Mengenal Jenis Kunci Mobil Toyota

10/10/2018

Kunci mobil pada kendaraan merupakan salah satu bagian penting yang perlu dijaga dan jangan sampai hilang. Hal tersebut dikarenakan, bagian tersebut berfungsi untuk membuka atau menutup pintu dan juga menyalakan serta mematikan mesin. Terdapat beberapa jenis kunci mobil dengan bentuk yang berbeda.

Dengan fungsi yang penting, menjaga kunci mobil agar tidak hilang sangatlah diperlukan. Bayangkan saat berada di swalayan atau tempat lain di lokasi parkir dan kunci hilang. Maka hal tersebut akan sangat merepotkan dan harus memanggil ahli kunci untuk dapat mengoperasikan kendaraan.

Yang lebih parah adalah saat kunci mobil hilang dan surat kendaraan berada di dalam mobil atau ketinggalan, tentunya bisa dikira maling, padahal ingin masuk ke mobil sendiri.

Berikut ini merupakan jenis kunci mobil yang bisa dijadikan sebagai tambahan informasi buat sobat semua yang dilansir dari situs Toyota Connect.

1. Kunci Transponder

Gambar ini menunjukkan kunci Mobil dengan jenis transponder

Kunci transponder terdapat microchip pada tangkainya

Pada kunci jenis ini mempunyai microchip yang terletak di bagian tangkainya. Adapun tujuan adanya komponen tersebut adalah untuk meningkatkan keamanan ketika akan menyalakan kendaraan. Selain itu, fungsi lainnya adalah supaya terhindar dari pencuri yang ingin membobol mobil. Untuk jenis kunci ini masih terbagi menjadi 2 yakni laser dan mekanis.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

2. Kunci pintar (Smart key)

Gambar ini menunjukkan Smart key atau kunci pintar Toyota dengan anak kunci cadangan di sampingnya

Smart key merupakan kunci pintar dengan tingkat keamanan lebih tinggi

Untuk jenis kunci mobil yang ini menggunakan computer microchip dan juga sensor dalam melakukan kinerjanya. Jadi dengan memanfaatkan sensor sudah dapat mengoperasikan pintu mobil, mesin dan lainnya tanpa harus memasukkan kunci.

Jadi untuk menggunakan smart key hanya perlu mendekat pada mobil supaya remote terdeteksi oleh sensor. Setelah itu dapat ditekan tombol pada remote sehingga bagian yang dioperasikan dapat aktif. Sebagai contoh adalah mesin mobil, ketika tombol ditekan dan sensor terdeteksi maka secara otomatis mesin akan menyala.

Smart key merupakan salah satu fitur canggih pada mobil yang dapat memanjakan penggunanya.

>>> Lihat juga, Mengenal Manfaat Fitur Smart Key Pada Mobil Toyota Dan Penggunaannya

3. Vehicle Anti-Theft system (VATs)

Gambar ini menunjukkan kunci mobil jenis Vehicle Anti-Theft system (VATs)

Kunci Mobil jenis VATs menggunakan resistor tanpa microchip

Untuk jenis kunci VATs menggunakan mechanical-cut serta black resistor, yang mana di bagian bilahnya dapat disematkan 15 kemungkinan untuk penambahan keamanan. Banyak anggapan dari masyarakat yang menyatakan bahwa resistor yang digunakan untuk jenis kunci ini adalah sistem computer chip. Akan tetapi sebenarnya jenis kunci VATS tidak memakai teknologi komputer. Jadi anggapan tersebut salah.

>>> Baca juga, Mengetahui Jenis Dongkrak Mobil Dengan Kelebihan Yang Dimiliki

4. Valet Keys

Untuk jenis kunci mobil selanjutnya adalah valte keys. Yang mana jenis ini telah dilakukan modifikasi  sehingga mempunyai pegangan. Perlu diketahui, bahwa kunci jenis ini dapat digunakan untuk menyalakan atau mematikan mesin serta membuka dan mengunci pintu mobil. Akan tetapi jika digunakan untuk mengoperasikan dashboard seperti membukanya tidak bisa. Begitu juga untuk membuka bagasi mobil tidak dapat dilakukan. Memang untuk kunci jenis ini terbilang cukup populer seperti transponder dan juga smart key.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang kunci jenis valet keys

Valet keys tidak dapat digunakan untuk membuka atau mengunci pintu bagasi

Dengan mengetahui jenis kunci mobil dapat dijadikan sebagai tambahan informasi. Yang perlu diperhatikan adalah dalam membawanya atau penyimpanannya selama di jalan. Jadi ketika sedang pergi ke mall atau ke kantor untuk bekerja, sebaiknya menempatkan kunci mobil di tempat yang mudah diingat dan dirasa aman.

Tujuan melakukan hal tersebut adalah demi keamanan, jangan sampai kunci mobil hilang karena diambil orang. Karena kejahatan bisa timbul kapan saja bukan karena niat tapi adanya kesempatan. Oleh sebab itu berwaspada dan selalu berhati-hati sangatlah penting. Sobat bisa menempatkan kunci mobil di saku yang biasa untuk menyimpannya. Kalau bisa kasih resleting untuk lebih amannya.

Demikianlah informasi mengenai jenis kunci mobil yang bisa dijadikan tambahan informasi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Putaran Mesin Toyota Agya Tidak Stabil, Begini Solusinya!

    Putaran Mesin Toyota Agya Tidak Stabil, Begini Solusinya!

    Abdul

    Mempunyai sebuah mobil dengan performa yang baik serta nyaman tentu merupakan harapan pemilik. Akan tetapi kadang semuanya tidak seperti yang diinginkan, beberapa masalah kadang menghampiri. Salah satu masalah yang terjadi adalah putaran mesin Toyota Agya tidak stabil.

  • Bagian Kabin Toyota Agya Bising, Begini Solusinya!

    Bagian Kabin Toyota Agya Bising, Begini Solusinya!

    Abdul

    Mobil jenis LCGC terbilang cukup laku di pasaran. Hal tersebut dikarenakan harganya cukup murah dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Dengan harga yang bersahabat pastinya tidak akan menguras kantong dan banyak konsumen yang menginginkannya. Salah satu mobil dalam segmen ini adalah Agya. Tapi tahukah sobat bahwa ada yang mengklaim bahwa kabin Toyota Agya bising, benarkah itu?

  • Solusi Untuk AC Toyota Calya Yang Tidak Sampai Baris Belakang

    Solusi Untuk AC Toyota Calya Yang Tidak Sampai Baris Belakang

    Abdul

    Toyota Calya merupakan mobil LCGC yang irit bahan bakar dan juga terkenal akan ramah lingkungan. Selain itu harganya yang terjangkau membuatnya banyak diminati. Fitur di dalamnya memang terbatas, seperti AC yang tidak terlalu terasa untuk penumpang baris kedua dan juga ketiga. Akan tetapi jangan risau, terdapat solusi untuk mengatasi AC Toyota Calya yang tidak sampai baris belakang.