kinerja mesin jadi optimal.

Mesin yang diberikan pada kendaraan ada yang menggunakan mesin konvensional dengan bahan bakar bensin dan mesin diesel dengan bahan bakar solar. Nah pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai mesin diesel common rail Toyota, yang mana mesin tersebut adalah sebuah inovasi terbaru yang diberikan pada mesin dengan bahan bakar solar. Disamping hal tersebut, skema pengontrol elektronik diterapkan oleh sistem tersebut supaya jumlah solar yang masuk ke ruang bakar untuk diinjeksikan dapat ditentukan.

Gambar ini menunjukkan mesin diesel common rail pada mobil Toyota

Mesin diesel mempunyai kelebihan tersendiri

Perlu diketahui bahwa soal kinerjanya mempunyai perbedaan antara diesel dan bensin. Salah satu keunggulan yang dimiliki mesin diesel adalah kinerja mesin dan juga bahan bakarnya yang terbilang efektif. Dengan mengandalkan teknologi yang diberikan tersebut membuat mesin diesel lebih ramah lingkungan, hemat BBM dan efisien. Di dalam common rail terdapat beberapa komponen yang memiliki fungsinya masing-masing.

Komponen Bahan Bakar Pada Mesin Diesel Common Rail Toyota

1. Komponen Tangki BBM

Pastinya semua orang sudah tahu bagian ini, yang mana fungsinya sebagai tempat untuk menampung bahan bakar solar. Kemudian bahan bakar akan diinjeksikan menuju ke bagian mesin pada saat terjadi proses pembakaran.

2. Komponen Electric Fuel Pump

Adapun fungsi dari komponen ini adalah untuk memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar menuju ke bagian mesin mobil. Hal tersebut tentunya butuh pompa yang mempunyai tekanan tinggi, jadi baik mesin konvensional ataupun mesin diesel membutuhkan pompa elektrik.

Hanya saja terdapat perbedaan diantara keduanya. Pada electric fuel pump posisinya ditempatkan di dalam tangki. Yang mana terdapat saringan kasar di dalamnya yang berguna sebagai penyaring kotoran. Ada juga fuel level yang mempunyai fungsi untuk mendeteksi volume solar yang berada di dalam tangki BBM.

Gambar ini menunjukkan filter solar pada mobil mesin diesel

Kotoran yang terbawa solar disaring oleh komponen ini

>>> Baca Juga, Beberapa Pilihan Mobil Toyota Mesin Buas Yang Dijual Di Indonesia

3. Komponen Filter Solar

Komponen pada mesin diesel common rail Toyota selanjutnya adalah filter solar. Posisinya berada di bagian fuel line yang mempunyai fungsi sebagai penyaring kotoran yang ikut terbawa aliran solar. Dengan begitu solar yang menuju ke sistem pembakaran jadi lebih besar.

4. Komponen Pompa Dengan Tekanan Tinggi

Fungsi dari komponen ini adalah sebagai pembangkit tekanan solar dari tangki bahan bakar sampai mencapai 160 MPa. Kalau urusan timing bukan urusan dari pompa ini karena sudah diatur komponen lain yaitu selenoid yang posisinya di bagian injector.

5. Komponen Fuel Rail

Posisinya berada setelah pompa yang mempunyai tekanan tinggi. Fungsinya adalah supaya bahan bakar tetap bertahan pada tekanan yang tinggi.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan injector pada mobil Toyota

Selenoid butuh daya listrik dalam kinerjanya

>>> Lihat Juga, Ingin Ruang Mesin Toyota Kijang Anda Bersih? Ikuti Tips Dari Pecinta Kijang Ini

6. Injector

Injector telah didesain khusus yang membuatnya memiliki selenoid yang mengandalkan daya listrik untuk kinerjanya. Adapun fungsi dari injector adalah membuat bahan bakar keluar dari sistem bahan bakar menuju ke bagian mesin mobil diesel.

Komponen Kontrol Pada Mesin Diesel Common Rail Toyota

1. Komponen Sensor

Adapun mesin common rail juga memiliki komponen yang berhubungan dengan kontrol. Yang pertama adalah sensor yang bertugas untuk mendeteksi kondisi dari mesin mobil yang dijadikan acuan dalam menghitung nilai aktuator. Sensor yang dimiliki dapat menentukan volume solar dan juga timing yang nantinya akan masuk ke sistem pembakaran dengan diinjeksikan.

2. Komponen ECM

ECM merupakan singkatan dari ENgine Control Module yang banyak dikenal dengan nama ECU. Tugasnya menjadi prosesor utama pada mesin mobil. Jadi beragam perhitungan dilakukan oleh komponen ini seperti jumlah BBM yang perlu diinjeksikan.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan Selenoid Actuator pada mobil Toyota

Fungsinya adalah untuk menggerakkan nozzle

3. Komponen Solenoid Actuator

Solenoid Actuator menjadi komponen pada mesin diesel common rail Toyota dalam pembahasan kali ini. Di dalamnya terdapat sistem kerja magnet sehingga nozzle dapat terbuka sampai solar mendapatkan celah untuk keluar. Jadi solenoid actuator mempunyai fungsi sebagai penggerak dari nozzle yang posisinya berada di dalam komponen injector.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ingin Liburan Dengan Toyota Calya, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

    Ingin Liburan Dengan Toyota Calya, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

    Abdul

    Liburan menjadi salah satu langkah yang diambil untuk membuat keluarga menyenangkan. Selain itu bisa juga digunakan untuk menjernihkan pikiran setelah bekerja terus menerus. Namun di masa pandemi ini terdapat hal lain yang perlu diperhatikan. Nah bagi Sobat yang mempunyai mobil besutan Toyota yakni Calya, kami berikan informasi mengenai tips liburan dengan Toyota Calya.

  • Ingin Menjaga Harga Jual Kembali Toyota Sienta Tetap Baik, Lakukan Hal Ini

    Ingin Menjaga Harga Jual Kembali Toyota Sienta Tetap Baik, Lakukan Hal Ini

    Abdul

    Di Indonesia mobil Toyota Sienta masuk dalam segmen MPV. Pertama diperkenalkan pada tahun 2016 dan kala itu langsung menarik perhatian masyarakat. Bahkan sampai saat ini, Sienta dalam kondisi bekas masih diburu untuk dijadikan kendaraan yang dapat menemani segala aktifitas. Nah kali ini kami akan membahas mengenai tips supaya harga jual kembali Toyota Sienta jadi lebih baik.

  • Beberapa Langkah Mencegah Mabuk Perjalanan Dan Gejalanya

    Beberapa Langkah Mencegah Mabuk Perjalanan Dan Gejalanya

    Abdul

    Menempuh perjalanan dengan mobil tidak seterusnya mulus tanpa ada hambatan. Masalah bisa saja muncul, tidak hanya pada kendaraan tapi penumpang juga bisa terjadi seperti mabuk perjalanan. Bahkan tidak hanya mobil, seseorang bisa mabuk ketika naik kendaraan lain seperti kereta api, pesawat atau kereta api. Yang perlu diperhatikan adalah cara mencegah mabuk perjalanan dan sebisa mungkin mengobatinya.

International